Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bayam

2 min read

Cara menanam bayam yang merupakan sayuran yang kaya akan kandungan zat besi, vitamin A, vitamin C, asam folat, potassium dan thiamin. Selain dijadikan sayur, bayam juga berkhasiat sebagai obat karena bayam mampu mencegah sel kanker, meningkatkan energi tubuh, menyehatkan organ pencernaan dan jantung.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman bayam agar tumbuh subur dan cepat panen di lahan sempit seperti Polybag atau pot. Cara menanam bayam ini memang diperuntukkan bagi kamu yang masih pemula.cara menanam bayam

Cara Menanam Bayam

Cara menanam bayam bisa dilakukan di pekarangan rumah, pot/polybag, selain itu cara menanamnya juga bisa menggunakan teknik hidroponik. Karena sayuran ini terasa menyegarkan saat dikonsumsi sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menyukai tanaman bayam tersebut.

1. Pemilihan Bibit Bayam

Bibit bayam yang berkualitas bisa didapat melalui toko atau kios pertanian khusus yang menjual bibit sayuran. Selain membeli di kios pertanian, cara menanam bayam bibit juga bisa didapat melalui tanaman bayam yang sudah dewasa kemudian memperbanyaknya menggunakan metode stek.

Dalam memilih bibit bayam pastikan bahwa bibit berasal dari induk yang berualitas dengan kemampuan berkecambah sebesar 90% serta benar-benar bebas dari hama. Bayam memiliki berbagai macam jenis seperti jenis bayam petik, bayam cabut, dan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah jenis bayam merah dan bayam hijau.

2. Persiapan Lahan Budidaya Bayam

Tanah yang cocok digunakan untuk menanam bayam adalah tanah dengan pH netral yaitu pH 6-7. Untuk mengetahui berapa pH yang terkandung dalam tanah bisa menggunakan alat khusus yang bernama pH meter. Namun harganya cukup mahal bisa mencapai Rp 300.000 sehingga para petani kecil memanfaatkan kunyit, kertas lakmus atau kubis merah untuk mengecek pH tanah.

Cara menanam bayam selanjutnya masukkan tanah dan pupuk kompos dengan komposisi 1 : 1 ke dalam pot atau polybag hingga mengisi setengah bagian wadah. Lalu sirami campuran bahan dengan sedikit air, bila perlu tambahkan larutan EM4. Setelah itu taburkan 2 hingga 3 bibit di atas campuran bahan, kemudian tambahkan tanah dan pupuk di atasnya dengan ketebalan 2 cm.

3. Jarak Tanam Bayam Yang Ideal

Cara budidaya bayam cabut di pot bisa dipindahkan ke media tanam setelah melakukan penyemaian bibit. Namun dalam kebanyakan kasus para petani bayam lebih suka menanamnya langsung di lahan, karena tanaman yang dipilih berjenis hibrida. Jika ditabur secara langsung buatlah barisan memanjang dengan kedalaman 2,5 cm hingga 3 cm.

4. Cara Menanam Bayam

Tanaman bayam ini menyukai tempat yang terkena sinar matahari, jadi akan lebih baik jika menaruhnya di tempat yang  terpapar sinar matahari agar pertumbuhannya semakin cepat. Hindari lokasi yang berpotensi terkena angina kencang dan hujan deras karena mengakibatkan batang tanaman roboh dan layu.

Cara merawat tanaman bayam potong di polybag ini mudah, lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari dengan kuantitas air sesuai kebutuhan. Dan yang paling penting adalah memberikan tambahan pupuk kompos atau pupuk kandang setiap seminggu sekali. Penggunaan pupuk kimia juga bisa digunakan jika tidak menemukan pupu organik. Sebarkan pupuk di atas tanaman bayam kemudian siram.

Cara budidaya bayam cabut di pot telah memasuki tahap terakhir yaitu masa panen. Pada masa panen bayam cabut ketika tanaman sudah memasuki usia 20 hingga 25 hari. Jika lupa menandai umur tanaman maka bisa dilihat dari tinggi tanaman setinggi 20 cm dari permukaan tanah. Sedangkan untuk bayam petik dapat dipanen ketika berusia 30-40 hari dengan melakukan pemetikan setiap seminggu sekali.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bayam

Penyebab kegagalan cara merawat tanaman bayam potong di polybag adalah tanaman dan binatang pengganggu yang kerap menyerang tanaman bayam. Oleh sebab itu penting sekali memperhatikan kondisi tanaman, bila sudah terlihat ada daun yang dimakan ulat meskipun hanya sedikit langsung semprot dengan pestisida.

Disarankan menggunakan pestisida nabati ataupun organik, namun jika tidak menemukan pestisida organik maka bisa menggunakan pestisida kimia yang penggunaannya harus mengikuti anjuran yang tertera.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Bayam

Hasil panen yang bagus tentu akan berpengaruh terhadap harga jualnya di pasaran. Jika bayam terlihat sehat dan segar maka harga yang dibandrol akan lebih mahal untuk menutupi biaya perawatan cara menanam bayam.

Kelompok Harga Harga Bayam (Rp) Sumber
Benih bayam batik navi red 10 gram 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam hijau Richie 10 gram 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam Maryland 10 gram 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam merah abbang 20 gram 20.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam merah gress bisi 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam hijau loli bissi 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam belang toto bissi 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam amarin 50 gram 20.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam merah rescha 10 gram 15.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam amarin 500 gram 55.000 https://bibitbunga.com/
Benih bayam belang 500 gram 60.000 https://bibitbunga.com/

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kembang Kol

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Okra

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Brokoli

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *