Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Mawar

2 min read

cara menanam bunga Mawar

Cara menanam bunga mawar masih menduduki posisi teratas yang diminati masyarakat untuk dibudidaya. Meskipun tangkai bunga mawar ini kerap melukai karena berduri akan tetapi aroma harumnya yang melegenda menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta bunga mawar.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara merawat bunga mawar. Ini bisa kamu praktekan sebagai cara menanam bunga mawar dalam pot atau polybag, baik dari bibit maupun dari stek batang. Pastikan mengikuti langkah langkahnya agar bunga mawar kamu cepat berbunga.cara menanam bunga mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

Salah satu jenis mawar yang paling sering dicari oleh pecinta bunga mawar adalah mawar kampung. Bunga mawar kampung ini memiliki aroma yang sangat harum sehingga banyak sekali peminatnya. Sayangnya mawar jenis tersebut masih sulit ditemukan bahkan penjual bunga mawar sendiri pun kesulitan menemukan jenis bunga tersebut. Namun kamu bisa mencoba cara menanam bunga mawar jenis lainnya.

1. Pemilihan Bibit Bunga Mawar

Untuk mendapatkan bibit bunga mawar yang berkualitas bisa dilakukan dengan menggunakan media air. Langkah pertama masukkan bibit bunga mawar ke dalam wadah yang sudah diisi air sesuai dengan kapasitas wadah. Cermati bibit bunga mawar tersebut, apabila bibitnya tenggelam maka bibit memang layak untuk ditanam. Sebaliknya jika bibit mengapung maka bukan merupakan bibit unggul sehingga tidak layak tanam.

Selain itu cara budidaya bunga mawar dengan stek batang agar cepat berbunga bisa menjadi alternatif lainnya. Cara ini lebih direkomendasikan karena bunga mawar akan lebih cepat tumbuh dari ruas-ruas batang. Untuk itu pilihlah induk mawar yang sehat dan tidak terdapat tanda-tanda kecacatan agar hasil panen yang didapat juga memuaskan.

Jenis-jenis bunga mawar pun beragam, seperti mawar pelangi yang dihasilkan dari proses osmosis. Dan mawar batik kuning, mawar batik orange dan mawar batik pink yang tumbuh secara alami. Selain itu ada juga mawar hitam dan mawar merah tanpa duri yang tidak kalah populer.

2. Persiapan Lahan Budidaya Bunga Mawar

Untuk menanam bunga mawar biasanya petani yang sudah berpengalaman menggunakan lahan yang luasnya mencapai berhektar-hektar. Jadi untuk media tanamnya sendiri berupa bahan organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan juga GDM Black Bio Organic Stimulant. Untuk dosisnya biasanya dihitungkan oleh petani utama bersamaan saat membeli bibit bunga mawar. Semprotkan campuran bahan tersebut lalu semprotkan ke lahan.

Selain dapat diolah di lahan yang luas, cara menanam bunga mawar juga bisa dilakukan dalam skala yang lebih kecil seperti di dalam pot misalnya. Jika penanaman dilakukan dalam skala kecil maka media tanam yang digunakan berupa tanah : pasir : pupuk kandang dengan komposisi 5 : 2 : 3. Setelah media tanam jadi, semprotkan cairan GDM seperti cara di atas.

3. Jarak Tanam Bunga Mawar Yang Ideal

Agar bibit bunga mawar mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh dan berkembang maka jarak tanam menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan dalam mencoba cara menanam bunga mawar. Jarak tanam pada skala besar membutuhkan jarak tanam yang ideal sebesar 70 x 80 cm. Sedangkan pada skala yang sedang jarak tanam yang ideal yaitu berukuran 20 x 30 cm, dan jika ditanam di dalam pot maka benih wajib ditanam di bagian tengah pot.

4. Cara Menanam Bunga Mawar

Cara merawat bunga mawar dalam pot maupun pada lahan baik skala sedang maupun besar, waktu penanaman yang baik adalah saat pagi hari. Untuk proses penyiraman bisa dilakukan 2x dalam sehari pada pagi dan sore hari. Penyiraman pada pagi hari bisa ditambahkan dengan menyemprotkan pupuk cair yang bisa dibeli di kios pertanian.

Jika terlihat ada satu dua tanaman pengganggu di sekitar tanaman langsung pangkas tanaman pengganggu tersebut. Akan tetapi jika jumlah tanaman pengganggu sudah banyak bisa dibasmi menggunakan cairan pembasmi hama.

Pemupukan dilakukan sehari pasca penanaman menggunakan TSP 840 KG/hektar, Urea 200-300 KG/hektar, dan pupuk KCL 250 KG/hektar pada tanaman berskala besar. Ulangi setiap 3 bulan sekali. Bibit bunga mawar yang dihasilkan dari teknik stek atau okulasi bisa dipanen ketika usia tanaman mencapai 4-5 bulan. Dalam hal ini cara budidaya bunga mawar dengan stek batang agar cepat berbunga lebih unggul.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Mawar

Musim penghujan menjadi faktor penyebab kegagalan yang sering dialami oleh petani mawar baik yang dilakukan di lahan maupun dilakukan cara merawat bunga mawar dalam pot. Pasalnya ketika musim hujan tiba maka mawar akan membutuhkan perawatan yang lebih tinggi karena penyakit sering kali muncul dan bunganya menjadi cepat rusak. Hal tersebut diakibatkan oleh kondisi tanah yang terlalu kebanyakan air.

6. Hara Bibit Dan Harga Jual Bunga Mawar

Cara menanam bunga mawar yang terakhir adalah mempertimbangkan harga jual. Semakin cantik hasil panen bunga mawar maka harga yang dibandrol menjadi lebih tinggi. Selain itu jenis varietas bunga mawar juga mempengaruhi harga jual.

Kelompok Harga Harga Bunga Mawar (Rp) Sumber
Tanaman Mawar telur pink 35.000 Bibitbunga.com
Tanaman mawar rambat putih 35.000 Bibitbunga.com
Tanaman mawar ungu pucat 20.000 Bibitbunga.com
Tanaman mawar merah tanpa duri 25.000 Bibitbunga.com
Bibit mose rosse double isi 50 biji 8.000 https://www.tokopedia.com/hot/bibit-bunga-mawar
Bibit tanaman baby rose 9.000 https://www.tokopedia.com/hot/bibit-bunga-mawar

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Dahlia

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Tulip

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *