Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Matahari

2 min read

cara menanam bunga matahari

Cara menanam bunga matahari sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan oleh petani yang sudah berpengalaman namun masyarakat biasa pun bisa melakukan budidaya tanaman ini. Sebagai seorang pemula tentu kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat bunga matahari agar cepat berbunga. Sehingga kamu bisa memiliki bunga matahari di halaman rumah, cantik pastinya.

Bunga matahari yang identik dengan warna kelopak bunganya berwarna kuning ini menjadi daya tarik tersendiri. Nah Nonatani akan membahas tentang cara merawat bunga matahari, bahkan dari menyebai bibit kuaci. Simak cara menanam bunga matahari ini.cara merawat bunga matahari agar cepat berbunga dari kuaci di pot

Cara Menanam Bunga Matahari

Bunga matahari atau bunga tahunan tergolong sebagai bunga yang dapat dengan mudah tumbuh pada ketinggian 0,5-4,5 meter. Selain warna bunganya yang begitu indah dan dramatis, manfaat lain dari bunga matahari adalah bijinya bisa juga dipanen dan dapat dijadikan camilan ringan untuk mengisi waktu luang. Cara menanam bunga matahari yang baik seperti penjelasan berikut.

1. Pemilihan Bibit Bunga Matahari

Untuk mendapatkan bibit bunga matahari yang berkualitas terdapat 2 macam cara menanam bunga matahari. Bibit bunga matahari yang pertama bisa didapat dengan membelinya di toko pertanian atau penjual bibit. Namun apabila menginginkan jenis varietas yang langka maka bisa mencarinya di internet. Untuk jenis varietas kerdil ini sangat cocok ditanam di dalam pot.

Dan cara yang kedua bisa didapat dari tanaman bunga matahari dewasa. Ambil biji yang terdapat dalam bunga matahari tersebut kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es sebentar saja lalu segera lakukan penanaman.

2. Media Tanam Bunga Matahari

Jika ingin menanam bunga matahari di dalam pot maka cara budidaya bunga matahari dalam pot dari kuaci ini perlu diperhatikan.

  • Pilihlah pot yang sesuai dengan ukuran bunga matahari yang ingin ditanam tersebut. Tambahkan alas di bawah wadah agar air di dalam pot dapat ditampung dengan baik.
  • Tambahkan tanah dengan Ph 5,5 dan 7,5 pada lapisan atas. Pastikan tanah yang digunakan mengandung 3% unsur organic.

Selain dapat ditanam di dalam pot bunga matahari juga dapat ditanam di lahan. Pastikan tanah yang akan digunakan untuk menanam bunga matahari dapat mengalirkan air dengan baik. Bila perlu buatlah kotak tanam dari triplek dengan panjang 2.5 meter sebagai tempat pembuangan air. Disarankan menggunakan kayu cemara karena lebih tahan terhadap air.

3. Jarak Tanam Bunga Matahari Yang Ideal

Jarak tanam yang ideal merupakan cara menanam bunga matahari agar cepat berbunga. Buatlah lubang tanam sedalam 2,5 cm dengan jarak antara satu lubang tanam dengan yang lain sebesar 30-45 cm tergantung pada jenis bunga yang dipilih.

Jika bunga matahari yang dipilih berukuran besar maka jarak yang dibutuhkan sebesar 45 cm antar setiap benih. Sedangkan pada bunga matahari berukuran sedang jarak yang dibutuhkan sebesar 30 cm antara setiap benih. Untuk jarak antar baris membutuhkan jarak sekitar 75 cm.

Untuk cara budidaya bunga matahari dalam pot dari kuaci memiliki jarak tanam yang berbeda. Pada masing-masing biji tersebut tanamlah biji kuaci sedalam 2,5 cm dengan jarak tanam sekitar 10-13 cm dari masing-masing biji.

4. Cara Menanam Bunga Matahari

Cara merawat bunga matahari agar cepat berbunga ini tidaklah sulit. Asalkan dilakukan dengan tekun maka hasil panennya nanti akan memuaskan. Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu melakukan pemupukan setelah benih selesai ditanam. Pilihlah pupuk organik kemudian sebarkan pada lingkungan sekitar tanaman bunga matahari agar batang bunga tumbuh lebih kuat.

Jangan lupa untuk menyirami tanaman bunga matahari sebanyak mungkin namun dalam kurun waktu yang sedikit. Berbeda dengan kebanyakan tanaman lainnya yang dapat tumbuh dengan proses penyiraman secara rutin. Bunga matahari ini justru lebih suka disirami air sebanyak mungkin namun jarang. Jika hari ini telah dilakukan penyiraman secara maksimal usahakan besok dan lusanya tidak perlu disiram kembali.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Matahari

Penyebab kegagalan dari cara menanam bunga matahari yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah melakukan pemindahan bunga matahari pada media tanam yang berbeda. Hal tersebut mengakibatkan bunga tidak dapat tumbuh dengan baik.

Hama dan penyakit sering menghinggapi tanaman ini, namun tidak dianjurkan menggunakan bahan kimia untuk sebagai langkah pencegahnnya. Selain itu bunga matahari tidak menyukai cuaca dingin, oleh sebab itu penanaman bunga ini dianjurkan saat musim kemarau saja.

Untuk menghindari benih dimakan oleh burung pengganggu letakkan bulu penutup taman polyspun tepat di kepala bunga matahari.

6. Harga Bibit Bunga Matahari

Cara menanam bunga matahari yang terakhir adalah melakukan penjualan bibit matahari tersebut.

No Kategori Harga
1 Benih sunflower- red sun Rp 10.000
2 Tanaman hias matahari mini Rp 15.000
3 Benih bunga matahari hitam 100 gram Rp 15.000
4 Benih bunga matahari lokal 50 biji Rp 9.450
5 Benih sunflower lemon queen Rp 10.000
6 Benih microgreen sunflower sprout 50 biji Rp 15.000
7 Benih Bunga matahari little leo Rp 12.000

Sumber: https://m.tokopedia.com/hot/bibit-bunga-matahari

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *