Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Jeruk

2 min read

cara menanam buah jeruk

Cara menanam buah jeruk sangat mudah dilakukan di Negara beriklim tropis seperti Indonesia. Dikenal sebagai Negara agraris dengan keanekaragaman hayati yang cukup banyak menjadi kelebihan Negara ini karena bisa bercocok tanam dengan mudah.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara merawat pohon jeruk agar berbuah lebat. Cara menanam buah jeruk ini spesial untuk kamu yang masih pemula. Jadi kamu bisa praktek meskipun hanya menggunakan polybag atau pot sehingga menjadi buah jeruk tabulampot.cara menanam buah jeruk

Cara Menanam Buah Jeruk

Memiliki aroma daun yang sedap serta menghasilkan buah yang manis dan segar membuat buah jeruk memiliki banyak peminat. Selain itu biji jeruk sangat mudah untuk disemaikan dengan kurun waktu yang lumayan singkat. Berikut cara menanam buah jeruk yang tepat.

1. Pemilihan Bibit Buah Jeruk

Dalam memilih bibit cara budidaya jeruk di pot cepat berbuah dan cara menanam di lahan sama saja. Untuk mendapat bibit buah jeruk dapat diperoleh dari buah jeruk yang sudah dewasa dengan tips-tips di bawah.

  • Biasanya buah jeruk yang sudah matang memiliki biji yang sempurna dan tidak ada tanda-tanda kecacatan, bijinya tidak keriput ataupun kempes serta kulit biji buahnya tidak terkelupas.
  • Pastikan bibit memiliki tingkat kesamaan yang hampir mirip dengan induknya, minimal tingkat kesamaan 95%.
  • Pilih tanaman induk yang memiliki daun lebat, berbatang kuat, dan memiliki akar serabut yang banyak.
  • Jika ingin bibit yang terjamin keunggulannya lebih baik membelinya langsung di tempat penangkaran bibit yang telah bersertifikat resmi. Cara merawat pohon jeruk agar berbuah lebat tersebut bisa dicoba.

Jika sudah mendapatkan biji yang sehat seperti di atas, cara menanam buah jeruk dilanjutkan dengan membersihkan biji buah jeruk dari daging buah yang masih menempel kemudian kering anginkan. Buah jeruk memiliki berbagai macam jenis antara lain jenis jeruk lemon, jeruk purut, jeruk nipis, jeruk jerpaya, jeruk kumquat, jeruk jari budha, jeruk mikam, jeruk Pontianak, jeruk mandarin, jeruk navel, jeruk limau, jeruk bali, jeruk dekopon, jeruk manis, dan yang paling terkenal adalah jeruk keprok.

Karena buah jeruk memiliki jenis yang lumayan banyak jadi selain memilih bibit yang memiliki varietas unggul, pastikan juga kamu memilih jenis jeruk yang paling banyak diminati di pasaran. Biasanya buah jeruk yang hargnya selalu stabil menjadi primadona masyarakat Indonesia.

2. Persiapan Lahan Budidaya Buah Jeruk

Waktu yang tepat untuk menanam buah jeruk adalah pada bulan Oktober hingga Desember karena pada musim tersebut biasanya akan turun hujan. Cara menanam buah jeruk bisa dimulai dengan membuat lubang tanam berukuran 30 x 30 cm. Kemudian isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga memenuhi ¼ bagian lubang tanam.

Cara merawat pohon jeruk agar berbuah lebat dengan menambahkan segenggam pupuk NPK kemudian aduk semua pupuk yang berada di dalam lubang tanam hingga tercampur merata. Letakkan bibit buah jeruk di atas media tanam dengan posisi berdiri lalu urug dengan tanah dan tekan sedikit agar bibit tidak goyah. Pantau setiap hari, bila tanah mulai mengering langsung sirami dengan air secukupnya.

3. Jarak Tanam Buah Jeruk Yang Ideal

Sebenarnya cara budidaya jeruk di pot cepat berbuah bisa dilakukan sebagai alternatif bagi petani yang tidak memiliki cukup lahan. Namun jika bisa memanfaatkan lahan kosong maka jarak tanam buah jeruk yang bagus yaitu berukuran 5 x 5 cm di setiap bibit yang akan ditanam. Sedangkan untuk lubang tanam yang ideal kurang lebih berukuran 30 x 30 cm.

4. Cara Menanam Buah Jeruk

Agar terhindar dari dehidrasi tanaman jeruk harus disiram secara rutin, terutama di awal penanaman lakukan penyiraman 2 kali sehari. Penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari karena pada saat tersebut sinar matahari belum terlalu terik sehingga tidak menyebabkan tanaman layu setelah dilakukan penyiraman.

Pencahayaan dalam cara budidaya jeruk di pot juga diperlukan paling tidak 5 jam dalam sehari. Jangan lupa untuk memberikan pupuk NPK dengan dosis 25 gram pada setiap tanaman dalam pot. Pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali. Semakin tanaman bertamah usia maka dosis bisa ditambah menjadi kelipatan dari dosis sebelumnya.

Sedangkan masa panen buah jeruk tergantung dengan jenis varietasnya. Pada umumnya masa panen bisa dilakukan ketika tanaman memasuki usia 28-36 minggu. Potong buah jeruk menggunakan gunting agar tangkainya tidak rusak. Dengan mengikuti   .

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Jeruk

Cuaca ekstrem seperti hujan yang terus-menerus turun dan kemarau panjang membuat pohon jeruk tidak dapat tumbuh dengan stabil. Jika hujan turun setiap hari maka pohon akan kelebihan suplai air sehingga membuat akar tanaman lebih cepat membusuk. Jika musim kemarau berkepanjangan maka tanaman mengalami dehidrasi sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan buahnya.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Buah Jeruk

Buah jeruk yang berukuran normal biasanya akan dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Lain halnya dengan buah jeruk yang ukuran buahnya kecil maka harga jualnya menjadi lebih rendah. Cara menanam buah jeruk tidak sulit jika penanaman dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Kelompok Harga Harga Buah Jeruk (Rp) Sumber
Bibit pohon jeruk nipis 35.000 https://www.bukalapak.com/products/s/bibit-pohon-jeruk
Bibit pohon jeruk santang madu 40.500 https://www.bukalapak.com/products/s/bibit-pohon-jeruk
Bibit pohon jeruk purut 30.000 https://www.bukalapak.com/products/s/bibit-pohon-jeruk
Bibit pohon jeruk nagami 165.000 https://www.bukalapak.com/products/s/bibit-pohon-jeruk

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Bit

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Blueberry

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bengkuang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *