Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Daun Bawang

2 min read

cara menanam daun bawang

Cara menanam daun bawang ternyata sangat mudah. Untuk penanaman skala kecil kamu bisa mulai menanam dengan memanfaatkan pot atau polybag sebagai wadahnya. Namun jika memiliki lahan budidaya yang cukup luas dan ingin menanam dalam skala besar juga tidak ada salahnya untuk mencoba.

Karena peminat daun bawang cukup banyak maka Nonatani akan membahas artikel tentang daun bawang. Cara menanam daun bawang yang cukup mudah tersebut tentu akan sangat menarik untuk dipelajari.cara budidaya tanaman daun bawang

Cara Menaman Daun Bawang

Daun bawang ini lebih identic dengan masakan Indonesia karena orang Indonesia terkenal dengan bumbu masakannya yang khas. Cita rasa yang khas dari setiap makanan tersebut salah satunya berasal dari daun bawang. Dengan menambahkan daun bawang pada bumbu masakan akan mengasilkan masakan yang lebih sedap. Berikut ini cara menanam daun bawang yang benar.

1. Pemilihan Bibit Daun Bawang

Jika sudah memiliki tanaman daun bawang maka kamu tidak perlu repot-repot membeli bibit daun bawang. Pasalnya cara budidaya daun bawang dari batang di pot bisa dihasilkan dari tanaman induk daun bawang itu sendiri atau dengan cara vegetatif.

Untuk mendapatkan tanaman induk yang berkualitas, pilihlah tanaman yang sudah berusia 2,5 bulan. Selain itu periksa kondisi fisiknya dan pilih yang memiliki rumpun banyak, sehat, segar dan terhindar dari hama dan penyakit.

Daun bawang terdiri dari 2 jenis yaitu Allium fistulosum (daun bawang bakung) dan Allium porum ( daun bawang prei). Namun saat ini yang sedang naik pamor adalah daun bawang bakung. Kemudian setelah mendapat induk yang sesuai ikuti cara menanam daun bawang berikut ini:

  • Ambil rumpun tanaman dengan cara menggalinya, hindari mencabut tanaman.
  • Bersihkan akar dari tanah yang masih menempel kemudian buang bagian tanaman yang layu.
  • Pisahkan rumpun tanaman yang bergerombol dengan masing-masing memiliki 1-3 anakan.
  • Untuk mengurangi penguapan, pangkas daun 1/3 pada bagian atas.
  • Bibit sudah siap ditanam, apabila penanaman tertunda maka simpan pada tempat yang teduh. Untuk penyimpanan jangan sampai lebih dari 5-7 hari.

2. Persiapan Lahan Budidaya

Cara budidaya daun bawang dari batang di pot harus dilakukan pada tanah yang subur, gembur, poros dan banyak mengandung bahan organik. Campurkan tanah : kompos : arang sekam dengan komposisi 2 : 1 : 1 kemudian aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu masukkan pada pot, lalu padatkan menggunakan tangan. Gunakan pot yang berukuran hampir sama dengan kaleng cat 5 kg, dan untuk ukuran polybag berkisar 0,08 x 30 atau 15 x 30.

3. Jarak Tanam Yang Ideal

Cara merawat tanaman daun bawang loncang di polybag tidak luput dari jarak tanam yang ideal. Untuk penanaman daun bawang pada pot atau polybag jarak tanamnya bisa diatur agar antara wadah satu dan wadah lainnya terlalu berhimpitan. Berikan sedikit ruang gerak sesuai dengan pertumbuhan tanaman itu sendiri.

4. Cara Menanam Daun Bawang

Lakukan penanaman pada pagi atau sore hari karena pada saat itu suhu udara dan laju respirasi cukup rendah. Penyimpanan pot bisa diletakkan pada tempat yang mendapat sinar matahari secara maksimal. Pada awal penanaman lakukan penyiraman setiap hari agar tanaman lebih cepat tumbuh besar.

Siram dengan air secukupnya saja. Semakin bertambah usia instensitas penyiraman bisa dikurangi menjadi 2-3 hari sekali. Waktu penyiraman terbaik yaitu sebelum pukul 09.00 pagi dan setelah pukul 17.00.

Pada minggu ke 4 berikan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak satu kepalan tangan per pot. Ulangi pemupukan pada minggu ke 8, kemudian pupuk bisa juga ditabur pada pangkal batang tanaman.

Ketika cara merawat tanaman daun bawang loncang di polybag selesai maka langkah terakhir adalah melakukan pemanenan yang bisa dilakukan saat tanaman berusia 2,5 bulan dari waktu penanaman.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Daun Bawang

Salah satu jenis hama yang kerap menyerang tanaman daun bawang adalah ulat grayak. Ulat ini berukuran kecil namun mampu membuat daun bawang menjadi berlubang yang bisa merusak daging bagian dalam.

Jenis pestisida yang dianjurkan adalah Cascade 50 EC dosisnya 10-25 cc/14 liter air kemudian semprotkan ke seluruh bagian tanaman satu kali saja hingga masa panen tiba. Cara menanam daun bawang dan pengendalian hama ini bisa menjadi alternatif ketika hama yang menyerang sudah tidak bisa ditangani secara alami.

6. Harga Jual Dan Harga Bibit Daun Bawang

Harga daun bawang tergantung dari kualitas daun bawang tersebut. Semakin berkualitas maka nilai jualnya juga tinggi. Untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas maka ikuti cara menanam daun bawang yang berada pada artikel ini.

Kelompok Daun BawangHargaSumber
Benih daun bawang fragrantRp 2.000https://shopee.co.id/ISI-50-BIJI-BENIH-DAUN-BAWANG-FRAGRANT-COCOK-DATARAN-RENDAH-TINGGI-MUDAH-TUMBUH-i.10660517.139468957
Daun bawang 250 gramRp 6.500https://shopee.co.id/Daun-Bawang-250gr-i.263358019.3234529294
Daun bawangRp 3.000https://shopee.co.id/Daun-Bawang-i.925342.3136543203
Bibit daun bawang unggulRp 5.200https://shopee.co.id/Daun-Bawang-i.925342.3136543203

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Porang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Selada

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Terong

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *