Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tanaman Industri

2 min read

tanaman industri

Tanaman industri merupakan suatu komoditas tanaman yang bisa untuk memajukan perekonomian Indonesia karena memiliki nilai jual yang tinggi dan Indonesia mampu mengekspornya ke Negara lain. Indonesia ini kaya dengan keanekaragamannya karena Indonesia juga kaya akan tanaman pangan dan holtikultura.

Jadi kali ini Nonatani akan membahas mengenai macam-macam tanaman terutama yang memiliki nilai jual tinggi dan bisa diekspor. Tanaman industri ini memiliki manfaat dan bisa menjadi konsumsi baik dalam maupun luar negeri.jenis jenis tanaman industri pabrik

Tanaman Industri

Berbagai macam tanaman industri ini tumbuh dengan baik dari Sabang sampai Merauke. Namun kelemahan dari menanam tanaman ini yaitu bisa menyebabkan bencana alam seperti banjir. Pasalnya banyak hutan tropis yang beralih fungsi sebagai tempat penanaman kelapa sawit, tembakau, kopi, tebu, coklat dan cengkeh.

1. Pengertian

Seperti pembahasan sebelumnya, tanaman industri adalah komoditas tanaman yang berguna untuk memajukan perekonomian Indonesia dan penghasil devisa. Bagian dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan, sanitasi dan industri.

2. Hutan Tanaman Industri

Sedangkan pengertian hutan tanaman industri atau HTI merupakan sebidang luas wilayah yang secara sengaja digunakan sebagai tempat tanaman untuk industri. Hutan tanaman industri ini berguna untuk menanam tanaman kayu yang sejenis jadi pengeksploitasiannya nanti tidak akan mengganggu hutan alami. Hasil komoditas hutan tanaman industri antara lain tanaman akasia yang menghasilkan kertas dan meranti yang menghasilkan kayu untuk pertukangan.

Sebagai perkebunan kayu monokultur yang tumbuh dalam skala besar maka tak heran jika Indonesia menjadi salah satu Negara yang menjadi produsen utama penghasil kertas dan bubur kertas bersama 2 negara lainnya yaitu China dan Brazil. Akasia dan Eucalyptus memiliki produktifitas yang tinggi dan berguna sebagai bahan bakar, konstruksi, kertas dan kain.

3. Jenis-jenis Tanaman Industri

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat berguna sebagai bahan baku industri baik untuk industri pakaian, kesehatan maupun makanan.

A. Tanaman Eleis ( Kelapa Sawit)

Pada dasarnya kelapa sawit bukan merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia namun berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Meskipun demikian tanaman kelapa sawit yang tumbuh di Indonesia tidak berasal dari Benua Amerika itu sendiri namun berasal dari Afrika. Jadi pada awalnya masyarakat Indonesia mulai mengenal kelapa sawit sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Pada saat itu penjajah dari Belanda tersebut membawa pohon kelapa sawit yang berasal dari Afrika kemudian beliau melakukan penanaman pada kebun raya Bogor hingga tumbuh besar.

Jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri ini banyak ditemukan di wilayah Sumatera dan Kalimantan dan berguna sebagai bahan baku minyak sawit sebagai bahan untuk memasak. Selain itu minyak sawit juga berguna untuk keperluan industri, bahan bakar, dan lain-lain.

B. Tanaman Jarak

Pemanfaatan tanaman untuk bahan baku industri yang kedua adalah tanaman jarak yang tumbuh pada daerah tepi pantai atau bahkan pada pekarangan rumah. Tanaman jarak tergolong sebagai tanaman liar yang berguna untuk keperluan pabrik, salah satunya bahan bakar baru terbarukan.

Terdapat 4 jenis tanaman jarak yaitu jarak pagar, wulung, kepyar, dan bali. Namun jenis jarak pagar lebih sering digunakan untuk pembuatan minyak. Produk turunan tanaman jarak antara lain pelumas mesin, pupuk organik, dan obat-obatan.

C. Tanaman Kayu Putih

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan jenis tanaman yang satu ini. Sensasi hangat ketika dioleskan ke kulit dan aroma dari minyak kayu putih ini menjadi ciri khasnya. Selain itu minyak kayu putih juga berguna untuk meredakan pusing, masuk angin, mual dan gejala penyakit lainnya. Selain Indonesia, Australia juga menjadi habitat yang cocok karena tanaman ini menyukai daerah yang panas dan kering.

Sayangnya jumlah kebutuhan dan jumlah hasil perkebunan tanaman ini tidak berjalan seimbang sehingga pemanfaatan tanaman untuk bahan baku minyak kayu putih bisa kamu pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

D. Bunga Melati

Terkenal dengan sebutan puspa bangsa melati ternyata juga menjadi salah satu tanaman industri dari jenis semak perdu. Terdapat 200 lebih spesies melati namun hanya beberapa yang populer. Melati berguna sebagai bahan baku industri sabun, teh, minyak, dan kosmetik. Aromanya yang wangi membuat bunga ini memiliki banyak peminat.

E. Tanaman Rotan

Hasil rotan Indonesia ini mencapai 70% besarannya dan sisanya dihasilkan oleh Negara lain seperti Malaysia, Filiphina, Sri Lanka dan Bangladesh. Indonesia memiliki banyak sekali jenis rotansayangnya tidak semua jenis rotan tersebut berguna untuk keperluan industri. Jenis-jenis rotan yang berguna sebagai bahan industri antara lain rotan jernang besar, dahanan, semambu, jermasin, dan dandan. Getah rotan yang berwarna merah berguna sebagai meni dan pewarna alat music seperti biola.

F. Zaitun

Zaitun merupakan tanaman industri yang memiliki bentuk pohon kecil dan berwarna hijau abadi. Buah zaitun ini bisa dikonsumsi secara mentah maupun sudah diawetkan. Pengolahan buah zaitun berguna untuk kecantikan, bumbu salad dan manfaat lainnya. Buah zaitun juga berguna sebagai penyedap makanan.

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Kayu Sengon

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Karet

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bambu

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *