Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kacang Tanah

2 min read

cara menanam kacang tanah

Cara menanam kacang tanah sebenarnya tidak sulit seperti yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Namun meskipun terbilang sangat mudah kamu tetap perlu panduan cara budidaya kacang tanah umur panen pendek yang menghasilkan panen berlimpah ruah. Kali ini Nonatani akan membahas tips supaya harapan kamu bertanam di pekarangan rumah dengan hasil banyak bisa dicapai.

Setidaknya ada ada 6 hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan cara menanam kacang tanah. Nantinya, bagi pecinta kacang, menanam kacang tanah bisa untuk konsumsi pribadi. Meskipun sebenarnya kacang tanah juga memiliki pasar yang cukup bagus sehingga dapat juga digunakan sebagai ladang usaha.cara budidaya kacang tanah di polybag agar berbuah banyak

Cara Menanam Kacang Tanah

Cara menanam kacang tanah ini perlu dipelajari akan mendapat hasil panen yang bagus. Hal-hal yang perlu diketahui diantaranya adalah pemilihan bibit unggul, syarat tumbuh kacang tanah untuk meminimalisir tingkat kegagalan, persiapan media tanam, teknik perawatan yang baik dan benar agar mendapat hasil panen yang juga bagus.

1. Pemilihan Bibit Kacang Tanah yang Baik

Cara menanam kacang tanah yang pertama adalah memilih jenis bibit unggul, bagus dan sehat. Hal tersebut dapat dilihat dari warna bibitnya yang berwarna coklat kehitaman serta tidak terdapat selaput ketika dibukanya cangkang bibit tersebut.

2. Persiapan Media Tanam Kacang Tanah dan Pemupukan

Cara budidaya kacang tanah umur panen pendek selanjutnya adalah mempersiapkan media tanamnya. Cara persiapan lahan tersebut adalah:

  • Melakukan penggemburan tanah. Hal tersebut dapat dilakukan secara manual menggunakan cangkul atau pembajakan menggunakan hewan ternak. Untuk mengantisipasi terjadinya pergantian musim secara mendadak, buatlah drainase untuk menghindari tergenangnya air. Selain itu buat juga bedengan selebar 80-100cm dan setinggi 20-30cm.
  • Berikan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 1-2 ton per hektar lalu diamkan selama kurang lebih 5 hari.
  • Tambahkan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 10 ton per hektar.

3. Jarak Tanam Kacang Tanah yang Ideal

Cara menanam kacang tanah yang selanjutnya adalah mengatur pola jarak tanam yang ideal bagi tanaman kacang tanah tersebut. Jarak tanam kacang tanah agar berbuah banyak ini memiliki strategi tersendiri yang bisa dicoba.

Setelah mendapat benih yang bagus sesuai ciri-ciri di atas, rendam benih terlebih dahulu. Kemudian buatlah lubang dengan kedalaman 3 cm sedangkan untuk jarak tanamnya sendiri yaitu berukuran 40 x 20 cm atau 40 x 10 cm. Dengan memperhatikan jarak tanam kacang tanah agar berbuah banyak tersebut kemungkinan besar akan membawa hasil panen yang baik.

4. Cara Menanam Kacang Tanah agar Berbuah Banyak

Cara perawatan budidaya kacang tanah umur panen pendek tentu sangat berpengaruh bagi hasil panen nantinya. Proses perawatan kacang tanah ini tentu harus dilakukan dengan telaten dan rutin seperti melakukan proses penyiraman dan pemupukan pada tanaman tersebut.

  • Penyiraman
  • Awal perawatan kacang tanah dilakukan setelah memasuki umur 4-7 hari.
  • Jika ada bibit yang tidak tumbuh atau tumbuh dengan tidak normal segera singkirkan dan ganti dengan bibit yang baru.
  • Penyiraman dilakukan rutin 2 kali sehari agar bibit dapat tumbuh dengan serempak.
  • Ketika musim hujan tiba, intensitas penyiraman bisa dikurangi agar pasokan air tidak berlebihan. Perhatikan juga apakah system drainase berjalan dengan baik atau tidak.
  • Pemupukan
  • Semprot tanaman kacang tanah pada bagian bawah daun setiap satu minggu sekali menggunakan pupuk cair.
  • Pupuk cair dinilai lebih mampu mencegah datangnya penyakir yang disebabkan oleh hama.
  • Penyiangan
  • Jangan lupa untuk melakukan penyiangan dari tanaman pengganggu agar tanaman kacang tanah dapat tumbuh dengan sempuna.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Kacang Tanah

Cara menanam kacang tanah yang baik adalah dengan mengetahui syarat tumbuh tanaman kacang tanah. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir tingkat kegagalan yang akan terjadi saat telah terjun di lapangan. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kegagalan:

  • Kesalahan dalam memilih media tanam. Kacang tanah ini menyukai tanah yang gembur jadi alangkah lebih baik jika menggunakan bahan yang tinggi akan kandungan organic sebagai media tanamnya.
  • Memiliki suhu yang cukup rendah. Kacang tanah dapat tumbuh dengan baik pada wilayah di dataran rendah dengan suhu tinggi dengan begitu pasokan air pada tanah tidak akan berlebihan.
  • Kesalahan dalam pemilihan musim. Menanam kacang tanah saat musim hujan justru akan memperbesar resiko kegagalan. Jadi lebih baik menanam kacang tanah saat musim kemarau saja.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kacang Tanah

Cara menanam kacang tanah yang terakhir adalah melakukan pemanenan dan menentukan harga jual. Biasanya ciri-ciri tanaman kacang tanah yang sudah siap panen memiliki batang yang keras, warna polong pun sediki coklat kehitaman, warna daun yang mulai menguning dan banyak dedaunannya yang gugur, serta tekstur polong kacang tang yang mengeras dan terasa penuh ketika dipegang.

Untuk harga bibit kacang tanah sendiri adalah,

  • Benih kacang tanah super Rp 84.000
  • Benih kacang tanah belang giant striped peanut Rp 1.500
  • Bibit tanaman kacang tanah per 25 biji Rp 12.600
  • 100 gram bibit kacang tanah Rp 9.500
  • Biji benih kacang kapri tanah Rp 1.500
  • 250 gram bibit benih kacang tanah Rp 12.500
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Padi

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ubi Jalar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Wortel

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *