Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Investasi Tanifund

3 min read

review investasi tanifund

Investasi di Tanifund, sebagai platform investasi crowdfunding, sejatinya hampir sama seperti investasi semacamnya yang sudah sangat banyak. Namun yang membuatnya berbeda yaitu  Tanifund merupakan anak dari platform startup fintech di bidang pertanian yaitu Tanihub. Sehingga model bisnisnya tentu berbeda dengan perusahaan investasi crowdfunding yang berdiri sendiri.

Mas CEO Nonatani, sudah pernah melakukan pendanaan belasan kali di Tanifund -pengalaman investasi di Tanifund akan di bahas di artikel lain-. Nonatani kali ini akan membahas lengkap palatform yang fokus untuk meningkatkan produksi dan menyalurkan hasil produksi baik dari sektor pertanian, peternakan maupun perikanan. Dengan tujuan tersebut semoga para petani di Indonesia dapat hidup lebih sejahtera lagi. Sehingga kamu bisa menjadi bagian dari yang membantu petani dan peternak melalui platform Investasi Tanifund. pengalaman investasi di tanifund ojk penipu-min

Investasi Tanifund

Untuk model pembiayaan investasi Tanifund sendiri menggunakan metode bagi hasil. Hal tersebut bertujuan agar agar semua pihak yang terlibat mau ikut andil dalam mensukseskan program pembiayaan yang sedang berlangsung tersebut.

1. Mengenal Apa Itu Tanifund

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih mendalam, lebih baik mengenal apa itu Tanifund. Yang pertama harus diketahui adalah, Tanifund merupakan bagian dari Tanihub. Tanihub sendiri adalah marketplace produk pertanian dan peternakan yang cukup populer di Indonesia.

Tanifund adalah sebuah platform yang bergerak dibidang keuangan yang fokus untuk mengembangkan pertanian, peternakan dan perikanan. Dan sesuai namanya, platform ini sebagai platform investasi dari investor dan menyalurkan kepada pelaku pertanian.

Dengan berdirinya Tanifund bertujuan agar para petani, peternak dan nelayan bisa mengakses modal dengan mudah untuk mengembangkan usahanya.

Untuk saat ini, Tanifund tidak memiliki aplikasi, sehingga semua proses dilakukan melalui website resmi.

2. Cara Kerja Tanifund

Agar hasil panen memuaskan, Tanifund telah menggandeng dan bekerjasama dengan para petani professional. Cara kerja investasi Tanifund pun tidak susah, berikut ini skemanya.

  • Pilih program budidaya sesuai dengan kemampuan dan keinginan, pasalnya setiap program budidaya memiliki profit dan resiko beragam. Untuk itu pelajari terlebih dahulu mengenai prospektus agar saat program sudah dipilih dapat berjalan dengan lancar.
  • Setelah semua pembiayaan telah dilakukan, maka petani akan menjalankan tugasnya sesuai dengan jadwal. Namun jangan khawatir karena Tanifund akan mengawasi seluruh kegiatan bertani dan juga proses pembelanjaan yang terjadi.
  • Ketika program sedang berjalan maka para petani akan memberikan laporan mengenai kegiatan yang tengah dilakukan secara berkala.
  • Ketika memasuki masa panen, maka Tanifund akan berkolaborasi dengan marketplace platform tanihub agar seluruh hasil panen dapat terjual lebih cepat.
  • Nikmati bagi hasil tersebut dengan proses yang transparan dimana nantinya seluruh rincian akan didokumentasikan oleh pihak Tanifund dan disimpan dalam laporan keuangannya.

Jika tertarik untuk menjadi mitra Tanifund, kamu bisa mendownload Tanifund apk atau hanya dengan mengunjungi web resminya. Ketika berada di halaman web utamanya cari dan tekan menu “menjadi petani mitra”, disana kamu akan diminta mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Tanifund dan kamu tinggal menjawabnya.

3. Apakah Tanifund Telah Diawasi Oleh OJK?

Sebuah jasa keuangan memang seharusnya diawasi oleh lembaga keuangan itu sendiri agar para investornya merasa aman menanamkan sahamnya di perusahaan tersebut. Apabila suatu jasa keuangan belum diawasi oleh lembaga keuangan tentu akan membuat calon investor ragu untuk melakukan kerja sama.

Kabar baiknya, Tanifund telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yang menjadi lembaga keuangan di Indonesia. Tanifund OJK sendiri tercatat dalam nomor S-278/NB.213/2018 dan tergolong menjadi fintech yang taat pada peraturan POJK.

4. Kelebihan Investasi Tanifund

Ada beberapa kelebihan dari investasi Tanifund yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

  • Mendapat ketenangan pikiran, karena semua proses dari awal hingga akhir dilakukan oleh pakar yang berkompeten dibidangnya.
  • Skema bagi hasil yang cukup menarik bagi investor dan petani hingga mencapai 24%.
  • Telah diawasi secara langsung oleh OJK sehingga sedikit menghindarkan isu Tanifund penipuan.
  • Berkontribusi secara langsung pada petani, peternak dan nelayan di Indonesia yang belum memiliki cukup modal untuk memulai atau mengembangkan usahanya.
  • Membantu mencapai ketahanan pangan tingkat Nasional.
  • Terdapat variasi tenor yang beragam.
  • Design webnya lebih interaktif dengan yang lainnya.

5. Kekurangan Investasi Tanifund

Selain mempelajari kelebihan dari Tanifund, selanjutnya yang akan dibahas adalah mengenai kekurangan dari Tanifund itu sendiri.

  • Seperti halnya produk P2P lending lainnya, Tanifund juga memiliki resiko kerugian yang bisa terjadi di luar kendali. Sehingga ketika Tanifund rugi, maka investor dan pelaku budidaya pun akan merasakan dampaknya.
  • Ketika investor memutuskan untuk melakukan pembiayaan pada suatu program budidaya, maka tidak bisa dibatalkan di tengah jalan. Dana pokok baru bisa dikembalikan ketika program budidaya telah berakhir.
  • Ada pajak yang harus dibayar dalam masing-masing transaksi. Sebagai contoh, pendanaan yang telah selesai akan dimasukkan kedalam saldo investor sehingga untuk mencarikan dana tersebut harus melalui rekening bank. Jika rekening bank investor dan Tanifund berbeda maka akan ada charger, jika charger lebih besar dari biaya return maka investor bisa rugi. Dan masih ada kasus lainnya yang perlu dipertimbangkan.
  • Jumlah pinjaman yang ditawarkan relatif lebih sedikit.
  • Ada yang mengatakan bahwa Tanifund syariah, namun ternyata belum ada keputusan DSN MUI.
  • Kualitas dari customer service yang cukup lamban dalam membalas keluhan konsumen.

6. Pengalaman Investasi di Tanifund

Khusus pengalaman investasi di Tanifund yang sudah dilakukan belasan kali oleh Nonatani, akan dibahas di artikel lain. Dalam bab ini akan dibahas pengalaman investasi dari orang lain.

Menurut pengalaman investasi di Tanifund mereka cukup puas dengan hasil kerja yang dikelola oleh pihak Tanifund. Salah satu yang membuat investor puas adalah sistem imbal hasil, bukan bunga sehingga tidak memberatkan investor maupun pelaku budidaya.

Namun jika barangkali ditemukan kasus kekecewaan yang dialami oleh investor lain mengenai kerugian yang terjadi, hal tersebut tergolong wajar karena semua usaha tentu mengalami resiko tak terduga masing-masing. Meskipun demikian pastikan uang yang dijadikan investasi Tanifund merupakan uang “dingin” sehingga tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

iPlant

Hendrasap
2 min read

Agromaret

Hendrasap
3 min read

Efishery

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *