Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Kenanga

2 min read

cara menanam bunga kenanga

Cara menanam bunga kenanga yang baik dan benar tentu harus dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada. Untuk mendapatkan petunjuk tentang cara penanaman tersebut, kamu harus membaca ulasan artikel ini hingga tuntas.

Nonatani merupakan artikel yang membahas tentang pertanian. Dan kali ini nonatani akan membahas tentang bagaimana cara menanam bunga kenanga yang benar.cara budidaya bunga kenanga

Cara Menanam Bunga Kenanga

Bunga kenanga ini memiliki banyak sekali peminat, bahkan peminatnya tidak hanya dari Indonesia saja. Maka tak heran jika bunga kenanga dikenal hingga ke mancanegara. Semakin banyaknya peminat bunga ini, maka permintaan akan bunga kenanga juga meningkat. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis dengan memperhatikan teknik dan cara menanam bunga kenanga.

1. Pemilihan Bibit Bunga Kenanga

Pemilihan bibit bunga kenanga berkualitas merupakan cara pertama yang wajib untuk dilakukan. Karena pemilihan bibit yang berkualitas akan mempengaruhi hasil panen dari bunga kenanga itu sendiri.

Terdapat 2 cara pembibitan yaitu membeli bibit pada toko online atau memperbanyaknya melalui tanaman induknya. Cara budidaya bunga kenanga dengan stek batang adalah:

  • Pilihlah batang tanaman yang usianya sudah dewasa, jadi tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
  • Kemudian potong cabang tanaman berukuran 100 cm. Potonglah dalam kondisi tegak miring.
  • Setelah batang terpotong dalam kondisi miring, selanjutnya oleskan perangsang akar dan fungisida.
  • Pangkas daun yang masih menempel pada bagian batang untuk mencegah penguapan serta nutrisi dapat terdistribusi dengan baik.
  • Tancapkan batang stek pada tanah humus dengan kedalaman 3-4 cm.

Setelah mendapatkan bibit sesuai kriteria, ikuti cara menanam bunga kenanga selanjutnya.

  • Siapkan polybag berukuran sedang, lalu buatlah lubang pada bagian bawah polybag sebagai tempat keluarnya air.
  • Campurkan tanah gembur : pupuk organik : arang kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Dalam proses persemaian ini lebih baik menggunakan pupuk organik saja dan hindari penggunaan pupuk kimia karena tidak ramah lingkungan.
  • Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam polybag. Namun jangan sampai terisi penuh. Kemudian buatlah lubang pada bagian tengahnya sebagai tempat penanaman benih. Untuk 1 polybag bisa ditanami 2 batang stek.
  • Kemudian uruk batang stek tersebut menggunakan tanah lalu ratakan dan padatkan menggunakan tangan. Sirami dengan air secukupnya dan tunggu bibit berkembang. Biasanya bibit akan mulai tumbuh tunas pada usia 5-6 bulan.

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Ketika bibit sudah tumbuh tunas dan tingginya mencapai 30-50 cm itu tandanya bibit sudah siap tanam.

Cara penanaman bunga kenanga adalah seperti panduan berikut.

  • Pilihlah lahan yang gembur sebagai lahan penanaman, lakukan pencangkulan untuk membuat lahan sedikit gembur. Jika tanah dalam kondisi kering, lakukan pemupukan untuk menambah kandungan nutrisinya.
  • Buat lubang tanam sedalam 10-15 cm, kemudian keluarkan bibit dari polybag lalu masukkan ke dalam lubang tanam lalu tutup dengan tanah.
  • Namun jika kamu tetap menggunakan polybag sebagai media tanamnya, maka cara budidaya bunga kenanga dengan stek batang di polybag caranya sedikit berbeda dengan cara persemaiannya. Pada tahap penanaman hanya diperbolehkan menanam satu batang kenanga pada satu polybag.

3. Jarak Tanam Bunga Kenanga Yang Ideal

Cara menanam bunga kenanga tak terlepas dari penanaman dan jarak tanam.

Jarak tanam yang baik antar lubang berkisar mulai dari 60-100 cm. Kamu bisa menggunakan ketentuan ini untuk mendapat hasil yang optimal.

4. Cara Menanam Bunga Kenanga

Penanaman yang baik adalah ketika memasuki musim hujan. Penyiraman saat musim panas harus dilakukan secara rutin agar tanaman tetap dalam kondisi lembab. Pemangkasan merupakan hal penting dari cara merawat bunga kenanga. Pangkaslah daun dan dahan setiap sebulan sekali.

Agar terhindar dari penyakit berikan pupuk susulan pada 3-4 minggu sekali, lalu singkirkan tanaman pengganggu yang akan mengambil nutrisi tanaman. Pemanenan bunga kenanga bisa dilakukan jika bunganya sudah mekar sempurna serta kelopaknya berwarna kuning tua dan berbau harum.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Kenanga

Hama tahunan yang menyerang bunga kenanga adalah hama ulat. Meskipun sudah dibasmi dengan menyemprotkan insektisida akan tetapi jentiknya masih tersisa. Untuk itulah cara merawat bunga kenanga memah harus benar-benar diperhatikan sebagai bentuk pencegahan.

6. Harga Jual Dan Harga Bibit Kenanga

Bunga kenanga merupakan tanaman yang sangat menjanjikan bagi kehidupan sebagian besar petani. Oleh sebab itu cara menanam bunga kenanga yang baik dan benar menjadi poin penting agar terhindar dari kegagalan.

Kelompok Bunga KenangaHargaSumber
Bibit bunga kenangaRp 45.000https://shopee.co.id/BIBIT-BUNGA-KENANGA-i.12418445.306689883
Bibit bunga kenangaRp 17.500https://shopee.co.id/Bibit-bunga-kenanga-harum-i.282311960.6142122752
Bunga kenanga ylang-ylang cananga odrotaRp 10.000https://shopee.co.id/Bunga-Kenanga-Ylang-ylang-Cananga-odorata-i.169774196.3237126324
Tanaman bunga kenangaRp 30.000https://shopee.co.id/TANAMAN-BUNGA-KENANGA-i.133314004.2332255542
Bunga kenanga merah asliRp 700.000https://shopee.co.id/Tanaman-hias-Bibit-bunga-kenanga-merah-asli-i.142345094.7111999402

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *