Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Delima

2 min read

cara menanam buah delima

Cara menanam buah delima memang selalu menguntungkan, pasalnya buah delima ini mengandung vitamin C, vitamin B6 dan juga vitamin E. Selain itu kandungan lain yang juga berguna untuk tubuh adalah iron, kalsium, potassium, fiber, dan magnesium.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya buah delima. Karena termasuk buah yang unik, maka cara menanam buah delima ini perlu langkah langkah khusus yang tidak bisa dilewatkan.

cara budidaya buah delima di pot dan polybag agar cepat berbuah banyak dan subur

Cara Menanam Buah Delima

Jika buah delima dikonsumsi secara rutin maka khasiat akan terasa oleh tubuh. Tidak tanggung-tanggung, manfaat buah delima selain berguna sebagai antioksidan juga mampu membunuh sel kanker, seperti kanker prostat dan sel kanker payudara. Untuk cara menanam buah delima yang baik dan benar cukup lakukan tips berikut.

1. Pemilihan Bibit Delima

Bibit buah delima bisa diperbanyak melalui metode biji dan juga batang. Namun buah delima ini tergolong sebagai tanaman hibrida. Jadi jika kamu membeli buah delima di pasar kemudian menanamnya, maka hasil panennya tidak akan sama dengan rasa buah yang dibeli di pasar. Oleh sebab itu untuk mendapatkan hasil buah yang sama dengan indukannya, disarankan untuk menggunakan metode stek.

Cara budidaya pohon delima dalam pot dari batang akan menghasilkan pertumbuhan buah yang lebih cepat. Untuk itu pilih tanaman indukan yang sehat dan terbebas dari hama penyakit, batangnya kokoh dan tidak keriput, daunnya berwarna hijau sehat, jangan memilih daun yang layu dan juga rontok. Jenis buah delima ada 3, yaitu buah delima merah, delima putih, dan delima hitam atau ungu.

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Pengolahan lahan budidaya merupakan cara menanam buah delima yang kedua. Pertama-tama buatlah lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm atau 60 x 60 x 60 cm. Kemudian tambahkan campuran tanah, pupuk kandang atau kompos yang telah difermentasi, dan sekam hingga mengisi 2/3 bagian. Untuk menghilangkan racun di dalam tanah, diamkan lubang tanam selama 3 hari.

Sedangkan cara budidaya pohon delima dalam pot dari batang memang lebih praktis karena mudah untuk dipindah-pindah. Yang pertama ambil pot berukuran sedang lalu isi dengan campuran pasir : kompos : pupuk kandang dengan dosis 1 : 1 : 1. Agar pertumbuhan lebih optimal, tambahkan pupuk NPK dan 2 kg tepung arang. Kemudian siram menggunakan larutan air bersih yang sudah dicampur zat kimia.

3. Jarak Tanam Buah Delima Yang Ideal

Jika pohon delima yang ditanam lebih dari satu maka jarak tanam yang ideal dari cara menanam buah delima sebaiknya berjarak 5 m. Dengan mengatur jarak antar lubang berukuran 5 m maka pertumbuhan delima akan berjalan maksimal.

4. Cara Menanam Buah Delima

Penanaman buah delima sebaiknya dilakukan di akhir musim hujan, jika penanaman sudah selesai jangan lupa untuk melakukan penyiraman di sore hari saja. Untuk merangsang pertumbuhan buah dan bunga, pada tanaman yang berada di dalam pot lakukan pemangkasan 100 cm dari leher akar. Namun jika ditanam di lahan potong 150-175 cm di atas permukaan tanah. Berbeda dengan tanaman lainnya, tanaman delima memiliki cabang primer dan cabang sekunder.

Setiap 10-20 cm yang tumbuh pada cabang utama bisa dibiarkan untuk tumbuh, sedangkan cabang lainnya dibuang. Cara merawat buah delima agar cepat berbuah yang selanjutnya yaitu pemupukan susulan yang bisa dilakukan saat usia tanaman sudah 1 bulan. Untuk tanaman yang ditanam di pot, berikan pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dengan konsentrasi kandungan Nitrogen yang lebih tinggi yaitu 10 g/l air. Cara penggunaannya cukup siramkan ke akar tanaman, ulangi setiap 3 bulan sekali

Berbeda dengan tanaman yang berada di lahan, pemberian pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dengan konsentrasi Nitrogen sebanyak 25-100 perpohon. Cara penggunaannya cukupp benamkan disekitar wilayah tanam, ulangi setiap 4 bulan sekali. Jika daunnya sudah menguning maka buah delima sudah siap panen, biasanya buah delima bisa dipanen saat berusia 3-4 tahun.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Delima

Mesikpun cara merawat buah delima agar cepat berbuah sudah dilakukan dengan baik, nyatanya masih ada saja hama dan ulat daun yang menyerang. Hal tersebut ditandai oleh kondisi daun yang berlubang karena dimakan oleh hama tersebut. Cara pengendaliannya bisa menggunakan insektisida Diazinon 60 EC dengan konsentrasi air 2 cc/liter.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Buah Delima

Buah delima ini tegolong menjadi buah yang memiliki harga pasar relatif mahal, oleh sebab itu usahakan untuk mendapatkan hasil panen yang bagus agar harga tidak anjlok. Dengan mengikuti cara menanam buah delima yang telah dijelaskan tersebut.

Kelompok Buah Delima Harga Sumber
Buah delima merah manis Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/find/buah-delima-merah
Bibit tanaman buah delima merah Rp 22.000 https://www.tokopedia.com/find/buah-delima-merah
Bibit buah delima Turki import Rp 51.300 https://www.tokopedia.com/find/buah-delima-merah
Bibit tanaman buah delima mini Rp 42.000 https://www.tokopedia.com/find/buah-delima-merah
Bibit buah delima hitam siap berbuah Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=buah%20delima%20hitam

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Buah Matoa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Buah Duku

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *