Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Cengkeh

2 min read

cara menanam cengkeh

Cara menanam cengkeh adalah teknik penanaman yang bisa dilakukan oleh kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Karena memiliki banyak manfaat maka tak heran jika cengkeh banyak diburu masyarakat. Agar dapat tumbuh subur, maka dari awal proses penanaman hingga perawatan harus benar-benar diperhatikan.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya cengkeh. Panduan ini sederhana tetapi cukup lengkap karena meliputi dari pemilihan bibit, persiapan lahan budidaya, cara menanam cengkeh hingga penyebab kegagalannya.cara budidaya cengkeh agar cepat berbuah banyak dan subur

Cara Menanam Cengkeh

Cengkeh berasal dari kuncup bunga yang dihasilkan dari proses pengeringan. Cengkeh memiliki manfaat yang cukup beragam yaitu, menyehatkan jantung, melancarkan pencernaan, antioksidan, mengobati sakit gigi, dan masih banyak manfaat lainnya. Jika tertarik untuk membudidayakan cengkeh, perhatikan cara menanam cengkeh di bawah ini.

1. Pemilihan Bibit Cengkeh

Cara menanam cengkeh yang pertama adalah memilih bibit cengkeh dengan kualitas terbaiknya. Untuk memperbanyak cengkeh bisa dilakukan melalui tanaman cengkeh yang kamu miliki. Akan tetapi jika menginginkan cara praktis, kamu bisa membeli bibit cengkeh di kios maupun toko online. Untuk memperbanyak bibit dan tanaman indukan, pilihlah tanaman yang sudah tua, biasanya berwarna ungu kehitaman.

Jika sudah mendapat cengkeh sesuai kriteria, teknik budidaya tanaman cengkeh agar cepat berbuah adalah dengan mengupas kulit buah cengkeh secara perlahan. Lalu keluarkan biji-biji di dalam buah, seleksi biji yang terlalu kecil dan terdapat bercak hitam. Pilihlah biji yang seukuran dengan kondisi sehat, kemudian rendam selama 24 jam. Selanjutnya cuci biji hingga lendirnya hilang. Sebelum ditanam pada lahan, bibit cengkeh perlu disemai terlebih dahulu.

  • Masukkan tanah : pupuk kandang dengan dosis 2 : 1 ke dalam pot.
  • Lubangi bagian tengahnya lalu masukkan bibit cengkeh kedalamnya.
  • Tutup dengan tanah, lalu padatkan.
  • Sirami dengan air secukupnya.
  • Simpan bibit di tempat yang aman dan tidak terkena angin kencang serta mendapat sinar matahari sekitar 25%.
  • Pantau pertumbuhan cengkeh dalam pot. Pemindahan bibit bisa dilakukan saat cengkeh berumur 2 tahun.

2. Pengolahan Lahan Budidaya Cengkeh

Selanjutnya masuk ketahap cara pembibitan cengkeh yang baik dan benar agar tumbuh subur. Pengolahan lahan bisa dilakukan 2 bulan sebelum pemindahan dilakukan.

  • Pilihlah lahan yang terkena sinar matahari secara langsung. Kemudian bersihkan wilayah sekitar tanam dari gulma maupun bebatuan.
  • Gemburkan lahan dengan cara mencangkul maupun menggunakan mesin dengan kedalaman 75 cm.
  • Biarkan selama 1 minggu agar tanah lebih steril sebelum akhirnya siap digunakan.
  • Buatlah lubang tanam selebar 50 cm lalu berikan pupuk kandang ke dalam lubang tanam.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 bulan agar pupuk dapat meresap maksimal.

3. Jarak Tanam Cengkeh Yang Ideal

Untuk menentukan jarak tanam agar cara pembibitan cengkeh yang baik dan benar tumbuh subur dibedakan sesuai kondisi lahan. Jika lubang tanam berukuran 30 x 0 x 10 cm maka jarak tanam yang dianjurkan adalah 70 x 70 cm, akan tetapi ada juga yang menggunakan jarak tanam berukuran 50 x 50 cm. Namun untuk kondisi lahan yang miring sebaiknya jarak tanamnya berkisar 6 x 7 m dan pada tanah datar berkisar 7 x 8 m. Jika menginginkan hasil produksi yang optimal, gunakanlah jarak tanam berukuran 8 x 8 m dengan lubang tanam sedalam 50 cm.

4. Cara Menanam Cengkeh

Teknik budidaya tanaman cengkeh agar cepat berbuah yaitu dengan memperhatikan perawatan tanaman cengkeh. Sebetulnya perawatan tanaman cengkeh cukup sederhana dan tidak membutuhkan tenaga yang ekstra. Perawatan tersebut bisa dilakukan dari melakukan penyiangan dengan membersihkan gulma di bagian wilayah tanam. Kemudian berikan pupuk susulan selama 4 bulan sekali menggunakan pupuk kandang, lalu agar terhindar dari hama semprotkan insektisida.

Dilanjutkan dengan memberikan penyiraman secara rutin di awal tahun penanaman agar pertumbuhannya lebih cepat, dan menghasilkan batang yang kokoh dan kuat serta cepat berbuah. Setiap satu bulan sekali areal penanaman cengkeh bisa digemburkan untuk memulihkan sirkulasi udara dan nutrisi dalam tanah. Pemanenan cengkeh bisa dilakukan saat cengkeh berusia 5 tahun, namun sekalinya panen akan menghasilkan produksi yang berlimpah.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Cengkeh

Cara menanam cengkeh bisa digagalkan sekitar 10-25% akibat ulah hama penggerek yang menyerang batang, cabang dan ranting. Hama tersebut menyebabkan daun berwarna kekuningan dan layu. Pengendaliannya dengan menggunakan insektisida yang dimasukkan ke dalam lubang gerekan lalu tutup dengan pasak kayu.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Cengkeh

Sejauh ini harga cengkeh masih stabil karena jumlah permintaan dan jumlah stok masih seimbang. Selain itu cengkeh bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama namun kualitasnya akan tetap terjaga. Untuk itu cara menanam cengkeh perlu dibaca dan dipraktekan dengan teliti.

Kelompok cengkeh Harga Sumber
Cengkeh kering 1 kg Rp 85.000 https://www.tokopedia.com/find/cengkeh-kering/c/jawa-barat
Cengkeh kering 500 gram Rp 35.000 https://www.tokopedia.com/find/cengkeh-kering/c/jawa-barat
Bibit pohon cengkeh zanzibar Rp 15.000 https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=bibit%20cengkeh
Bibit cengkeh unggul si putih dan si kotok Rp 9.000 https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=bibit%20cengkeh

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Temulawak

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Kayu Manis

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Merica

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *