Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Investasi Crowde

2 min read

review investasi crowde

Cara Investasi Crowde merupakan salah satu jenis platform yang ada di Indonesia dan bergerak khusus di bidang agrikultur. Crowde berdiri sudah cukup lama lebih tepatnya pada September 2015 yang tujuan didirikannya investasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani mendapat permodalan yang mudah, cepat dan tepat.

Nonatani akan membahas tentang investasi di paltform Crowde. Disclaimer on ya: Nonatani mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber. Semoga esok lusa Nonatani bisa mencoba cara investasi Crowde sendiri.pengalaman investasi di crowde ojk penipu

Cara Investasi Crowde

Untuk kamu yang berlum pernah merasakan pengalaman investasi di crowde maka artikel ini akan membahas tuntas mulai dari latar belakang berdirinya platform ini, kelebihan, kekurangan, testimoni pelanggan dalam investasi crowde dan masih banyak lagi. Dan pertanyaan yang paling sering muncul di kalangan masyarakat yang belum mengenal crowde adalah, “apakah crowde penipu?”

1. Latar Belakang Cara Investasi Crowde

Yohanes Sugihtono yang merupakan CEO investasi Crowde ini bermaksud memberikan peluang bagi petani di Indonesia agar terhindar dari tengkulah atau lintah darat yang sering memanfaatkan petani kecil dengan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Dengan hadirnya Crowde diharapkan tidak ada lagi kejadian yang merugikan petani kecil sehingga kesejahteraan petani dapat ditingkatkan sedikit demi sedikit. Dengan dana minimal investasi sebesar Rp 10 ribu maka investor sudah bisa ikut andil dalam proyek yang dijalankan oleh Crowde.

2. Variasi Pinjaman Crowde

Variasi pinjaman merupakan faktor penting yang perlu diketahui sebelum memutuskan terjun ke dalam dunia investasi. Pasalnya variasi pinjaman ini dapat meminimalisir resiko yang bisa terjadi, dan juga mampu membantu investor dalam menyusun rencana keuangannya.

Tidak semua pinjaman berkaitan dengan kegiatan pertanian, karena terdapat perbedaan daerah dan juga kegiatan seperti penjualan, penunaian, pemupukan, dan logistik transportasi.

Jika dilihat dari tenor yang ditawarkan, crowde menawarkan tenor mulai dari 2 minggu hingga 4 bulan dengan bunga sebesar 12% hingga 30% pertahunnya.

3. Kekurangan Cara Investasi Di Crowde

Setiap platform yang didirikan oleh manusia tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam dunia investasi ada baiknya mengetahui seluk beluk Crowde karena Crowde memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini:

  • Meskipun sudah ada petugas customer service sayangnya masih banyak masalah teknis yang belum terselesaikan sehingga membuat pelanggan merasa jengkel karena kelambatan respon tim CS.
  • Interface yang masih cukup membingungkan dengan banyaknya istilah-istilah yang tidak diketahui oleh kebanyakan pelanggan Crowde.
  • Banyak masalah teknis yang terjadi di website.
  • Tidak ada jaminan yang diberikan oleh Crowde apabila terjadi kegagalan dalam proyek.
  • Bunga yang ditetapkan sangat tinggi sebesar 12% hingga 30% setiap tahunnya.
  • Dalam satu kelompok biasanya Crowde memiliki paguyuban sendiri yang secara kompak melakukan peminjaman. Jadi apabila salah satu diantara anggota tersebut bermasalah tentu anggota lainnya juga ikut bermasalah dan sudah terbukti kebenarannya.

4. Kelebihan Investasi Di Crowde

  • Pada dasarnya jenis investasi Crowde ini bergerak khusus di bidang pertanian. Akan tetapi pada nyatanya pinjaman yang disediakan tidak ada kaitannya antara satu sama lain. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya perbedaan daerah dan kegiatan sehingga munculnya diversifikasi.
  • Jenis investasi Crowde ini berbeda dengan platform lainnya karena Crowde lebih focus dalam microactivity seperti aktivitas pengadaan barang, pengolahan bahan baku, pengiriman sayur, dan lain-lain. Semakin banyak aktivitas yang terjadi maka jumlah pinjaman menjadi lebih banyak lagi.
  • Merupakan suatu produk investasi syariah
  • Pinjaman yang ditawarkan oleh Crowde memiliki tenor yang singkat yaitu 3 bulan saja sehingga bisa likuid. Hal ini sangat jarang ditemukan pada jenis investasi yang bergerak di bidang pertanian.
  • Sangat cocok bagi investor yang memiliki modal minim karena minimal dana invesati sebesar Rp 10 ribu saja.

5. Apakah Crowde Penipu?

Investasi Crowde sebenarnya sudah terdaftar dan diawasi secara langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) namun jika dilihat dari banyaknya keluhan yang dialami para pelanggannya, tentu hal tersebut mempengaruhi kredibilitas platform investasi crowde penipuan.

Kendati demikian tim Crowde sempat memberikan klarifikasi terkait keluhan pelanggannya. Mayoritas semua masalah tersebut terjadi akibat hal-hal yang tak terduga sebelumnya seperti masalah gagal panen, adanya bencana alam, tanaman terserang hama, petani meninggal dunia, dan masih banyak lagi lainnya. Kerugian yang dialami investor tersebut menyebabkan banyak yang berasumsi Crowde penipuan.

6. Testimoni Dari Pelanggan Crowde

Pengalaman investasi di crowde menjadi pengalaman penting yang bisa dibagi ke masyarakat lainnya. Salah satu pelanggan Crowde ini memiliki masalah terkait kinerja tim Crowde. Bahkan pelanggan tersebut sudah bertemu dengan representative Crowde, sayangnya tidak ada titik temu terkait permasalahan yang sedang terjadi.

Parahnya tim representative Crowde tersebut tidak mampu meyakinkan pelanggan agar tetap mempercayai Crowde sebagai tempat investasi yang baik. Terkait apakah Crowde penipu bisa disimpulkan oleh pembaca dengan melihat lebih jauh review yang mampu dijabarkan oleh pelanggan lain. Disamping itu Crowde tetap memiliki beberapa kelebihan yang cukup baik.

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Aplikasi Pertanian

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Sayurbox

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *