Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Sirih Merah

2 min read

cara menanam sirih merah

Cara menanam sirih merah ini bisa menggunakan 3 teknik yang semuanya sangat mudah untuk dilakukan. Teknik tersebut diantaranya adalah teknik stek, teknik stek air, dan teknik merunduk. Meskipun terbilang mudah untuk dilakukan akan tetapi butuh ketelatenan dalam merawat tanaman herbal satu ini. Oleh sebab itu perlu ketelitian dalam menerapkan cara merawat tanaman sirih merah tersebut.

Nah, supaya bisa tumbuh subur dan menghasilkan banyak daun yang lebar, kali ini Nonatani akan membahas tips budidaya tanaman sirih merah. Cara menanam sirih merah ini bisa dipraktekkan di halaman atau pekarangan rumah. Bisa dimulai dengan melakukan cara tanam sirih merah di pot atau polybag. Sehingga selain bermanfaat sebagai tanaman obat keluarga, juga bisa sebagai hiasan yang menarik.cara budidaya tanaman daun sirih merah

Cara Menanam Sirih Merah

Saat ini banyak masyarakat yang ingin melakukan budidaya tanaman sirih merah karena mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sirih merah dinilai mampu mengobati penyakit radang tenggorokan, mengobatik keputihan, sebagai obat diabetes, melancarkan haid, menghilangkan bau mulut, dan lain-lain. Sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang juga ingin mengetahui cara menanam sirih merah yang baik dan benar.

1. Memilih Bibit Sirih Merah Terbaik

Cara menanam sirih merah yang pertama adalah memilih bibit dengan kualitas terbaik. Pada tanaman sirih merah ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapat bibit terbaik, yaitu:

  • Teknik Stek

Pilih batang atau sulur tanaman sirih merah yang sudah tua dengan panjang batang sepanjang 2 ruas. Sedangkan untuk daun yang tumbuh sebanyak 2 hingga 3 helai.

  • Teknik Merunduk

Pilihlah sulur yang lebih panjang dari daun lainnya agar sulur tersebut dapat menempel atau merunduk pada media tanam yang sudah disediakan.

  • Teknik Stek Air

Pilih batang sirih merah yang sehat, sudah tua dan memiliki panjang sekitar 2 ruas dengan daun yang tumbuh minimal 2-3 helai.

  • Teknik Mencangkok

Pilih tanaman sirih merah yang memiliki akar halus sehingga cocok ditanam menggunakan teknik cangkok.

2. Menyiapkan Media Tanam Daun Sirih Merah

Langkah kedua dalam melakukan cara menanam sirih merah adalah menyiapkan media tanam yang berupa campuran tanah, kompos dan juga pasir dengan komposisinya 3:3:1 lalu aduk hingga merata. Setelah semua komposisi tercampur rata masukkan media tanam tersebut ke dalam pot, polybag, atau menyebarkannya langsung ke lahan yang akan digunakan untuk menanam sirih merah.

Jika memanfaatkan pot atau polybag sebagai wadah menanam sirih merah, pastikan bagian bawah wadah tersebut telah terdapat lubang yang berfungsi sebagai tempat keluarnya air agar saat disiram air tersebut tidak menggenang.

3. Jarak Tanam Sirih Merah Yang Ideal

Cara budidaya sirih merah yang ketiga adalah dengan memperhatikan jarak tanam yang ideal. Panjang dari daun sirih ini mencapai 15 hingga 20 cm sedangkan batangnya memiliki ruas dengan jarak buku mencapai 5-10 cm. Karena tanaman ini tumbuh dengan cara merambat maka jarak tanam bisa diatur sesuai dengan lahan yang tersedia.

4. Cara Menanam Sirih Merah

Cara merawat tanaman sirih merah ada 3 cara yaitu penyiraman, penyiangan, dan pemupukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penyiraman, proses penyiraman perlu dilakukan secara rutin agar tanaman sirih merah tidak mengalami dehidrasi. Lakukan penyiriman 1 sampai 2 hari sekali dengan memperhatikan kondisi tanaman. Penyiraman dapat dilakukan secukupnya karena jika tanaman kelebihan air akan membuat tanaman cepat membusuk.
  • Penyiangan, proses penyiangan dari cara menanam sirih merah ini dapat dilakukan secara berkala. Pastikan tidak ada gulma dan tanaman pengganggu lain di sekitar tanaman sirih agar unsur hara dan juga kadar air yang disediakan untuk tanaman sirih tidak direbut oleh tanaman pengganggu tersebut.
  • Pemupukan, dalam cara budidaya sirih merah

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Sirih Merah

Dalam melakukan budidaya tanaman sirih merah, harusnya sudah mengetahui semua hal yang berkaitan dengan tanaman tersebut. Agar terhindar dari kegagalan, usahakan menanam sirih merah menggunakan tanah merah sebagai media tanamnya.

Jangan memberikan pupuk berlebih, selain itu perhatikan juga saat memberi pupuk agar tidak diletakkan jauh dari pangkal akar agar batang sirih merah tidak cepat membusuk. Salah satu penyebab kegagalan yang sering paling sering dilakukan adalah melakukan proses penyiraman secara berlebihan, pasalnya tanaman sirih merah ini tidak tahan dengan kelebihan air di dalam tanah. Mp  Usahakan menyiram tanaman 2 kali sehari secara rutin, frekuensi penyiraman bisa dikurangi saat usia tanaman sudah dewasa.

Karena karakteristik tanaman sirih merah yang hanya membutuhkan cahaya matahari sekitar 60%-75% maka tanamlah di tempat yang teduh saja. Ketika sudah melewati masa panen, usahakan untuk tidak memetik daun secara terus-menerus.

6. Harga Jual Bibit Sirih Merah

Cara menanam sirih merah yang terakhir adalah mengetahui harga jual tanaman sirih merah di pasar.

  • Harga bibit tanaman sirih merah Rp 25.000
  • Harga tanaman herbal pohon sirih merah obat Rp 15.000
  • Harga bibit pohon sirih merah Rp 15.000
  • Harga bibit tanaman daun sirih merah Rp 20.000
  • Harga paket 3 bibit tanaman daun sirih merah Rp 66.000
  • Harga bibit sirih merah Rp 15.000
  • Harga pohon sirih merah Rp 15.000
  • Harga bibit tanaman sirih merah Rp 10.000
  • Harga tanaman hias sirih merah Rp 20.000
Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bunga Telang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Binahong

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *