Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Guatemala

2 min read

rumput guatemala

Solusi bagi kamu yang memiliki lahan kosong dan menginginkan tambahan penghasilan adalah dengan menanam rumput Guatemala. Bagaimana tidak rumput ini sering dicari oleh peternak untuk dijadikan pakan dan perawatannya pun cukup sederhana karena dapat tumbuh di segala medan. Lalu apa saja kelebihan rumput satu ini ? Yuk simak artikelnya.

Kali ini Nonatani akan menjelaskan tentang tanaman rumput guatemala. Pembahasan rumput guatemala ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk dibaca yaitu asal, sejarah, gambaran, keunggulan, kandungan nutrisi rumput guatemala sampai harga bibit.cara menanam rumput guatemala

Rumput Guatemala

Guatemala atau tripsacum laxum  merupakan jenis rumput pakan ternak yang belum begitu hits di kalangan masyarakat. Mengapa jenis rumput satu ini bisa dijadikan pakan ? Karena memiliki kualitas yang baik dan cukup praktis dalam merawat dan pemberiannya kepada ternak.

1. Asal, Sejarah, Gambaran Rumput Guatemala

Mungkin banyak yang belum tahu tentang asal rumput satu ini. Rumput guatemala berasal dari Benua Amerika tepatnya di Meksiko dan Amerika Selatan. Singkatnya rumput ini mulai diperkenalkan untuk pakan ternak di negara yang memiliki iklim tropis.

Rumput ini merupakan jenis rumput abadi yang memiliki struktur kuat,  berumbai dan daun berbentuk tandan besar. Tinggi batang rumput ini bisa sampai 4,5 m dengan diameter 5 cm. Perakaran akan semakin kuat bila rumput sudah bisa di panen dan akan menyimpan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan selanjutnya.

Daunnya bisa tumbuh sampai panjang 1,2 m dengan lebar mencapai 9 cm. Rumput ini juga akan berbunga berjumplah 3-8 ras berbentuk ramping memanjang. Dengan panjang bunga bisa mencapai 20 cm akan berisi bintik jantan dan betina.

Perbanyakan rumput ini dilakukan dengan stek batang saat awal musim hujan. Pemotongan tahap pertama dilakukan setelah rumput berusia 4-6 bulan dari awal tanam. Penanaman rumput sendiri bisa menggunakan teknik semak.

Rumput guatemala tumbuh di ketinggian 1.800 mdpl dengan suhu antara 18-30 ° C. Ditambah dengan kelembaban tanah yang baik akan membuat rumput tumbuh subur.Tumbuh di tanah yang memiliki pH rendah dan berbagai jenis tanah seperti podsols, ultisols, oxisols, gambut yang tidak tergenang air.

Rumput ini juga dapat dijadikan silase untuk persediaan saat terjadi musim kemarau. Rumput ini cocok untuk peternak sapi perah skala kecil di daerah dataran tinggi karena memiliki hasil yang tinggi.

2. Kandungan Nutrien Rumput Guatemala

Rumput guatemala memang tidak memiliki banyak kandungan nutrisi yang terlalu tinggi untuk pakan ternak. Karena memang jenis rerumputan belum mampu untuk mengalahkan jenis legume. Tapi tak ada salahnya jika kamu menanamnya untuk berjaga-jaga jika rumput yang biasa kamu gunakan telah habis. Berikut beberapa kandungan nutrien atau nutrisi guatemala.

Kandungan Kadar
Air 69%
Karbohidrat 3-9%
Protein 10%
Protein Kasar 8,8-15,5%
Protein Mentah 16%
Serat 70%
Serat Kasar 17%
Ekstrak Eter 18%
Abu 18%
Bahan Kering 17%
Kalsium 0,50%
Kalium 1,69%
Fosfor 0,18%
Kecernaan 49-79%

3. Kelebihan

Apasih kelebihan rumput guatemala ? Menurut info rumput ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan seperti pencegah erosi tanah dan melawan perkembangan hama maupun penyakit di tanaman lain. Berikut penjelasan lebih rincinya.

  • Kandungan Nutrien baik untuk pakan ternak

Meskipun kandungan nutrisinya tidak setinggi tanaman jenis legume, tetapi kandungan serat yang cukup tinggi dapat mengindikasikan untuk cocok digunakan sebagai pakan ruminansia. Sebagai jenis rumput yang terbilang baru di Indonesia, rumput ini mungkin akan menyusul kepopuleran rumput odot dan rumput pakchong serta mombaca.

  • Pagar dan Pengendali Erosi Tanah

Rumput Guatemala digunakan untuk pagar tanaman atau untuk pengupasan kontur tanaman singkong yang ditanam di lereng yang curam. Rumput ini merupakan jenis rumput pengikat tanah yang baik dan pembangun bahan organik. Jadi tak salah jika digunakan untuk pencegah erosi tanah dan meningkatkan stabilitas pematang kontur.

Kamu bisa mengkombinasikan rumput guatemala dengan pohon pendamping agar pencegahan erosi dapat terlaksana dengan baik. Tak hanya itu rumput ini ternyata bisa juga digunakan sebagai pagar tanaman dilereng yang curam.

  • Perbaikan Tanah

Rumput Guatemala bisa berperan sebagai mulsa untuk memperbaiki tanah. Sebagai contoh diperkebunan teh, mulsa ini bisa meningkatkan hasil panen teh yang berumur 3 tahun sebesar 10%.

  • Mengendalikan Gulma dan Mengurangi Nematoda Meloidogyne

Rumput guatemala dapat membantu mengendalikan gulma kemudian akan mengurangi infestasi nematoda. Contohnya digunakan untuk meremajakan tanah di perkebunan teh. Juga dapat mengurangi laju bakteri di perkebunan kentang.

4. Kekurangan

Rumput guatemala memiliki perkembangan yang sangat lambat. Akarnya yang dangkal akan membuat rumput tidak tumbuh baik pada musim kemarau panjang.

Dibandingkan dengan spesies hijauan lainnya, rumput ini berada di peringkat terendah. Hal ini dikarenakan karena penyakit daun dan regenerasi yang buruk setelah penggundulan.

5. Cara Menanam Rumput Guatemala

Rumput guatemala dapat tumbuh di berbagai jenis tanah maupun medan. Jika kamu tertarik menanam rumput guatemala ada kok caranya. Berikut pembahasannya.

  • Pertama siapkan bibit rumput yang akan kamu tanam. Bibit juga sudah tersedia di toko online. Ukuran bibit yang akan digunakan sekitar 20 cm.
  • Kemudian siapkan lahan tanam. Siapkan dengan mengolah lahan terlebih dahulu agar rumput tumbuh subur. Tanpa memerlukan perawatan yang intensif rumput guatemala akan tumbuh dengan sendirinya.
  • Untuk cara memotongnya, cukup potong pada bagian tengah batang atau di bagian daunnya saja. Supaya rumput dapat tumbuh dan berkembang semakin banyak lagi.

6. Harga Bibit

Berikut harga bibit rumput guatemala di toko online. Tunggu apa lagi tanam rumput ini sekarang juga!

Nama Harga Sumber
Bibit Rumput Guatemala 20 cm Rp5.000 https://shopee.co.id/product/90710043/5653747917?smtt=0.308609126-1603522387.9
Bibit stek Rumput Rp5.000 https://tokopedia.link/pHaLMSP2Pab
Bibit Stek Rp285.000 https://shopee.co.id/product/171215394/5904672756?smtt=0.308609126-1603523151.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Zanzibar

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Rumput Pakchong

Irma Citama Irma Citama
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *