Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Melon

2 min read

cara menanam buah melon

Cara menanam buah melon memang memiliki banyak peminat. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini disukai oleh semua khalayak. Selain bisa dimakan secara langsung, buah melon juga bisa diolah menjadi salad, rujak, jus, es buah, dan lain-lain.

Kali ini Nonatani akan membahas cara budidaya buah Melon. Mulai dari pemilihan bibit, cara mempersiapkan laha, cara menanam buah melon hingga penyebab kegagalan dan harga akan dibahas secara lengkap, meskipun belum secara mendetail.cara budidaya melon agar cepat berbuah dan subur

Cara Menanam Buah Melon

Buah melon memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kadar lemak yang terkandung pada buah melon pun cukup rendah sehingga bisa dikonsumsi kapan saja. Manfaat dari buah melon mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata dan organ pencernaan, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Jika tertarik mencoba, inilah cara menanam buah melon yang baik dan benar.

1. Pemilihan Bibit Buah Melon

Untuk mendapatkan hasil buah melon yang berkualitas, pilihlah benih yang berasal dari benih hibrida dengan tingkat kemurnian minimal 95%. Usahakan bibit tidak dalam kondisi kadaluarsa, benih dalam kondisi sehat, tidak cacat, serta memiliki daya berkecambah minimal 80%. Jika sudah mendapatkan benih buah melon, langkah selanjutnya adalah melakukan persemaian. Caranya :

  • Rendam benih pada POC GDM yang telah dicampur dengan air hangat bersuhu 45-50⁰ C. Biarkan selama 5 jam untuk mencegah penyakit tular benih.
  • Setelah itu tiriskan benih dan peram pada kain bersih selama 2 hari.
  • Jika calon akar sudah mulai tumbuh, pindahkan pada media semai baik itu pot maupun polybag. Cara budidaya melon dan perawatannya di pot yang baik dan benar yaitu, masukkan bokashi, kompos, dan cocopeat pada media semai lalu tanam benih pada media semai tersebut.
  • Untuk menjaga kelembapan, sirami media semai menggunakan POC GDM + Black Bos tiap 6 jam kemudian tutup menggunakan daun pisang. Letakkan di tempat yang teduh dan lembab.
  • Setelah berumur 2 hari, bibit akan mulai berkecambah. Pada saat itu letakkan bibit di tempat yang terkena sinar matahari untuk menunjang pertumbuhannya. Jika sudah tumbuh 4 daun sejati, maka bibit sudah siap dipindahkan ke lahan.

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Cara menanam buah melon harus dilakukan dengan tepat agar hasil panennya memuaskan. Karena tanaman ini menyukai lahan yang gembur, jadi lakukan penggemburan tanah sedalam 20 cm. Setelah itu taburi dengan GDM SAME, untuk menjaga kesehatan tanah dan mencegah penyakit tular tanah semprotkan GDM Black Bos.

Selanjutnya buat bedengan berukuran 100 x 20 x 50 cm. Lalu tutup bedengan menggunakan mulsa untuk menjaga kelembapan tanah dan mencegah gulma maupun hama.

3. Jarak Tanam Melon Yang Ideal

Jarak tanam buah melon yang baik yaitu berkisar antara 70 x 60 cm, kamu perlu membuat lubang di atas plastik mulsa yang telah dibuat sebelumnya. Setelah 10 hari dari masa persemaian cara budidaya melon dan perawatannya di pot yang baik dan benar, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan. Setelah dipindahkan, siram bibit dengan GDM Bos agar tanaman tidak stress.

4. Cara Menanam Buah Melon

Waktu yang disarankan untuk menanam bibit melon adalah di awal musim kemarau, karena pada saat itu tanaman akan mendapat supplai sinar matahari yang maksimal sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Lokasi tanamnya pun harusnya di daerah yang sistem pengairannya memadai dan tidak berangin kencang. Cara merawat tanaman melon di polybag agar cepat berbuah selanjutnya, berikan ajir untuk menopang tanaman. Agar tanaman tidak terluka, pasang ajir 3 hari dari masa pemindahan bibit. Kemudian berikan pupuk susulan menggunakan POC GDM agar unsur hara makro dan mikronya tetap terpenuhi.

Semprotkan secara rutin setiap 5 hari sekali. Saat melakukan penyiraman pun harus dilakukan dengan teknik yang tepat, selama 1 minggu lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Setelah itu penyiraman bisa dikurangi setiap 2 hari sekali. Saat musim hujan tiba, usahakan tanaman terhindar dari genangan. Oleh sebab itu diperlukan sistem drainase yang baik untuk menghindari hal tersebut. Buah melon bisa dipanen ketika berumur 3 bulan dengan ciri-ciri kulit buahnya berwarna hijau kekuningan dan teksturnya sedikit lunak.

5. Penyebab Kegagalan Menanam Buah Melon

Cara menanam buah melon tidak bisa terhindarkan dari jamur atau bakteri pathogen yang menyebabkan tanaman menjadi layu dan busuk. Namun dengan rutin menggunakan POC GDM pada saat merawat tanaman akan membuat jamur dan bakteri enggan menyerang. Pemasangan yellow trap yang ramah lingkungan merupakan cara merawat tanaman melon di polybag agar cepat berbuah agar terhindar dari hama sehingga buah tetap aman dikonsumsi.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Buah Melon

Harga bibit dan buah melon bisa berubah dikarenakan harga jual bergantung pada jumlah permintaan dan juga kualitas buah. Untuk mencapatkan buah yang unggul lakukanlah cara menanam buah melon dengan memperhatikan teknik perawatannya.

Kelompok buah melon Harga Sumber
Benih melon F1 sisca 10 gram Rp 145.000 https://www.tokopedia.com/find/benih-bibit-melon
Benih buah melon golden Rp 23.500 https://www.tokopedia.com/find/benih-bibit-melon
Buah melon madu manis Rp 33.000 https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=buah%20melon
Buah melon hijau madu Rp 36.000 https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=buah%20melon

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Buah Matoa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Buah Duku

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *