Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kunyit

2 min read

cara menanam kunyit

Cara menanam kunyit sangat mudah untuk dilakukan terutama bagi pemula yang baru ingin terjun di dunia cocok tanam. Meskipun cara budidaya tanaman kunyit di polybag agar cepat tumbuh tergolong mudah, namun perawatan yang maksimal juga diperlukan agar mendapat hasil panen yang berkualitas. Selain cara budidayanya yang sangat mudah ternyata kunyit juga mempunyai segudang manfaat untuk tubuh.

Dengan berbagai manfaatnya, Kunyit bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga atau TOGA. Nah, Nonatani akan membahas cara budidaya kunyit ini untuk skala kecil, agar bisa dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan cara menanam kunyit baik di polybag, pot dan di lahan.cara budidaya kunyit dalam pot polybag agar cepat tumbuh

Cara Menanam Kunyit

Siapa sangka jika kunyit ini selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur juga bisa diolah menjadi obat tradisional seperti jamu, bahan baku kosmetik, dan bahan baku pangan. Dengan manfaat yang sedemikian tersebut sehingga banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui cara menanam kunyit agar cepat tumbuh.

1. Pemilihan Bibit Kunyit

Sebelum menuju ke pembahasan yang lebih jauh, hal pertama yang perlu diperhatikan dari cara budidaya tanaman kunyit di polybag agar cepat tumbuh adalah memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Untuk itu pastikan bibit yang dipilih telah memenuhi berbagai kriteria berikut ini:

  •  Pilihlah tanaman yang sehat, tidak cacat, terlihat segar dan tentunya tidak terserang hama maupun penyakit.
  • Pastikan ukuran dan juga warna kunyit memiliki warna yang sama.
  •  Biasanya induk kunyit yang siap dijadikan bibit adalah yang berusia 7-12 bulan.
  • Sebelum diproses penanaman, pastikan bibit telah melewati masa dormansi atau diistirahatkan.

Tanaman kunyit pun dibagi menjadi tanaman kunyit hitam, kunyit merah, kunyit putih dan kunyit kuning. Namun kunyit hitam menjadi jenis kunyit yang paling susah untuk ditemukan, bahkan di Indonesia sendiri pun jenis kunyit ini masih langka.

2. Persiapan Lahan Budidaya Kunyit

Setelah mendapat bibit yang sesuai kriteria maka cara menanam kunyit selanjutnya adalah melakukan penyemaian, pertama letakkan bibit kunyit pada suhu ruangan sekitar 1 hingga 1,5 bulan, pastikan bibit mendapat sirkulasi udara yang baik. Jika mau mempersingkat penyemaian makka rendam bibit selama 3 jam pada larutan ZPT. Jika sudah mulai muncul tunas maka bibit siap untuk ditanam.

Selanjutnya cara merawat tanaman kunyit dalam pot di rumah maupun di lahan rumah cukup mudah. Persiapankan media tanam dengan melakukan pembajakan tanah agar lebih gembur lalu campur dengan pupuk kandang kering. Selanjutnya buat bedengan selebar 60-100 cm dan tingginya sekitar 15-50 cm, dan jarak bedengan sebesar 50 cm.

3. Jarak Tanam Kunyit Yang Ideal

Agar tanaman kunyit dapat tumbuh secara maksimal maka jarak tanam kunyi juga perlu diperhatikan. Jika ditanam pada lahan yang cukup luas maka jarak tanam yang dianjurkan dengan membuat lubang tanam berukuran 60 x 60 cm. Namun jika tanaman kunyit dibudidayakan pada pot atau polybag maka cara merawat tanaman kunyit dalam pot di rumah bisa dengan meletakkan bibit di posisi tengah media tanam.

4. Cara Menanam Kunyit

Pada awal musim hujan adalah waktu terbaik dalam menanam tanaman kunyit, sedangkan waktu terbaik untuk melakukan panen adalah saat memasuki musim kemarau. Meskipun hal tersebut terlihat begitu spele namun jika tidak diperhatikan bisa mempengaruhi cara menanam kunyit menjadi tidak maksimal. Teknik perawatan kunyit kemudian dengan melakukan penyulaman pada bagian tanaman kunyit yang tidak tumbuh dengan baik. Ketika usia tanaman mencapai umur 2 minggu lakukan penyiangan dari tanaman yang mengganggu pertumbuhan kunyit.

Karena tanaman kunyit ditanam saat memasuki musim hujan, maka jangan lupa untuk melakukan pembubunan tanah di sekitar area bedengan untuk mengantisipasi genangan air di sekitar wilayah tumbuh tanaman kunyit. Proses pembubunan ini dapat dilakukan ketika tanaman kunyit telah berusia 3-4 bulan. Agar tanaman kunyit tetap mendapat nutrisi yang baik, jangan melupakan proses pemupukan dengan menggunakan pupuk organik dari hewan ternak sebanyak 45 ton per hektarnya atau setara dengan memupuk 160.000 tanaman kunyit.

Untuk proses penyiramannya sendiri bisa dilakukan sesuai kebutuhan tanaman, pasalnya tanaman kunyit ini tidak menyukai kondisi lingkungan yang tergenangi oleh air. Setelah semua perawatan dilakukan dengan baik, tibalah pada periode tanam untuk budidaya kunyit yang tepat adalah pada usia 7-8 bulan. Sehingga jika sudah memasuki usia tersebut maka kunyit sudah siap untuk dipanen.

5. Penyabab Kegagalan Cara Menanam Kunyit

Periode tanam untuk budidaya kunyit yang tepat adalah sekitar 8 bulan dari masa tanam. Pada proses pemanena tersebut bisa jadi menghasilkan kunyit yang tidak sesuai harapan. Penyebab kegagalan dari tanaman kunyit salah satunya yaitu ulat penggerek akar, biasanya kunyit yang terserang ulat ini memiliki gejala berupa layunya pangkal akar dan tunas daun sehingga akibat buruknya tanaman menjadi mongering bahkan membusuk.

Untuk mengatasi hal tersebut maka berikan sanitasi rutin agar lingkungan steril dari hama tersebut. Namun jika penanganan terlanjur terlambat maka dapat menyemprotkan insektisida fuardan G-3.

6. Harga Bibit Dan Harga Tanaman Kunyit

Cara menanam kunyit yang terakhir telah selesai sehingga pemasaran dapat dilakukan. Semakin bagus kualitas dari kunyit tentu membuat harga kunyit semakin tinggi.

Kelompok Harga

Harga Kunyit

Sumber

Bibit kunyit hitam

150.000

https://www.tokopedia.com/bibit-kunyit

Bibit kunyit hitam original

200.000

https://www.tokopedia.com/bibit-kunyit

Bibit kunyit putih siap tanam

2.000

https://www.tokopedia.com/bibit-kunyit

Bibit tanaman kunyit kuning

15.000

https://www.tokopedia.com/bibit-kunyit

Bibit tanaman kunyit putih

25.000

https://www.tokopedia.com/bibit-kunyit

Bibit tanaman herbal kunyit

11.500

https://www.tokopedia.com/bibit-kunyit

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *