Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

2 min read

cara menanam bunga wijaya kusuma

Cara menanam bunga wijaya kusuma memang cukup unik untuk diketahui. Bunga wijaya kusuma atau yang juga dikenal dengan nama bunga ratu malam ini memiliki keunikan yang khas. Pasalnya bunga ini hanya akan mekar di malam hari, sehingga aroma bunganya juga akan tercium pada malam hari juga.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya bunga wijaya kusuma. Pastikan kamu mengikuti langkah langkah cara menanam bunga wijaya kusuma ini dengan baik.cara budidaya bunga wijayakusuma agar cepat berbunga terus

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Jika biasanya tanaman lain akan muncul bunga saat matahari masih terlihat maka berbeda dengan bunga wijaya kusuma ini yang lebih aktif di malam hari. Untuk mengetahui cara menanam bunga wijaya kusuma, simak penjelasan di bawah ini.

1. Pemilihan Bibit

Cara memperbanyak bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga bisa menggunakan metode stek. Untuk bibit steknya bisa didapat dengan membelinya di kios pertanian atau bisa juga dengan membuat sendiri dari tanaman indukan. Jika membuat bibit stek sendiri, carilah tanaman indukan dengan kondisi daun yang tidak pucat, segar, sehat, berukuran besar, dan tidak bengkok.

Jika sudah menemukan induk yang tepat, cara memperbanyak bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga selanjutnya, potong daun sepanjang 5-7 cm. Usahakan memotongnya secara rata dan bisa diulangi jika pemotongannya tidak rata. Bunga wijaya kusuma sendiri termasuk dalam genus Epiphyllum yang memiliki banyak spesies. Jenis-jenis Epiphyllum antara lain Epiphyllum Pumilum, Epiphyllum Crenatum, Epiphyllum Laui, dan Epiphyllum Hookeri.

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Cara budidaya bunga wijaya kusuma kepiting dan keris dari stek untuk cara pengolahannya hampir sama dengan tanaman lainnya. Campurkan semua bahan seperti tanah : pupuk organik : humus : pasir dengan perbandingan 3 : 1 : 1 : 2. Penanaman juga bisa dilakukan di dalam pot dengan memanfaatkan media tanam lainnya seperti lumut sphagnum, pasir, dan juga batang paku tiang. Untuk penanaman di pot, gunakan pot berdiameter 10 cm.

Kemudian siapkan bibit bunga wijaya kusuma tersebut. Sebelum ditanam baluri bibit dengan hormon perangsang pertumbuhan akar dan tunggu sampai 7-10 hari. Jika sudah, masukkan bibit ke dalam tanah di kedalaman 5 cm. setelah tanaman berusia 10 hari siram dengan air untuk mendukung pertumbuhannya.

3. Jarak Tanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Ideal

Dengan memperhatikan cara merawat bunga wijaya kusuma agar tetap berbunga maka bukan tidak mungkin jika mendapatkan hasil panen yang lebih baik. Jarak tanam bunga wijaya kusuma bisa diatur sesuai dengan luas lahan yang digunakan. Jika ditanam dalam pot, atur barisan antar pot agar tidak terlalu rapat.

4. Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Cara merawat bunga wijaya kusuma agar tetap berbunga memang sedikit rumit. Pasalnya jika terlalu banyak air yang menggenang maka akan membuat akar tanaman membusuk, sedangkan jika kadar air terlalu sedikit bisa membuat pertumbuhan kurang maksimal bahkan tanaman cepat layu. Oleh sebab itu penyiraman bisa dilakukan secara rutin dan berkala dengan melihat kondisi cuaca. Jika cuaca normal lakukan penyiraman seminggu sekali, namun jika musim kemarau tiba lakukan penyiraman 2 hari sekali.

Lakukan pemupukan susulan saat tanaman berusia 1 bulan dari awal tanam menggunakan pupuk NPK, untuk takaran dosisnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Untuk menghindari tumbuhnya gulma, lakukan penyiangan dengan mencabut rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman. Cara menanam bunga wijaya kusuma ini juga dianjurkan untuk menyemprotkan cairan fungisida dan insektisida secara teratur.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Kurangnya pasokan sinar matahari merupakan penyebab kegagalan yang sering ditemui. Oleh sebab itu cara menanam bunga wijaya kusuma disini, disarankan untuk meletakkan tanaman ini di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Dengan begitu pertumbuhannya akan lebih lancar dan tidak tertahan. Selain kurangnya pasokan sinar matahari, hama dan penyakit juga sering mengganggu pertumbuhan bunga tersebut. Oleh sebab itu periksa kondisi tanaman secara rutin sehinga jika ada tanda-tanda tanaman terserang hama lebih cepat untuk diketahui.

6. Harga Jual Dan Harga Bibit Bunga Wijaya Kusuma

Bunga kusuma wijaya merah merupakan jenis bunga wijaya kusuma yang memiliki banyak peminat. Namun hal tersebut tidak sebanding dengan jumlah bunga yang tersedia sehingga terjadi ketimpangan. Kurangnya suplai tanaman hias ini tak sebanding dengan jumlah permintaan pasar yang kian bertambah, sampai-sampai petani bunga wijaya kusuma ini merasa kuwalahan.

Karena kondisi yang langka tersebut membuat harga bunga ini menjadi lebih mahal dibanding dengan tanaman hias lainnya. Hal ini juga memunculkan minat baru untuk mengetahui bagaimana cara menanam bunga wijaya kusuma yang baik dan benar.

Kelompok Bunga Wijaya Kusuma Harga Sumber
Bunga wijaya kusuma merah Rp 45.000 https://www.tokopedia.com/find/bunga-wijaya-kusuma
Bibit bunga wijaya kusuma pink Rp 65.000 https://www.tokopedia.com/find/bunga-wijaya-kusuma
Tanaman hias bunga wijaya kusuma keris Rp 35.000 https://www.tokopedia.com/find/bunga-wijaya-kusuma
Bibit bunga wijaya kusuma kepiting Rp 35.000 https://www.tokopedia.com/find/bunga-wijaya-kusuma
Tanaman wijaya kusuma bangkok Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/find/bunga-wijaya-kusuma

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *