Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

2 min read

cara menanam bunga sedap malam

Cara menanam bunga sedap malam akan diulas secara mendalam dalam artikel ini. Bunga sedap malam memiliki nama latin Polianthes tuberosa yang tergolong sebagai tanaman beerumur panjang (annual). Awalnya tanaman ini berasal dari Meksiko, namun seiring berjalannya waktu bunga sedap malam juga dapat tumbuh pada tanah subur pada iklim seperti Indonesia.

Kali ini Nonatani akan membahas secara rinci tentang penanaman bunga sedap malam. Cara menanam bunga sedap malam bisa dilakukan di pot, polybag atau lahan kosong.cara budidaya bunga sedap malam

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam dapat tumbuh melalui umbi yang kemudian berkembang menjadi tunas hingga berbunga. Ketika sudah dewasa, tinggi tanaman ini mencapai 45 cm dan menghasilkan daun berwarna hijau. Untuk mengetahui cara menanam bunga sedap malam mari simak pembahasan berikut.

1. Pemilihan Bibit Bunga Sedap Malam

Pemilihan bibit yang berkualitas tentu akan mempengaruhi hasil panen di kemudian hari. Untuk itu jangan sampai memilih benih yang keliru agar tidak terjadi penyesalan. Untuk mendapatkan bibit bunga sedap malam yang berkualitas, pilihlah dari tanaman induk yang usianya sudah cukup tua atau kurang lebih berusia 1,5 tahun. Kemudian pilih induk yang sudah sering berbunga dan memiliki umbi, pastikan umbi dalam keadaan sehat dan tidak cacat atau terluka.

Setelah mendapat bibit yang berkualitas, cara menanam bunga sedap malam selanjutnya potonglah akar pada umbi tersebut lalu keringkan selama 3-4 minggu. Selanjutnya simpan bibit pada tempat yang aman selama 1 bulan penuh. Berdasarkan jumlah kelopak itu sendiri bunga sedap malam terbagi menjadi 4 yaitu:

  • Jenis single : shringar, prajwal, dan single Mexican.
  • Semi double : roro anteng.
  • Double : suvasini, vaibhav, pearl double, dan dian arum.
  • Variegate : rajat rekha dan swarna rekha.

2. Persiapan Lahan Budidaya Sedap Malam

Sekalipun cara menanam bunga sedap malam cukup sederhana karena bunga sedap malam cukup toleran terhadap lingkungan sekitar. Maka penanaman langsung melalui media tanah baik pada pot atau polybag adalah alternatif yang paling disukai untuk kamu yang tidak memiliki lahan. Cara budidaya bunga sedap malam dalam pot membutuhkan alat dan bahan seperti tanah, arang sekam, pupuk, pot atau polybag yang bagian bawahnya sudah diberi lubang, cetok, air dan tentunya bibit sedap malam.

Langkah penanaman benih sedap malam dalam pot yang pertama, campurkan tanah : arang sekam : pupuk dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Lalu masukkan campuran bahan tersebut ke dalam pot kemudian buat lubang sedalam 5 cm di bagian tengah pot sebagai tempat benih. Setelah bibit dimasukkan tutup dengan tanah dan padatkan kemudian siram. Letakkan pada tempat yang mendapat sinar matahari.

3. Jarak Tanam Bunga Sedap Malam Yang Ideal

Cara budidaya bunga sedap malam dalam pot biasanya jarak tanam menyesuaikan dengan besar dari pot tersebut. Usahakan jarak antar pot tidak terlalu berdekatan. Untuk penanaman pada lahan maka jarak tanam yang baik adalah 30 cm jarak antar barisan dan 25 cm jarak dalam barisan.

4. Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara merawat bunga sedap malam di rumah lakukan penyiraman secara rutin pada awal penanaman untuk mempercepat tumbuhnya tunas. Pasalnya tanaman ini tergolong menjadi tanaman yang membutuhkan ketersediaan air yang cukup banyak. Jadi penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Namun semakin bertambah usia tanaman intensitas penyiraman lebih baik dilakukan sehari sekali.

Ketika tanaman berusia 6 bulan lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos, atau dengan campuran pupuk TSP : pupuk Urea dengan perbandingan 1 : 1. Jika tanaman sudah berusia 8 bulan dan telah memiliki satu atau dua kuntum bunga tandanya tanaman sudah siap panen. Bunga sedap malam memiliki waktu produktif hingga 2 tahun.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara merawat bunga sedap malam di rumah terutama pada pot tidak akan serumit dengan budidaya sedap malam pada lahan. Penyebab kegagalan yang rentan terjadi adalah hama dan penyakit seperti ulat tanah, belalang, layu daun dan umbi busuk. Untuk itu jika penanaman dilakukan pada lahan lebih baik untuk melakukan penggemburan tanah dan memperbaiki sistem drainase sebagai pencegahan. Selain itu penggunaan insektisida dan fungisida yang dilakukan secara berkala bisa menjadi alternatif pilihan.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Sedap Malam

Cara menanam bunga sedap malam membutuhkan waktu sekitar 8 bulan untuk memanen bunga yang berkualitas. Semakin baik kualitas bunga maka harganya semakin baik di pasar.

Kelompok Bunga Sedap MalamHargaSumber
Umbi benih bunga sedap malamRp 19.000https://shopee.co.id/Umbi-Benih-Bunga-Sedap-Malam-i.2656548.8612107
Bibit bunga sedap malam berakar dan berdaunRp 5.000https://shopee.co.id/Bibit-bunga-sedap-malam-berakar-dan-berdaun-i.201185080.3920597520
Bunga sedap malam/kim cam 250 gramRp 30.000https://shopee.co.id/Bunga-Sedap-Malam-Kim-Cam-250-gr-i.14009091.3541507204
Bunga sedap malam wangiRp 5.000https://shopee.co.id/Bunga-sedap-malam-wangi-i.159634827.2463678324

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *