Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Semangka

2 min read

cara menanam buah semangka

Cara menanam buah semangka semakin memiliki banyak peminat. Rasanya yang segar dan manis serta warnanya yang menggoda selera membuat buah semangka semakin populer di kalangan masyarakat. Buah semangka pun memiliki banyak peminat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk itu Nonatani akan membahas secara lengkap seputar penanaman buah semangka yang sedang hits ini. Cara menanam semangka pun cukup mudah dan bisa dilakukan di halaman kosong belakang rumah.

cara budidaya semangka

Cara Menanam Buah Semangka

Mengisi kegiatan liburan dengan melakukan budidaya buah dan sayur memang menyenangkan dan jauh dari kata membosankan. Selain itu mengisi waktu luang dengan cara menanam buah semangka akan memberikan banyak manfaat, seperti mendapatkan ilmu dan pengalaman baru serta menjadi ide bisnis bagi kaum milenial.

1. Pemilihan Bibit Semangka

Sebelum mengetahui cara menanam buah semangka, perlu diketahui bahwa semangka memiliki banyak sekali variestasnya. Dari banyaknya varietas semangka tersebut ada 2 jenis semangka yang lazim dibudidayakan yaitu jenis semangka lokal dan semangka hibrida. Jenis semangka lokal seperti semangka bojonegoro, semangka hitam pasuruan dan semangka batu sengkaling. Sedangkan untuk jenis semangka hibrida yaitu hibrida triploid (tanpa biji) dan hibrida haploid (berbiji).

Setelah mengetahui jenis semangka, maka cara budidaya buah semangka dalam pot adalah memilih bibit yang berkualitas. Untuk menentukan apakah bibit tersebut berkualitas tentu tergantung pada jenis semangka itu sendiri. Ciri-ciri bibit triploid yang berkualitas umumnya memiliki cangkang yang keras, dan untuk jenis bibit haploid adalah kebalikannya. Untuk mendapatkan bibit dengan jaminan yang lebih pasti bisa ditanyakan kepada petani yang telah profesional.

Setelah mendapat bibit berkualitas langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian dengan cara merendam bibit tersebut pada campuran air hangat, hormon tumbuh, fungisida dan bakterisida. Diamkan selama 30 menit lalu tiriskan hingga mengering. Saat bibit berusia 4 minggu maka bibit siap untuk dipindahkan ke lahan budidaya.

2. Pengolahan Lahan Budidaya Buah Semangka

Cara budidaya buah semangka dalam pot bisa saja dilakukan, akan tetapi hal tersebut akan merepotkan karena ketika buahnya tumbuh besar maka harus dipindahkan lagi. Untuk itu melakukan penanaman pada lahan akan lebih praktis dan efektif. Cara yang pertama bersihkan lahan dari bebatuan dan rumput liar, lalu gemburkan tanah untuk meningkatkan aerasi dan draenase tanah. Setelah itu buat bedengan dengan lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm dan kedalamannya berkisar antara 8-10 cm. Sebelum memulai proses penanaman tambahkan pupuk DS : pupuk ZK : pupuk ZA dengan komposisi 28 : 20 : 15 gram.

Sirami lahan tanam sebelum bibit dipindahkan agar tanah lebih lembab dan gembur. Kemudian tanam bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan. Untuk masa panen semangka tergantung cuaca pada wilayah tersebut. Namun ciri-ciri semangka yang siap panen yaitu daunnya mulai layu dan jika dipukul buahnya akan mengeluarkan suara yang berat.

3. Jarak Tanam Buah Semangka Yang Ideal

Jarak tanam dari cara menanam buah semangka dipengaruhi oleh varietas, kondisi lingkungan dan ukuran buah semangka itu sendiri. Untuk buah yang menghasilkan berat hingga 14 kg membutuhkan 1 m jarak tanam antara tanaman di barisan dan 3,5 m jarak setiap baris.

4. Cara Menanam Buah Semangka

Meskipun tanaman ini tidak menyukai kondisi lahan yang basah namun penyiraman harus tetap dilakukan pada pagi dan sore saat musim kemarau. Lakukan penyiangan dengan memotong ranting yang tidak berguna. Selain itu lakukan penyiangan dari gulma agar tidak terjadi perebutan zat hara dalam tanah. Jika terdapat tunas muda yang tidak berguna lebih baik dibuang saja. Cara merawat tanaman semangka inul di polybag dan lahan selanjutnya, berikan pupuk susulan menggunakan pupuk NPK atau pupuk kandang yang sudah difermentasi.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Semangka

Cara merawat tanaman semangka inul di polybag atau di lahan agar terhindar dari hama yang memicu kegagalan dalam budidaya sangatlah penting. Hama yang kerap menyerang semangka salah satunya adalah thrips palmi dengan cara menghisap getah daun. Hama ini akan menyerang saat cuaca sedang panas. Untuk itu perlu kamu perlu melakukan rotasi tanaman dan dengan mengontrol gulma agar tidak menyebar dengan cepat.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Semangka

Semakin besar tentu beratnya akan berpengaruh terhadap harga jualnya. Untuk mendapatkan buah semangka sesuai harga pasar maka kamu harus melakukan cara menanam buah semangka dengan sebaik-baiknya.

Kelompok buah semangka Harga Sumber
Bibit buah semangka merah f1/10 biji Rp 6.330 https://shopee.co.id/biji-benih-bibit-buah-semangka-merah-f1-10-biji-i.10248883.1456224995
Bibit semangka kuning orange legyta f1 Rp 5.000 https://shopee.co.id/Benih-Bibit-Semangka-Kuning-Orange-Legyta-F1-i.9394393.1609849849
Bibit semangka super isi 10 biji Rp 5.000 https://shopee.co.id/Bibit-semangka-Super-isi-10-biji-i.205239392.7447402404
Buah semangka merah non biji Rp 40.000 https://shopee.co.id/Buah-Semangka-Merah-Non-Biji-Murah-Buah-Segar-dan-Manis-i.59312661.986046709
Semangka inul segar Rp 24.900 https://shopee.co.id/Buah-Semangka-Merah-Non-Biji-Murah-Buah-Segar-dan-Manis-i.59312661.986046709

 

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Buah Matoa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Buah Duku

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *