Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Seledri

2 min read

cara menanam seledri

Cara menanam seledri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, sekalipun seledri sendiri tergolong sebagai tanaman yang lumayan rewel. Tanaman seledri biasanya tumbuh pada musim semi atau musim gugur. Jika kebutuhan seledri terpenuhi maka penanamannya akan mudah untuk dilakukan.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya seledri. Mulai dari pemilihan bibit, cara persiapan lahan, jarak tanam, cara menanam seledri hingga penyebab kegagalan dan harga akan dibahas secara lengkap meskipun tidak detail.cara budidaya seledri di pot agar tumbuh subur

Cara Menanam Seledri

Seledri atau Apium graveolens tegolong sebagai keluarga Umbelliferae. Tanaman seledri yang kaya akan oksidan ini memiliki berbagai manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mampu menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri sendi, mencegah pertumbuhan kanker, mampu menurunkan berat badan perlahan, dan masih banyak lagi. Cara menanam seledri adalah sebagai berikut.

1. Pemilihan Bibit Seledri

Dalam melakukan perbanyakan tanaman seledri terdapat 2 cara yaitu menggunakan metode generatif (biji) atau vegetatif (anakan). Untuk penanaman skala luas pada umumnya menggunakan metode generatif sedangkan penanaman metode vegetatif lebih disarankan untuk penanaman skala kecil. Kamu bisa mendapatkan biji seledri di toko online atau kios pertanian, kemudian masuk tahap persemaian dengan langkah berikut ini:

  • Rendam menggunakan air hangat kuku (50-60⁰ C) selama 1 jam.
  • Siapkan bedengan atau baki yang sudah diisi dengan tanah : kompos berdosis 2 : 1.
  • Naungi tempat persemaian menggunakan plastik bening agar biji terhindar dari kucuran air.
  • Berikan alur garitan dengan kedalaman 0,5 cm dan jarak antar alurnya 10-20 cm. Tebar benih di atas alur tersebut setelah itu uruk dengan tanah tipis saja lalu siram secukupnya.
  • Sirami secara rutin setiap pagi dan sore dengan air secukupnya. Setelah 1 bulan daun akan mulai muncul itu tandanya bibit sudah siap dipindahkan.

Sedangkan cara budidaya daun seledri di pot agar tumbuh subur menggunakan metode vegetatif yaitu, pilihlah batang tanaman seledri berukuran besar dan segar, kemudian potong sepanjang 5 cm dari bagian ujung. Lalu masukkan batang tanaman ke botol, gelas atau mangkok bekas yang sudah diisi dengan air. Usahakan agar setengah bagian saja yang terendam air, kemudian letakkan di tempat yang cahayanya baik dan suhu nya tidak panas saat siang hari.

2. Pengolahan Lahan Budidaya Seledri

Cara menanam seledri selanjutnya yaitu memindahkan bibit seledri ke pot. Isi media tanam dengan tanah : kompos : arang sekam dengan dosis 1 : 1 : 1. Campur semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Namun jika kamu kesulitan menemukan arang sekam, alternatifnya adalah sekam padi, jerami padi, atau serbuk gergaji. Usahakan kondisi media tanam tetap lembab namun tidak terlalu basah.

JJika digunakan untuk keperluan komersial tentu membutuhkan lahan yang luas. Jadi cangkul lahan tanam sedalam 30 cm, tunggu sampai 15 hari. Buat bedengan selebar 80-100 cm, tinggi 30 cm, untuk panjangnya bisa menyesuaikan. Berikan pupuk kandang sebanyak 10-20 ton/ha. Buat juga parit di setiap bedengan.

3. Jarak Tanam Seledri Yang Ideal

Jarak tanam yang ideal bagi tanaman seledri yang ditanam di lahan luas yaitu 30-40 cm. Sedangkan untuk cara budidaya daun seledri di pot agar tumbuh tanam bibit di bagian tengah pot.

4. Cara Menanam Seledri

Cara menanam seledri selanjutnya, lakukan penyulaman tanaman jika sudah berusia 7-15 hari. Setelah itu disusul dengan proses penyiangan, penggemburan dan pemupukan ulang setelah tanaman memasuki usia 2 minggu. Berikan pemupukan susulan dengan mencampurkan 200 liter air dan 2-3 kg pupuk NPK, kemudian siramkan pada jarak 20 cm dari batang tanaman seledri. Pemupukan susulan ini bisa diulangi setiap 2 minggu sekali.

Satu minggu dari usia tanam, lakukan penyiraman 2x sehari agar cara merawat tanaman seledri di polybag di dataran rendah bisa lebih optimal. Semakin dewasa tanaman maka intensitas penyiraman bisa dikurangi. 1-3 bulan pasca tanam tanaman seledri sudah siap dipanen yang ditandai dengan tumbuh banyak daun dan anakan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Seledri

Cara merawat tanaman seledri di polybag di dataran rendah bisa saja untuk dilakukan, namun tanaman seledri lebih cocok jika dibudidayakan pada ketinggian 1000-1200 m dari permukaan laut. Selain itu seledri tidak bisa tumbuh optimal jika terkena curah hujan yang tinggi. Agar pertumbuhan tanaman maksimal, tanam di tanah dengan pH 5,5-6,5.

Selain itu hama yang sering menyerang tanaman seledri adalah ulat tanah, kutu, keong dan tunggau. Dan jenis penyakit yang biasanya terjadi adalah cercospora, virus aster yellow, dan bercak septoria. Jika hama dan penyakit yang menyerang tidak bisa ditangani secara manual, disarankan untuk mengatasinya menggunakan pestisida organik.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Seledri

Harga bibit merupakan cara menanam seledri yang terakhir. Tanaman seledri merupakan tanaman yang rewel dibudidayakan, sehingga untuk mendapatkan harga yang sebanding usahakan agar mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Kelompok Seledri Harga Sumber
Seledri stick Rp 17.500 https://www.tokopedia.com/find/sayur-seledri
Benih biji sayuran seledri unggul Rp 11.000 https://www.tokopedia.com/find/sayur-seledri
Bibit tanaman seledri Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/find/sayur-seledri
Daun seledri 1 ikat Rp 6.000 https://www.tokopedia.com/find/sayur-seledri

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Porang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Daun Bawang

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Selada

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *