Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Rumput Mombaca

2 min read

cara menanam rumput mombacha

Cara menanam rumput mombaca belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sejauh ini para petani Indonesia masih banyak yang membudidayakan rumput gajah atau rumput odot sebagai pakan ternaknya. Hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh faktor bibit mombaca yang lebih sulit didapat atau karena memang belum banyak yang mengenal jenis rumput tersebut.

Untuk mengetahui seputar penanaman bibit rumput mombaca Nonatani akan dengan senang hati membagikan tipsnya. Jadi tips dan cara menanam rumput mombaca sebenarnya hampir sama dengan cara menanam tanaman lainnya.cara budidaya rumput mombaca

Cara Menanam Rumput Mombaca

Cara menanam rumput mombaca atau rumput import yang berasal dari Spanyol ini memiliki beberapa keunggulan. Rumput mombaca atau benggala ini selain mudah tumbuh di Indonesia juga memiliki kandungan crude protein yang cukup tinggi, selain itu batangnya kecil, kokoh dan renyah sehingga mudah dikunyah oleh ternak.

1. Pemilihan Bibit Rumput Mombaca

Pemilihan bibit rumput super mombaca F1 merupakan bibit import dari Spanyol. Nama lain dari rumput mombaca adalah Panicum Maximum atau lebih dikenal dengan nama rumput benggala. Cara budidaya rumput mombaca f1 berawal dari pemilihan bibit yang berkualitas. Pembibitannya melalui 2 cara yaitu melalui biji dan melalui sobekan rumpun.

Jika penanaman menggunakan biji, tentu caranya mudah tinggal masukkan saja bibit ke dalam lubang tanam. Kelebihan penanaman dari biji yaitu lebih sederhana dibandingkan penanaman menggunakan sobekan rumpun. Selain itu saat ini bibit biji rumput mombaca sudah tersedia di beberapa toko online seperti Shopee dan toko lainnya. Sedangkan cara menanam rumput mombaca menggunakan metode sobekan rumpun atau pols caranya, pisahkan rumput yang tumbuh bergerombol kemudian tanam pada jarak yang berbeda.

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Cara menanam rumput mombaca memiliki 2 teknik penanaman yang berbeda. Untuk pengolahan lahan dengan penanaman metode biji harus disemai terlebih dahulu. Tebarkan 5-10 kg/ha biji rumput mombaca di atas permukaan tanah lalu tutup dengan tanah tipis-tipis. Sembari menunggu waktu persemaian selesai bajaklah tanah sebagai tempat penanaman dan tambahkan pupuk organik sebagai nutrisinya.

Setelah itu buatlah lubang tanam sedalam 2-3 cm sebagai tempat bibit yang selesai disemai. Tanamlah 2-3 kg/ha biji rumput mombaca agar sesuai dengan jarak tanamnya yang ideal kemudian tutup dengan tanah.

3. Jarak Tanam Rumput Mombaca Yang Ideal

Jarak tanam rumput mombaca super grass yang ideal yaitu berukuran 50 x 50 cm. Pada satu titik tanam isi sekitar satu atau dua bibit rumput. Untuk jarak tanamnya memang membutuhkan ruang yang cukup lebar karena saat rumput mombaca tumbuh dewasa akan menghasilkan anakan yang cukup banyak mencapai puluhan anakan.

4. Cara Menanam Rumput Mombaca

Kandungan protein rumput mombaca f1 berkisar antara 9,13% – 12,75%. Jadi kandungan protein kasar rumput mombaca ini bergantung pada jenis kultivar dan waktu pemanenannya. Semakin muda usia tanaman maka kandungan nutrisinya akan lebih tinggi dan sebaliknya, semakin tua pemanenan maka kandungan protein lebih rendah namun produktifitas hijauannya lebih banyak. Untuk teknik perawatannya sendiri tidak terlalu rumit karena hanya membutuhkan penyiraman yang rutin pada pagi dan sore hari.

Kemudian untuk menunjang pertumbuhan rumput mombaca super grass agar lebih cepat besar berikan pupuk susulan karena rumput mombaca sangat sensitif terhadap kualitas air dan tanah. Pupuk yang digunakan beserta dosisnya adalah pupuk Urea : TSP : KCL dengan perbandingan 900 : 450 : 450 kg/ha. Jika kamu ingin menggunakan pupuk organik boleh-boleh saja namun dosisnya harus ditambah sebanyak 10 kg/ha. Misalnya saja total penggunaan pupuk anorganik tersebut adalah 1.800 kg/ha maka jika menggunakan pupuk organik harus ditambah menjadi 2.000 kg/ha. Ulangi pemupukan dalam setahun sebanyak 2x.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya

Penyebab kegagalan yang sering dialami oleh petani adalah hama dan penyakit yang menyerang tanaman mereka. Sebagai tanaman yang diperuntukkan untuk pakan ternak tentu hal ini akan sangat merugikan petani dan peternak yang memberikan dampak buruk bagi semua masyarakat. Hama yang mengikuti arah angin akan membawa gerombolan hama belalang kumbara menuju wilayah yang terkena angin kencang. Pada saat itu wilayah yang terkena dampak hama tersebut adalah Kota Waingapu, Sumba Timur yang merusak beberapa tanaman milik petani akibat hama belalang kumbara.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Rumput Mombaca

Jika cara menanam rumput mombaca telah selesai maka pembahasan terakhir dari artikel ini adalah harga bibit dan harga jual tanaman. Semakin berkualitas akan semakin menambah harga jual.

Kelompok Rumput MombacaHargaSumber
Bibit rumput super mombaca f1 agrimaxRp 24.750https://shopee.co.id/Bibit-RUMPUT-SUPER-Mombaca-F1-AGRIMAX-ECERAN-i.38512307.1817844925
Rumput super mombacaRp 10.000https://shopee.co.id/Rumput-super-Mombaca-i.106898124.1728352218
Bibit rumput super mombaca f1 50 gram agrimaxRp 480.000https://shopee.co.id/Bibit-Rumput-Super-Mombaca-F1-50-gram-i.31517458.3616448578
Bibit rumput super mombaca f1 10 gramRp 203.000https://shopee.co.id/Bibit-Rumput-Super-Mombaca-F1-10-Gram-i.150865766.3252222975

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Rumput Pakchong

Irma Citama Irma Citama
3 min read

Tanaman Alfalfa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Kaliandra

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *