Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tanaman Kemukus

2 min read

cara menanam tanaman kemukus

Kemukus atau Piper cubeba L merupakan jenis tanaman obat dan rempah yang biasa diambil buah dan minyak astirinya. Kemukus akan banyak kamu jumpai di Jawa dan Sumatra sehingga biasa disebut lada jawa. Lalu apa saja khasiat tanaman kemukus itu ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang tanaman rempah kemukus. Pembahasan tanaman kemukus ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca, Yuk simak artikelnya sekarang juga!cara budidaya tanaman kemukus

Tanaman Kemukus

Buah kemukus dijual dalam bentuk kering. Buah kemukus kering akan menghasilkan cita rasa rempah khas Indonesia dalam masakanmu. Selain itu kemukus juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

1. Jenis-jenis Tanaman Kemukus

Terdapat 2 jenis tanaman kemukus yaitu kemukus dan kemukus semu. Kedua jenis kemukus memiliki perawakan berupa perdu memanjat yang terdiri atas batang memanjat, cabang lateral, dan cabang menjalar.

Buah kemukus berbentuk bulat dan memiliki tangkai yang pendek. Buah kemukus berwarna hijau lalu berubah merah kecoklatan ketika sudah masak.

Kemukus semu memiliki buah berbentuk bulat telur. Ketika sudah masak buah akan berwarna merah rasanya masam beraroma lemah.

Kemudian di marga piper ada 5 jenis tanaman. Kelimanya memiliki ciri-ciri yang mirip. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Farmaka.

– Lada (Piper nigrum L.)

Lada termasuk kedalam marga piper dan suku piperaceae. Secara morfologi merupakan jenis tanaman memanjat, berbuah 60-80 dan ketika masak berwarna merah.

– Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.)

Tanaman ini memiliki buah berbentuk seperti cabai. Batang tanaman cabe jawa beruas-ruas, daun tunggal berwarna hijau. Buah berwarna merah setelah tua.

– Sirih Hijau (Piper betle Linn.)

Tanaman sirih tumbuh merambat berdaun tunggal berbentuk bulat telur dengan panjang 8-14 cm. Daunnya hijau lalu berubah putih saat tua.

– Kemukus (Piper cubeba L.)

Seperti yang lain, kemukus tumbuh memanjat dengan akar lekat dan tinggi bisa mencapai 15 m. Daunnya tunggal memiliki tangkai dengan ujung meruncing, berukuran panjang 15 cm.

-Tanaman Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz & Pav)

Seperti namanya, daun sirih ini berwarna merah. Tumbuh merambat di tanaman lain dengan batang membulat berewarna hijau keunguan dan berbuku-buku.

2. Ciri-ciri Tanaman Kemukus

– Batang

Tanaman kemukus memiliki batang beruas, tidak berkayu, teksturnya lunak dan permukaan licin. Batang kemukus memiliki sistem percabangan simpodial. Diameter batang kurang lebih 5-15 mm.

– Akar

Jenis akar kemukus adalah serabut berwarna kuning kecokelatan. Pada setiap batang kemukus akan tumbuh akar perekat berwarna hijau.

– Daun

Kemukus memiliki jenis daun tunggal berbentuk bulat telur. Bentuk tepi daun rata, pangkalnya seperti jantung dengan ujung meruncing. Daun akan tumbuh dewasa dengan ukuran lebih dari 8 cm.

– Buah dan biji

Bentuk buah kemukus bulat pangkalnya berkerut dan membulat. Biji buah kemukus mengandung banyak minyak, berwarna kecil kecoklatan dan berbentuk bulat kecil.

3. Manfaat dan Khasiat Kemukus

Kemukus dapat diolah menjadi obat alternatif beberapa penyakit. Berikut penjelasannya.

-Mengatasi penyakit flu

Manfaat daun kemukus untuk bayi yang pertama adalah mengatasi gejala flu atau influenza. Jika bayimu terkena flu obati saja menggunakan kemukus dan kencur.

Lalu bagaimana cara meracik kemukus supaya manfaat daun kemukus untuk bayi bisa didapat ?  Siapkan 10 biji kemukus dan kencur.

Lalu tumbuk sampai halus, beri sedikit air, dan aduk sampai rata kemudian oleskan air ramuan tersebut ke lubang hidung bayi. Ampas tempelkan di ubun-ubun.

-Manfaat kemukus untuk mata

Nama ramuan tradisional adalah pilis wangi. Biasanya pilis ditempel di dahi  untuk menerangkan penglihatan yang mendadak buram setelah melahirkan.

Berikut ini cara membuat pilis wangi di rumah supaya manfaat kemukus untuk mata kamu dapatkan. Siapkan 5 rimpang temu giring, 1 rimpang bangle, 2 jari krangean, 1 kulit jeruk purut, 5 butir cengkih, 5 helai daun kemukus.

Cuci semua bahan sampai bersih kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Jika sudah siap piliskan pada dahimu sesudah mandi sore.

Manfaat Kemukus yang lainnya adalah meredakan gejala asma, melancarkan saluran kemih, mencegah keputihan pada wanita. Khasiat kemukus masih banyak sih, tapi itu dulu ya.

4. Perbedaan Kemukus dan Lada

Sekilas buah kemukus memang mirip dengan lada tapi jika kamu mengamati lebih mendalam lagi pasti akan menemukan perbedaan yang ada pada ujung buahnya. Ujung buah kemukus seperti ekor sehingga biasa disebut lada berekor sedangkan pada ujung buah  lada tidak berbentuk ekor. Dari segi rasa, kemukus lebih pedas daripada lada.

5. Cara Menanam Kemukus

Cara budidaya kemukus terdapat dua cara yaitu melalui sulur dan stek. Gunakan sulur kemukus saja karena lebih mudah dan praktis.

Pertama pilih sulur kemukus yang sehat dan berkualitas. Gunakan wadah tanam berupa pot yang sudah terisi campuran tanah dan pupuk organik. Lalu tanam sulur kemukus.

Supaya cara budidaya kemukus cepat tumbuh akar, jagalah kelembeban dengan cara menutup polybag menggunakan plastik. Setelah 15 hari penutup bisa dibuka. Rawat kemukus sampai akan panen.

6. Harga Bibit

Harga tanaman kemukus sangat berfariasi. Jika kamu penasaran, lihat saja harga kemukus di toko online.

Nama Harga Sumber
Bibit Kemukus Rp7.000 https://shopee.co.id/Bibit-kemukus-Tanaman-obat-i.15001736.2905127747
Bibit Kemukus Unggul Rp15.300 https://shopee.co.id/Bibit-kemukus-Tanaman-obat-i.15001736.2905127747
Kemukus Bubuk Rp27.900 https://shopee.co.id/Kemukus-Bubuk-i.42361077.1654940879
Kemukus Kering Rp24.300 https://shopee.co.id/Kemukus-Kering-i.42361077.1654956891

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *