Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Rumput Pakchong

2 min read

cara menanam rumput pakchong

Baru mendengar rumput Pakchong? Bahasan cara menanam rumput Pakchong memang belum banyak. Nonatani mencoba mensarikan dari berbagai sumber. Meskipun tidak sempurna, setidaknya panduan ini bisa menjadi dasar.

Cara menanam rumput pakchong ini sebenarnya masih belum banyak masyarakat yang tahu, sehingga disini akan dibahas tuntas. Rumput pakchong merupakan salah satu jenis rumput hybrid yang ditanam pertama kali di daerah Pak Chong, Thailand sehingga diberi nama rumput Pakchong. Karena kandungan nutrisi pada rumput jenis ini cukup banyak maka banyak sekali peternak yang mencari jenis rumput ini untuk dijadikan pakan pada hewan ternaknya.cara budidaya rumput pakchong thailand

Cara Menanam Rumput Pakchong

Agar pertumbuhan rumput pakchong dapat berjalan maksimal maka cara menanam rumput pakchong agar tumbuh dengan cepat ini wajib dikuasai oleh pembudidayanya. Untuk itu hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya rumpput pakchong diantaranya pergerakan akar, paparan sinar matahari, kondisi lingkungan yang lembab dan didukung dengan sirkulasi udara yang baik.

1. Pemilihan Bibit Rumput Pakchong

Cara budidaya rumput napier pakchong dimulai dari memilih bibit rumput pakchong yang terbaik agar mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Namun ternyata tanaman rumput pakchong ini masih sulit ditemukan di wilayah Nusantara, padahal banyak sekali peternak yang membutuhkan jenis rumput ini sebagai pakan hewan ternaknya.

Namun jangan khawatir, jika kamu berniat melakukan budidaya rumput pakchong maka beli saja bibit rumputnya di Nonatani.

Nonatani jual berbagai paket Bibit Rumput Napier Pakchong yang siap tanam. Benih ini nantinya bisa dikembangkan sendiri untuk produksi dalam jumlah besar.

Silakan kontak di https://wa.me/6282135971215 untuk pertanyaan seputar Jual Rumput Pakchong.

Pemesanan benih rumput Pakchong nantinya bisa melalui Shopee, Bukalapak dan Tokopedia. Sehingga kamu bisa kalim gratis ongkir dari marketplace supaya lebih hemat.

Kandungan nutrisi pada rumput pakchong ini cukup besar yaitu mengandung protein sebesar 16,45% sehingga kandungan proteinnya lebih tinggi jika dibanding dengan rumput odot dan rumput kolonjono.

Untuk melihat data yang lebih lengkap, bisa baca Kandungan Nutrisi Rumput Pakchong dan Review.

Selain itu tingkat produktifitas rumput pakchong ini cukup tinggi sehingga membuat peminat rumput tersebut semakin banyak. Jika dibudidayakan dengan baik bukan tidak mungkin bisnis tersebut dapat berkembang dengan pesat mengingat masih sulitnya untuk menemukan jenis rumput yang satu ini.

2. Persiapan Lahan Budidaya Rumput Pakchong

Jika bibit sudah tersedia tinggal lanjut menuju cara menanam rumput pakchong yang kedua, yaitu mempersiapkan lahan budidaya sebagai media tanam rumput pakchong tersebut.

Untuk itu langkah pertama dari tahap persiapan lahan ini lakukan penggemburan tanah terlebih dahulu agar kandungan unsur hara di dalam tanah dapat merata, bila perlu tambahkan pupuk sangkar untuk menambah nutrisi tanah.

Waktu yang dianjurkan untuk mengolah lahan ini yaitu diakhir musim kemarau atau menjelang musim hujan tiba. Kemudian bersihkan lingkungan sekitar tanam dari sisa tanaman sebelumnya. Jika usia tanaman mencapai 2 hingga 3 minggu berikan pupuk Urea dengan dosis 500 kg/ha. Terus ulangi pemupukan tersebut di usia yang sama setiap kali selesai panen.

3. Jarak Tanam Rumput Pakchong Yang Ideal

Jarak tanam yang diperlukan untuk menanam rumput pakchong ini sama halnya dengan tanaman rumput gajah pada umumnya.

Cara menanam rumput pakchong dengan jarak tanam yang ideal umumnya membutuhkan jarak yang berukuran 30 x 50 cm. Kemudian tanamlah bibit rumput pakchong tersebut dengan posisi miring 30 derajat agar akar dapat tumbuh dengan mudah.

4. Cara Menanam Rumput Pakchong

Cara budidaya rumput napier pakchong ini cukup mudah karena dalam penanamannya dapat dilakukan disegala musim serta dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada lahan hutan kecil. Fisik dari rumput pakchong ini dapat tumbuh hingga mencapai 5 meter serta kondisi daun dan juga batangnya tidak ditumbuhi bulu-bulu halus.

Hal tersebut yang membuat rumput pakchong lebih disukai oleh hewan ternak karena tidak membuat gatal saat dikonsumsi. Proses perawatannya pun tidak terlalu sulit, misalnya pada saat musim kemarau tiba maka penyiraman dapat dilakukan satu kali dalam seminggu.

Saat hasil panen tiba maka bersiaplah untuk mendapat hasil panen yang berlimpah, pasalnya pada lahan seluas 1HA akan menghasilkan sekitar 450 hingga 600 ton per hektarnya dan biasanya dapat dijadikan sebanyak 30 ekor sapi setiap tahunnya.

Karena rumput pakchong memiliki akar yang cukup dalam maka dalam waktu satu tahun rumput yang berasal dari Thailand ini dapat dipanen hingga 3 kali.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Rumput Pakchong

Sebenarnya proses perawatan rumput yang berasal dari Thailand ini cukup mudah, namun karena bibit yang digunakan dibeli di toko online maka pastikan jika toko online tersebut benar-benar menjual produk yang aman dan terpercaya.

Karena jika bibit yang dijual ternyata kualitasnya buruk tentu menghasilkan hasil panen yang tidak berkualitas. Jadi sebelum membeli ada baiknya membaca review dari pelanggan sebelumnya karena kamu tidak bisa melihat fisik bibitnya terlebih dahulu.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Rumput Pakchong

Jika cara menanam rumput pakchong telah selesai dilalui dengan lancar maka bukan tidak mungkin hasil panennya memuaskan sehingga harga panen sebanding dengan harga yang dibuat selama masa tanam.

Harga bibit rumput Pakchong cukup beragam. Kebetulan Nonatani jual bibit rumput Pakchong siap tanam dengan berbagai pilihan paket.

Jika kamu membutuhkan benih rumput Pakchong, bisa langsung kontak Nonatani melalui Whatsapp

Kontak Admin Nonatani Jual Bibit Rumput Pakchong https://wa.me/6282135971215

Order nantinya dapat melalui Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Sehingga kamu bisa mendapatkan Gratis Ongkir apabila memiliki voucher. Dan yang pasti, lebih trusted karena melalui marketplace.

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Rumput Pakan Kambing

Hendrasap
3 min read

Rumput Gama Umami

Hendrasap
2 min read

Rumput Benggala

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *