Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Sambiloto

3 min read

sambiloto

Sambiloto adalah tanaman obat herbal yang bisa kamu gunakan untuk pencegahan penyakit. Awal penyebaran tanaman obat ini adalah India dan pada akhirnya sampailah di tanah Jawa. Jadi tak heran jika kamu mudah sekali menemukannya di daerah jawa.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang jenis tanaman obat herbal untuk antibiotik. Pembahasan tanaman sambiloto ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang akan aku ulas, Tunggu apalagi yuk simak!

cara budidaya sambilotoSambiloto

Penggunaan obat herbal memang sudah berlangsung sejak lama dan hingga sekarang masih digandrungi oleh masyarakat. WHO juga mendukung penggunaan obat tradisional ini untuk pencegahan penyakit. Seperti herbal ini pun juga digunakan untuk obat tradisional tersebut.

1. Ciri-ciri Tanaman

Masih seputar dugaan sambiloto berasal dari Negara India. Hal ini aku simpulkan dari beberapa sumber dan awal mula tanaman obat ini menyebar. Supaya kamu lebih tau tentang ciri-cirinya, berikut aku akan menjelaskannya.

– Akar dan Batang

Jenis akat tanaman herbal ini adalah akar tunggang berwarna putih kecokelatan. Lalu struktur batangnya berkayu dan berbentuk bulat atau segi empat.

Batang berwarna hijau, tidak ada bulu dan akan tumbuh banyak cabang bila sudah besar. Ketebalan batangnya mungkin 2-6mm, tipis sih hanya seperti gulma.

– Daun

Daun herbal ini akan tumbuh dengan posisi berhadap-hadapan dengan daun yang lain dan termasuk tumbuhan dengan daun tunggal. Bentuknya menyirip seperti pedang dan tidak berbulu juga sehingga sangat halus jika kamu pegang.

Permukaan daunnya berwarna hijau sedangkan pada bagian bawah berwarna hijau pucat dengan tangkai daun yang pendek. Ukuran daunnya juga bervariasi yaitu dengan panjang 2-7cm dan lebar 1,5-3cm. Daun sambiloto banyak mengandung senyawa eoxyandrographolide, andrographolide dll.

– Bunga

Herbal ini juga memiliki bunga yang tumbuh berjenis majemuk dan akan tumbuh disetiap ketiak daun. Setelah mekar akan membentuk bunga yang ada benang sari berjumlah dua dan putiknya terlihat pendek.

Memiliki kelopak berjumlah 5 helai, berambut dan panjangnya sekitar 3-4mm. Bunga akan tumbuh dengan berbentuk jorong berwarna putih keunguan yang indak jika dipandang mata.

– Buah dan biji

Apakah herbal ini memiliki buah dan biji ? Tentu saja punya dong, bentuk buahnya jorong dengan bagian pangkal dan ujung sangat tajam. Memiliki ukuran panjang sekitar 2cm dan lebar 4mm.

Pada permukaan luar buah akan terlihat berwarna hijau tua sampai hijau kecokelatan. Lalu untuk warna dalamnya akan berwarna putih atau putih kelabu.

2. Kandungan Sambiloto

Apakah kamu sudah tau kandungan herbal ini ? Menurut pemahamanku daun sambiloto banyak mengandung senyawa eoxyandrographolide, andrographolide, neoandrographolide dan 14- deoxy-11, 12-didehydroandrographolide. Supaya kamu lebih paham, aku akan memerikan informasi kandungan bioaktif dan analog bioaktivitas Andrographis paniculate.

Sumber informasi: BiomedCentral

Kandungan Bioaktif Sambiloto Analog Bioaktivitas Sambiloto
Andrographolide Derivatives of 12-hydroxy-14-dehydroandrographolide
14-deoxyandrographolide 3,19-O-diacetylanhydroandrographolide
neoandrographolide DRF3188
14-deoxy-11,12-didehydroandrographolide 14-Alphal-lipoyl andrographolide
14-deoxy-11,15-didehydroandrographolide 14-Glycinyl andrographolide hydrochloride
andrograpanin SRJ23
isoandrographolide SRJ09
14-acetylandrographolide 3,19-isopropylideneandrographolide
19-O-acetylanhydroandrographolide 14-acetyl-3,19-isopropylidene andrographolide

3. Manfaat dan Khasiat Sambiloto

Enggak kalah dengan tanaman herbal lainnya, berkat senyawa aktif yang terdapat pada tanaman obat sambiloto beberapa penyakitpun bisa dicegah dengan memanfaatkannya. Selain itu keunikan tanaman ini juga menjadi nilai plus jika dipandang mata, tak kalah dengan tanaman lain bukan ?

– Imunitas Tubuh

Kira-kira apa saja ya manfaat daun sambiloto untuk kesehatan ? Yang pertama sih untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena sifat imunostimulan bekerja untuk meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bagi kamu para wanita ada lho manfaat daun sambiloto untuk kesehatan wajah, apakah itu ? Ya tanaman obat ini mampu mengurangi risiko penuaan kulit seperti kerutan dan melawan efek radikal bebas. Kulit wajah akan sehat dengan menggunakan herbal ini.

– Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kebanyakan orang erbal yang memiliki rasa pahit dianggap mampu meningkatkan produksi asam lambung. Perlu kamu ketahi bahwa herbal ini memang benar-benar pahit, tapi jangan salah banyak kok khasiatnya untuk kesehatan. Mungkin juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan asam lambung rendah tetapi tidak pada mulas.

– Meredakan Asam Urat

Untuk kamu yang suka dengan obat herbal, tentu sudah tau bahwa Andrographis paniculate memiliki manfaat untuk meredakan asam urat. Selain itu, kamu bisa menggunakannya untuk meredakan diabetes, malaria dan penyakit lainnya. Tapi jangan sembarangan mengonsumsinya lho, tentunya sih ada cara khusus untuk membuatnya efektif meredakan asam urat.

4. Cara Mengolah Daun Sambiloto

Senyawa aktif yang terdapat pada tanaman obat sambiloto akan berfungsi dengan baik jika kamu tau cara mengolahnya. Kali ini aku hanya memberikan 3 cara untuk mengolah tanaman ini, sebenarnya masih ada lagi sih.

Pertama, kamu dapat mengolah daunnya dengan memblendernya dan tambahkan madu. Lalu yang yang biasanya kera dilakukan adalah merebusnya lalu meminum air rebusan tersebut. Yang terakhir lebih ngga ribet lagi yakni memasukkan ekstrak daunnya ke dalam kapsul kemudian mengonsumsinya.

Kalau mengonsumsinya harap menggunakan dosis yang tepat dan jangan mengonsumsinya secara terus-menerus. Hal ini karena terdapat resiko efek samping seperti diare, muntah, sakit kepala dll.

5. Cara Menanam

Kamu dapat memperoleh bibit sambiloto dengan cara membelinya di toko online atau menyemai sendiri bijinya. Jika menyemai, lakukan perendaman biji dulu selama 24jam lalu keringkan sebelum disemai.

Biji akan berkecambah pada 7 hari kemudian kemudian akan tumbuh 5 helai daun. Jika sudah berumur 21 hari, barulah pindahkan ke lahan pembesaran.

Sebelum menanam alangkah baiknya kamu mempersiapkan lahannya dulu. Kamu bisa mencangkul, membersihkan gulma hingga membuat saluran drainase. Jika ditanam di pot siapan media tanam berupa tanah subur, pupuk organik dan arang sekam.

Menanamnya pada perkebunan berikan jarak tanam sambiloto sekitar 30×40 cm saja. Buat lubang tanam lalu keluarkan dari tempat semai, tanam bibit dengan arah lurus ke atas dan padatkan tanah. Jangan lupa merawatnya dengan baik.

6. Harga Sambiloto

Sambiloto berasal dari negara tropis ini telah lama digandrungi masyarakat karena khasiatnya tersebut. Dari situ munculah harga jual sambiloto yang juga ada di toko online.

Nama Harga Sumber
Biji sambiloto Rp15.000 https://shopee.co.id/Biji-sambiloto-25-biji-bibit-benih-(Andrographis-paniculata)-i.13540466.2156240005
Sambiloto Kering Rp12.000 https://shopee.co.id/Sambiloto-Sambiroto-Kering-SUPER-i.264822962.4768818752
Kapsul Herbal Sambiloto 50 cap Rp20.000 https://shopee.co.id/Kapsul-Herbal-Sambiloto-50-cap-i.91741826.5538688229
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Mengkudu

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Mahkota Dewa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *