Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Gambir

2 min read

cara menanam gambir

Cara menanam gambir yang baik dan benar dimulai dari pemilihan bibit gambir yang berkualitas. Jika dari awal penanaman sudah salah jalan maka hasil akhirnya tidak akan maksimal. Gambir sendiri berasal dari remasan daun dan ranting tanaman Uncaria gambir Roxb.

Pada artikel ini Nonatani akan membahas seputar penanaman gambir. Jadi cara menanam gambir yang baik dan benar harus dipraktekkan dengan runtut untuk mendapatkan hasil yang optimal.cara budidaya tanaman gambir

Cara Menanam Gambir

Manfaat tanaman gambir antara lain sebagai obat diare, obat luka, mengatasi penyakit lambung, mengatasi plak gigi, meningkatkan sistem imun, mencegah penyakit jantung dan kanker kulit. Jika mau menanam gambir sendiri maka kamu bisa menyimak cara menanam gambir berikut ini.

1. Pemilihan Bibit Gambir

Pembibitan gambir bisa dilakukan melalui biji, jadi kamu tinggal memilih tanaman induk yang telah berusia 10-13 tahun dan tinggi rumpunnya mencapai 300 cm. Selain itu ciri-ciri tanaman yang cocok untuk dijadikan bibit adalah tanaman yang memiliki cabang sepanjang 300-500 cm. Dan ciri yang polongnya berwarna hitam kecoklatan. Setelah mendapatkan buah gambir sesuai kriteria di atas, langkah selanjutnya yaitu menjemur buah tersebut hingga polongnya pecah. Dengan begitu biji akan keluar dengan sendirinya.

Bersihkan biji yang terpisah dari buah tersebut lalu simpan pada ruangan yang hampa udara. Kemudian siapkan lahan yang sudah dicampur dengan pupuk kandang sebagai tempat persemaian. Diamkan bibit hingga tumbuh kecambah sebanyak 2-3 helai, setelah itu pindahkan bibit pada lahan tanam yang sesungguhnya.

2. Pengolahan Lahan Budidaya Gambir

Agar pemindahan bibit tidak terhalang oleh bebatuan atau rumput liar maka penyiangan sangat diperlukan. Kemudian lakukan pengajiran dan membuat lubang tanam berukuran 40 x 40 x 40 cm. Setelah pembuatan lubang tanam selesai tunggu selama 15 hari dan barulah setelah 15 hari bibit bisa dipindahkan pada lubang tanam. Selanjutnya timbun bibit menggunakan tanah dan campuran pupuk.

3. Jarak Tanam Gambir Yang Ideal

Penanaman bibit gambir bisa dilakukan pada jarak sekitar 1,5 x 2 m atau 2 x 2 m. Dengan menerapkan jarak tanam yang sesuai dengan anjuran dari cara menanam gambir tersebut akan membantu meminimalisir tingkat kegagalan dan bertani. Pasalnya jarak tanam yang ideal tentu akan bagus untuk pertumbuhan tanaman.

4. Cara Menanam Gambir

Cara menanam gambir sebetulnya hampir sama dengan tanaman lainnya. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah melakukan penyiraman secara rutin. Kemudian perawatan selanjutnya yaitu penyiangan dan penggemburan tanah. Kedua perawatan tersebut harus dilakukan secara intensif selama 3-4 tahun usia tanaman. Agar pertumbuhan tanaman berkembang dengan baik maka kamu bisa memberikan pemupukan susulan menggunakan pupuk organik dan pupuk NPK setiap satu minggu sekali. Namun untuk menghemat biaya perawatan ada alternatif lain selain menggunakan pupuk organik atau NPK.

Alternatif tersebut adalah dengan memanfaatkan ampas ranting dan daun gambir yang berasal dari hasil pengempaan. Untuk penanaman gambir pada lahan miring, melakukan penyiangan dengan membersihkan semak-semak di sekitar areal tanam berguna untuk mencegah terjadinya erosi. Dan perawatan yang terakhir adalah melakukan perundukan agar tanaman tumbuh lebih rimbun, berdaun lebat dan subur. Caranya ikat bagian batang yang mulai tumbuh lalu tarik ke arah bawah sehingga terciptalah sebuah cabang yang baru. Ketika berusia 2 tahun gambir sudah siap panen dan untuk pemanenan selanjutnya ketika gambir berusia 6 bulan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Gambir

Pada umumnya penanaman gambir ini tidak terlalu menyulitkan karena dari proses pembibitan hingga perawatan tidak membutuhkan perlakuan khusus seperti tanaman lainnya. Petani pun tidak melakukan pengendalian hama maupun penyakit karena menurutnya hal tersebut tidak merugikan petani. sehingga produktivitas gambir sepenuhnya bergantung pada kondisi alam pada saat itu. Namun ada 5 jenis serangga yang kerap menyerang tanaman gambir yaitu belalang, ulat kantong, kepik, kutu daun, dan penggulung daun.

Dan yang menyebabkan produktifitas gambir masih rendah kendalanya terdapat pada petani gambir yang masih belum tersentuh oleh teknologi yang sudah tersedia. Sehingga dukungan pemerintah akan teknologi dan informasi kepada petani sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha para petani gambir agar lebih maju.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Gambir

Setelah cara menanam gambir yang cukup panjang itu selesai dilakukan maka tibalah saatnya mengetahui harga bibit dan tanaman gambir itu sendiri. Bagian tanaman gambir yang memiliki nilai ekonomi terletak pada ranting dan daunnya. Kandungan dalam ranting dan daun tanaman gambir memiliki komponen yang berkhasiat bagi tubuh manusia.

Kelompok GambirHargaSumber
Gambir padat ukuran besar isi 100 gRp 22.850https://shopee.co.id/Gambir-padat-ukuran-besar-isi-100g-i.2361873.1856759811
Gambir serawakRp 13.000https://shopee.co.id/GAMBIR-SERAWAK-PADAT-ASLI-HERBAL-i.181956025.5825408517
Gambir serawak cairRp 50.000https://shopee.co.id/Gambir-Serawak-Cair-Gambir-Asli-Kalimantan-Original-Dijamin-Berkualitas!-i.6198994.4314624909
Gambir padat asli kalimantanRp 14.000https://shopee.co.id/Gambir-Padat-Asli-Kalimantan-i.3631857.6214506887

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Daun Dewa

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Adas

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tanaman Toga

Irma Citama Irma Citama
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *