Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Zanzibar

2 min read

rumput zanzibar

Rumput Zanzibar masih satu keluarga dengan rumput pakchong dan merupakan salah satu hijauan pakan ternak unggul. Ciri khas hijauan pakan ternak ini adalah memiliki nilai protein yang tinggi. Rumput ini sangat recommended untuk ditanam supaya memperkaya HPT yang kamu miliki.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang hijauan pakan ternak yang lagi hits. Pembahasan rumput zanzibar ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk dibaca dan pahami mulai dari Asal, Sejarah dan Gambaran Umum sampai Harga Bibit, Yuk simak artikelnya!cara budidaya bibit rumput zanzibar

Rumput Zanzibar

Setiap 1 bibit tanaman pakan zanzibar akan menghasilkan lebih dari 3 mata tunas. Dengan begitu para peternak bisa menyiapkan setok pakan hijauan sebanyak mungkin jika terjadi musim kemarau. Dengan menanam rumput ini produktivitas ternak akan meningkat dan para peternak akan semakin mudah dalam beternak maupun memperbanyak hijaun ini karena bisa tumbuh hanya dengan menanam batangnya.

1. Asal, Sejarah dan Gambaran Umum

Nama zanzibar sebenarnya adalah sebuah daerah yang berada di sebelah timur Afrika. Zanzibar terdiri dari dua pulau Unguja dan Pemba yang kadang-kadang dijuluki pulau rempah, karena sumber pendapatannya berasal dari ekspor rempah.

Dalam Bahasa Persia, Zanzibar berarti “Pesisir Orang Hitam” dan dalam Bahasa Arab memiliki arti “Daratan Ini Lumayan”. Dulu Zanzibar adalah tempat tinggal imigran bangsa Persia dan Shiraz lalu daerah ini pada tahun 1503 dikuasai Portugal.

Singkatnya pada 1698, Kesultanan Oman berhasil menguasai Zanzibar. Berselang beberapa ratus tahun tepatnya tanggal 6 April 1861, ada konflik perebutan takhta kesultan Oman. Kesultanan oman pun pecah menjadi dua dengan masing-masing pemimpinnya.

Kesultanan Zanzibar terus berkembang dan menjajah sebagian kawasan di pesisir timur Afrika yang bernama Zanj dan Mombasa. Terdapat perebutan kekuasaan ditahun 1840 dan sampai tahun 1963 masih menjadi bagian dari Negara Zanzibar ketika ia diserahkan ke Negara Kenya.

Zanzibar merdeka pada 19 Desember 1963 dengan menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang Sultan. Sang sultan hanya bisa memerintah sebentar saja, karena pada 12 Januari 1964 Sultan berhasil digulingan. Sampai akhirnya Zanzibar bergabung dengan Tanganyika untuk membentuk Tanzania.

Rumput Zanzibar memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan rumput pakchong meskipun masih ada kekerabatan. Secara fisik rumput ini cenderung berwarna putih dengan batang lebih manis dan empuk.

Rumput pakchong memiliki sedikit bulu di sekitar ketiak daun tapi beda dengan rumput napier yang sangat minim bulu. Bentuk tunas sampai menjadi batang cenderung mekar.

2. Kandungan Nutrien

Kandungan protein rumput Zanzibar ada yang bilang sampai 19,43%. Tapi itu hanya klaim dari penjual, belum ada informasi atau penelitian yang menunjukkan kandungan nutrien sesunguhnya. Jika klaim dari penjual itu benar, maka akan melebihi kandungan protein dari rumput pakchong.

Jika kamu peternak sapi potong harus memperhatikan banyak faktor yang dapat berpengaruh pada berat sapi. Peternak harus mengetahui kandungan pakan yang akan dikonsumsi sapi seperti kandungan protein rumput Zanzibar. Perhatikan tabel kebutuhan nutrient sapi potong pada berat 100 kg.

Berat Badan (kg) PBBH (kg) BK (kg) ME (Mcal) TDN (kg) PK (g) Ca (g) P (g)
100 0,00 2,4 1,1 3,8 93 4 4
0,25 2,9 1,3 4,9 206 13 10
0,50 3,1 1,7 6 262 14 11
0,75 3,2 2 7,1 319 20 14
1 3,3 2,3 8,2 375 26 18

3. Kelebihan Rumput Zanzibar

Rumput zanzibar katanya memiliki kandungan nutrient tinggi. Ada salah satu sumber mengatakan kualitas Zanzibar lebih unggul sedikit diatas rumput pakchong.

Hijauan Zanzibar sangat cocok untuk pakan domba dan kambing. Supaya nutrisi kambing terpenuhi campurkan daun – daunan atau biasa disebut ramban.

4. Kekurangan Rumput Zanzibar

Walaupun memiliki protein yang tinggi, hijauan Zanzibar memiliki produktivitas yang kurang bagus. Beda dengan rumput pakchong yang bisa tumbuh banyak tunas dalam satu bibit, Zanzibar hanya akan tumbuh beberapa tunas saja.

Tunas Zanzibar cenderung mekar sehingga akan memenuhi lahan tanam. Selain itu, setelah panen Zanzibar harus rutin mendapat air dan pupuk organik karena jika tidak mendapatkan perawatan yang baik hasil panen berikutnya akan jelek.

Ditambah masih belum ada informasi yang jelas tentang rumput ini. Jadi belum tau apakah memang berkualitas seperti kata penjual atau tidak.

5. Cara Menanam Rumput Zanzibar

Jika kamu tertarik untuk menanam rumput napier pilih bibit rumput yang baik supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika kamu belum punya bibitnya, belilah di toko online saja. Bibit berupa stek batang.

Siapkan lahan dengan menggemburkan tanah dulu. Supaya zat hara dalam tanah bertambah lakukan pemupukan dengan pupuk organik. Olah tanah ketika menjelang musim hujan agar kebutuhan air terpenuhi.

Tanam dengan jarak 50 cm setiap bibit stek. Perawatan berupa pengairan atau pemupukan. Lakukan secara teratur ya.

6. Harga Bibit Rumput Zanzibar

Berikut ini tabel berisi harga bibit rumput Zanzibar yang ada ditoko online. Tunggu apalagi, tanam rumput ini untuk memperkaya pakan ternakmu!

Nama Harga Sumber
Bibit Rumput Zanzibar Rp1.000 https://shopee.co.id/Bibit-rumput-zanzibar.-i.159453673.7544892665
Bibit Rumput Zanzibar Rp11.000 https://shopee.co.id/Bibit-Rumput-zanzibar-i.187699021.5262228052
Bibit Srek Zanzibar Rp25.000 https://shopee.co.id/bibit-rumput-zanzibar.-i.159453673.5945436252

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Guatemala

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Rumput Pakchong

Irma Citama Irma Citama
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *