Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Daun Dewa

2 min read

cara menanam daun dewa

Cara menanam daun dewa ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Daun dewa menjadi salah satu tanaman obat keluarga yang dapat tumbuh dengan mudah di tanah Indonesia. Selain itu manfaat dari daun dewa ini juga cukup banyak sehingga sangat dianjurkan untuk menanam tanaman herbal yang satu ini.

Kali ini nonatani akan membahas tuntas mengenai tanaman keluarga yang sangat populer ini serta memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Cara menanam daun dewa memang sudah sepatutnya untuk diketahui karena teknik penanamannya begitu praktis dan sederhana.cara budidaya daun dewa

Cara Menanam Daun Dewa

Daun dewa menjadi alternatif yang pas untuk mengatasi masalah mahalnya obat yang tersedia pada toko-toko obat. Selain murah tanaman daun dewa yang berasal dari herbal ini lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia sehinggga lebih banyak dipilih karena juga ramah lingkungan. Untuk teknik budidayanya mari simak cara menanam daun dewa berikut ini.

1. Pemilihan Bibit Daun Dewa

Cara menanam daun dewa yang pertama adalah memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Teknik untuk pembibitan daun dewa ada 2 yaitu stek batang dan tunas akar. Jika kamu memilih pembibitan melalui stek batang langkah-langkah yang benar adalah potong batang tanaman sepanjang 15-20 cm dengan kemiringan 45 derajat, kemudian celupkan pada zat perangsang tumbuh yang berguna untuk merangsang pertumbuhan akar.

Sedangkan untuk perbanyakan melalui tunas akar, pilihlah umbi daun dewa yang sehat, tidak cacat, tidak terserang hama, dan segar. Semai umbi tersebut pada jarak tanam 10 x 10 cm, lalu diamkan selama beberapa minggu hingga tumbuh tunas dan daun yang sempurna. Setelah itu bibit siap untuk dipindahkan pada lahan tanam.

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Sembari menunggu bibit siap untuk dipindah tanamkan, kamu bisa  memanfaatkan waktu tersebut untuk mengolah lahan budidaya. Untuk mendapatkan manfaat daun dewa teknik penanaman selanjutnya adalah mengolah lahan budidaya daun dewa sesuai anjuran para petani. Yang pertama buatlah bedengan selebar 2 m dan untuk panjangnya bisa disesuaikan sesuai selera. Kemudian buatlah media tanam berukuran 20 x 20 x 20 cm.

3. Jarak Tanam Daun Dewa Yang Ideal

Jarak tanam daun dewa bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang kamu miliki. Jika waktu persemaian jarak tanamnya adalah 10 x 10 xm, maka waktu penanaman bisa disamakan untuk jarak tanamnya. Jarak tanam yang ideal tentu berpengaruh bagi pertumbuhan tanaman. Jika pertumbuhannya baik maka akan semakin mudah untuk mendapatkan manfaat daun dewa.

4. Cara Menanam Daun Dewa

Khasiat dan kegunaan daun dewa sangat banyak sekali antara lain menurunkan tekanan darah, menyembuhkan stroke, mencegah kanker payudara dan menghentikan pendarahan. Selain itu kandungan minyak atsiri dalam daun dewa berkhasiat untuk merangsang sirkulasi darah dan bersifat sebagai antiseptik.

Teknik perawatan yang paling penting adalah melakukan penyiraman 2x sehari saat musim kemarau dan sehari sekali saat musim hujan. Kemudian berikan pupuk organik sebanyak 300-500 gram yang diletakkan pada lubang tanam satu minggu sebelum penanaman. Selanjutnya bersihkan tanaman pada gulma yang mengganggu tanaman. Dan yang terakhir pilihlah tempat penanaman yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. 3 bulan kemudian tanaman daun dewa sudah siap untuk dipanen.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Daun Dewa

Hama merupakan penyebab kegagalan dari cara menanam daun dewa yang paling sering dialami oleh petani daun dewa. Sebagai pemula tentu kamu juga harus mengetahui hama apa saja yang kerap menyerang tanaman tersebut. Salah satu hama tersebut adalah ulat jengkel yang seluruh daun dewa dan hanya menyisakan bagian tulang daunnya saja. Selain itu ada juga kumbang Psylliodes yang membuat daun menjadi berlubang.

Jika tanaman daun dewa sudah terserang hama tersebut maka cara pengendaliannya bisa dengan menggunakan insektisida baik alami maupun sintetis. Cara membuat insektisida alami yaitu dengan membuat campuran daun tembakau dan bawang merah yang diblender bersamaan. Kemudian masukkan ke dalam botol spray lalu semprotkan cairan insektisida tersebut setiap pagi dan sore hari.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual

Setelah semua proses cara menanam daun dewa mulai dari poin 1 hingga 5 sudah selesai dilakukan maka tibalah akhir dari penanaman daun dewa. Harga bibit dan harga jual daun dewa cukup beragam, kamu bisa melihat harga pasar daun dewa pada tabel di bawah ini.

Kelompok Daun Dewa Harga Sumber
Bibit daun dewa Rp 15.000 https://shopee.co.id/Bibit-Daun-Dewa-i.46581220.878952988
Bibit daun dewa Rp 6.000 https://shopee.co.id/Bibit-Daun-dewa-i.226636632.7229048727
Bibit tanaman daun dewa Rp 35.000 https://shopee.co.id/Bibit-tanaman-Daun-DEWA-tanaman-herbal-obat-herbal-obat-stroke-obat-kanker-i.1898557.843730292
Tanaman daun dewa herbal Rp 10.000 https://shopee.co.id/Tanaman-Daun-Dewa-Herbal-i.98407766.6417519319
Tanaman herbal dewa/ umbi daun dewa organik Rp 55.000 https://shopee.co.id/Tanaman-Herbal-Dewa-Umbi-daun-Dewa-organik-i.15596930.2007006681
Paket 5 tanaman obat daun dewa Rp 35.000 https://shopee.co.id/PAKET-5-tanaman-obat-daun-dewa-i.82847913.1531737251
Tanaman herbal pohon daun dewa Rp 25.000 https://shopee.co.id/Tanaman-Herbal-pohon-daun-dewa-i.259822046.5837086728

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Mengkudu

Hendrasap
3 min read

Sambiloto

Hendrasap
3 min read

Mahkota Dewa

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *