Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Melati

2 min read

cara menanam bunga melati

Cara menanam bunga melati adalah cara menanam yang paling mudah. Karena memiliki banyak peminat maka bunga ini banyak ditemukan di halaman depan rumah sebagai penghias eksterior. Aromanya yang wangi serta bentuk visualnya yang memanjakan mata sehingga tak segan orang ingin menanamnya.

Kali ini, Nonatani akan membahas cara budidaya bunga melati. Mulai dari pemilihan bibit, pengolahan lahan, cara menanam bunga melati, penyebab kegagalan hingga harganya akan dibahas, meskipun tidak mendalam tetapi lengkap.cara budidaya bunga melati agar cepat berbunga dan subur

Cara Menanam Bunga Melati

Nama latin bunga melati adalah Jasminum yang merupakan keluarga zaitun. Bunga melati memiliki 200 spesies yang tumbuh dengan baik di wilayah beriklim tropis seperti Australia, Eurasia, dan Oseania. Bunga melati juga tumbuh dengan baik di Indonesia dan menjadi ikon bunga Nasional Indonesia. Karena terkenal dengan lambang kemurnian dan kesuciannya, dalam adat Jawa bunga melati digunakan sebagai aksesoris bagi kedua mempelai dalam acara pernikahan. Berikut ini cara menanam bunga melati.

1. Pemilihan Bibit Bunga

Budidaya bunga melati bisa dilakukan dengan menggunakan metode stek batang. Cara budidaya bunga melati dengan stek batang yang pertama pilih induk tanaman yang telah berbunga, batangnya sehat dan kuat, dan telah cukup umur. Kemudian potong meruncing batang melati sepanjang 14-25 cm. Sayat bagian daun yang tumbuh di batang tanaman untuk mengurangi penguapan saat di stek. Kemudian berikan obat perangsang pertumbuhan akar yang dioleskan di bagian ujung batang.

Bunga melati terdiri dari beberapa jenis dengan semua tampilannya yang tampak anggun dan indah. Diantara jenis bunga melati tersebut adalah melati arum dalu, melati kacapiring cape jasmine, melati kacapiring candle light, melati kacapiring aimee yoshida, melati kacapiring august beauty, melati kacapiring Belmont, dan lain-lain.

2. Persiapan Lahan Budidaya

Cara menanam bunga melati bisa dibudidayakan di lahan yang luas maupun di dalam pot. Jika ditanam pada pot kamu tinggal menancapkan batang yang sudah distek ke dalam pot yang sudah diisi campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Penanaman pada lahan luas bisa dilakukan ketika memasuki musim kemarau. Langkah pertama bersihkan wilayah sekitar yang akan digunakan untuk menanam bunga melati, jika sudah bersih gemburkan tanah sedalam 30-40 cm.

Diamkan selama 15 hari agar sirkulasi udara dan kandungan unsur hara di dalamnya tersebar rata. Setelah itu cara budidaya bunga melati dengan stek dari batang, buatlah bedengan berukuran 100 x 120 cm dan tingginya berkisar 30-40 cm. Atur jarak antar bedengan sekitar 40-60 cm, namun kamu bisa mengatur ukuran-ukuran tersebut dengan luas lahan milikmu. Untuk tempat penanaman bibit bunga, buatlah lubang tanam berukuran 40 x 40 x 40 cm. Kemudian masukkan pupuk kandang sebanyak 1-3 kg yang telah dicampur dengan tanah ke dalam lubang tanam.

3. Jarak Tanam Bunga Melati Yang Ideal

Untuk ukuran lubang tanam 40 x 40 x 40 cm buatlah jarak antar lubang 100-150 cm. namun jika ditanam pada pot, cara merawat bunga melati di pot agar cepat berbunga buatlah jarak antar pot satu dengan lainnya agar tidak terlalu berdempetan.

4. Cara Menanam Bunga Melati

Cara menanam bunga melati dan perawatannya bisa dimulai dengan melakukan penyulaman atau penggantian tanaman yang tidak layak tumbuh dengan bibit baru. Lakukan proses penyulaman ketika tanaman belum berusia 1 bulan agar prosesnya mudah dilakukan. 1 bulan kemudian lakukan proses perawatan selanjutnya dengan melakukan penyiangan. Cabutlah tanaman liar yang tumbuh di sekitar melati. Berikan pupuk susulan setiap 3 bulan sekali menggunakan pupuk urea sebanyak 300-700 kg/tahun. Sebarkan pupuk di sekitar parit dengan kedalaman 10-15 cm lalu uruk dengan tanah.

Di awal penanaman berikan penyiraman pada pagi dan sore hari. Kemudian perawatan yang terakhir adalah memangkas batang tanaman ketika tingginya mencapai 75-90 cm. Tanaman melati sudah dapat berbunga ketika berusia 6 bulan dari masa penanaman. Pemetikan bisa dilakukan pada jam 05.30-11.00. Hasil panen yang melimpah bisa didapatkan saat panen pertama yaitu antara 1-2 minggu pertama panen.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Melati

Jika cara merawat bunga melati di pot agar cepat berbunga di atas telah dilakukan namun tetap usahakan agar terhindar dari hama. Hama penyerang bunga melati antara lain adalah Bud Worm, tungau laba-laba, dan mekar nyamuk. Untuk membasmi Bud Worm gunakan 2 gram/liter cairan Monokrotofos 36 WSC. Sedangkan untuk membasmi hama tungau laba-laba dan mekar nyamuk gunakan belerang 50% WP 2 gram/liter.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Bunga Melati

Seterlah melewati proses cara menanam bunga melati yang cukup panjang, kini tinggal mengetahui nominal bibit dan bunga melati di toko online.

Kelompok bunga melati Harga Sumber
Bibit bunga melati Rp 10.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-bunga-melati
Bibit tanaman bunga melati jepang Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-bunga-melati
Bibit pohon bunga melati raja putih king Rp 50.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-bunga-melati
Pohon bunga melati tuscany Rp 35.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-bunga-melati
Tanaman hias bunga melati belanda Rp 31.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-bunga-melati

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *