Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Vitamin B1 Untuk Tanaman

2 min read

vitamin b1 untuk tanaman

Vitamin b1 untuk tanaman merupakan nutrisi tambahan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Vitamin b1 berperan dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Energi yang dihasilkan akan memacu terjadinya pertumbuhan tanaman seperti pembelahan sel, pembentukan jaringan baru, dan pertumbuhan akar.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang salah satu vitamin yang di butuhkan tanaman. Pembahasan vitamin b1 untuk tanaman ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tanpa basa-basi lagi, yuk segera simak agar kamu paham.

cara menggunakan vitamin b1 pada tanamanVitamin B1 Untuk Tanaman

Mendapatkan vitamin b1 bisa melalui 2 cara yaitu sintetis atau alamiah. Secara alamiah misalnya, kamu dapat mendapatkan B1 dari air cucian beras. Dalam air cucian beras mengandung vitamin ini dan kamu bisa menemuinya pada kulit ari beras yang larut dalam pencucian pertama sebelum beras di masak.

1. Kegunaan Vitamin B1 Untuk Tanaman

Berbicara tentang kegunaan vitamin b1 pasti tidak terlepas dari energi yang dihasilkan. Namun ada fungsi lain dari vitamin ini dari penggnaannya kepada tanaman. Agar lebih jelas lagi berikut ini manfaat yang didapat dari menggunakan vitamin b1.

  • Vitamin akan membantu proses metabolisme jaringan sehingga pembentukan energi dari sumber karbohidrat dapat berlangsung dengan baik.
  • Pada tanaman aglaonema akan berguna untuk mencegah dan mengurangi stress. Namun tidak hanya pada tanaman ini saja lho, vitamin b1 memang berguna untuk mengatasi stress pada tanaman.
  • Tanaman hias biasanya sering berubah-ubah posisinya. Nah supaya kemampuan adaptasinya meningkat, kamu bisa menggunakanya untuk meningkatkan kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru.
  • Kegunaan vitamin b1 yang lain adalah menjaga tanaman tetap segar. Hal ini kerap terjadi pada saat proses penanaman dan pergantian media tanam baru khususnya pada tanaman pot.
  • Mempercepat pertumbuhan akar tanaman yang baru di tanam.
  • Memperlancar penyerapan zat hara dari dalam tanah.
  • Mempercepat pertumbuhan jaringan baru.

2. Nama Produk Terbaik

Kebutuhan vitamin b1 untuk tanaman memang harus kamu penuhi. Kamu bisa mendapatkannya dari air cucian beras. Bagi kamu yang tidak mau ribet bisa membelinya di toko online dan berikut ini beberapa referansi produknya.

– Liquinox Start

Pada Liquinox Start mengandung bahan utama yaitu P2O5 2.0%, Iron (Fe) 0.10% sebagai Fe-EDTA, Vitamin B1 0.10% dan NAA 0.04%. Pupuk vitamin b1 untuk perangsang akar dan daun sangat cocok digunakan pada tumbuhan yang baru ditanam, pindah pot serta menjaga kualitas akar dan daun.

Manfaat lain yang bisa tanamanmu dapatkan adalah perakaran menjadi lebih kuat, cepat mengalami pertumbuhan bunga misalnya. Selain itu dapat memperbaiki keadaan tanah atau media tanam.

Gunakan sesuai takaran atau dosis yang disarankan, karena produk ini memiliki kadar asam yang sangat tinggi yaitu 1,9. Untuk harganya di Tokopedia sekitar Rp15.000 pada kemasan 100ml.

– Plus Grow Quick

Kandungan yang terdapat dalam produk ini adalah hormon NAA, Fe EDTA, Asam Fosfor dan tentu saja vit B1. Grow Quick Plus vit B1 Thiamin akan berfungsi menstimulir akar tanaman hias, mengurangi stress akibat perjalanan jauh atau pemindahan tanaman dan mampu menyuburkan akar.

Menggunakan Grow Quick akan memacu pertumbuhan akar anggrek, Aglaonema, Adenium, Plumeria, Anthurium, Sanseviera dll. Harganya juga terbilang murah yaitu Rp26.000 di Tokopedia.

– SanGreat

Pupuk vitamin b1 untuk perangsang akar yang ketiga bernama SanGreat. Kemasannya juga menarik karena berwarna hijau dengan desain yang simple dan modern.

Kandungan yang terdapat di dalam produk ini adalah Vitamin B1, NAA, Hara Makro dan Mikro. Diformulasikan untuk segala jenis tanaman yang sedang mengalami stress, perangsang akar dan penyegaran tanaman. Harga yang ada di toko online adalah Rp35.000.

– Vitani 100ml

Berbeda dengan produk lainnya, Vitani memiliki kandungan vitamin b1, B kompleks, vitamin C, vitamin E, NIKOTINAMIDE, NAA dan natrium. Kegunaannya juga berbeda yaitu untuk mencegah virus, bakteri dan hama, meningkatkan daya tahan, pemulih setelah serangan dll.

3. Cara Menggunakan Vitamin B1 Pada Tanaman

Sebenarnya masih banyak lagi produk suplemen, namun yang paling umum digunakan adalah vitamin b1 untuk tanaman ini. Tujuan dari memberikan suplemen ini adalah menjaga atau memulihkan kondisi tanaman.

Misalnya saja saat mengirim bibit bunga ke luar kota tanpa media tanam, pemulihan tanaman setelah sakit dan masih banyak lagi. Cara menggunakan vitamin b1 pada tanaman juga tidak sembarangan, berikut anjuran yang sesuai untuk menggunakan produk vit b1 Liquinox Start.

  1. Pertama campurkan 1 sdm Liquinox Start bersama 2 liter air.
  2. Siram media tanam menggunakan campuran tadi.
  3. Cukup berikan 2-3 kali saja.

Ada salah satu tanaman yang membutuhkan cara menggunakan vitamin b1 pada tanaman. Contohnya saja anggrek, hal ini karena tanaman ini banyak peminatnya dan terkadang pengirimannya sangat jauh. Jadi memerlukan suplemen ini untuk menjaga tetap segar sampai tujuan.

4. Efek Samping Vitamin

Produk vitamin b1 untuk tanaman yang berasal dari sintetis atau kimia pasti memiliki efek samping jika penggunaanya sembarangan. Apalagi produk tersebut palsu, pasti akan membuat tanamanmu rusak bahkan mati.

Untuk menghindari efek samping tersebut, lebih baik gunakan dari air cucian beras saja. Lebih aman dan tentunya kegunaan suplemen vitamin b1 pasti tanamanmu dapatkan.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Dolomit

Hendrasap
2 min read

Pupuk Bunga

Hendrasap
2 min read

Pupuk Buah

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *