Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Gama Umami

2 min read

rumput gama umami

Pernahkah kamu mendengar rumput gama umami ? Ya memang belum banyak yang mengenal hijauan pakan ternak satu ini. Jenis rumput satu ini sudah disinari sinar gamma, menarik kan apalagi keunggulannya yang sangat cocok di iklim tropis seperti Negara Indonesia ini.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang rumput hijauan pakan ternak yang mulai hits gama umami. Pembahasan rumput gama umami ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca dan pahami, tunggu apa lagi yuk simak sekarang juga.

bibit dan cara menanam rumput gama umami
Sumber Gambar: fapet.ugm.ac.id

Rumput Gama Umami

Suatu prestasi yang patut dibanggakan karena salah satu univesitas di Jogjakarta mampu menemukan hijauan pakan ternak yang unggul bernama gama umami. Hal ini patut kita banggakan bukan ? Selain itu rumput ini juga mampu bersaing dengan hijauan pakan rumput jenis lain dan bisa menjadi opsi untuk memenuhi kebutuhan pakan.

1. Asal, Sejarah, Gambaran Rumput Gama Umami

Rumput gama umami ditemukan berkat penelitian yang dilakukan oleh seorang dosen fakultas peternakan UGM. Jadi sudah tak heran bila kamu berkunjung ke Jogja dan menemukan rumput ini. Sampai saat ini masyarakat khususnya Jogjakarta sudah memulai membudidayakan hijauan pakan ternak gama umami ini.

Gama umami berasal dari mutasi rumput gajah yang telah diradiasi sinar gamma. Mengapa harus disinari sinar gama ? hal ini bertujuan untuk menghasilkan hijauan pakan ternak jenis rumput yang lebih unggul jika dibandingkan dengan rumput gajah yang banyak di Indonesia.

Kenapa rumput gajah yang dipilih untuk dijadikan indukan mutasi gama umami ? Tentu saja karena cocok ditanam di iklim tropis seperti Indonesia, termasuk jenis rumput unggul dan sudah terbukti disukai ternak ruminansia. Makanya peneliti ingin menyajikan rumput yang lebih unggul lagi tetapi tetap cocok untuk peternakan Indonesia.

Karena masih termasuk hijauan pakan ternak trobosan baru, pasti belum banyak yang tahu ciri-ciri gama umami ini. Untuk itu aku akan mencoba menghadirkan gambaran gama umami supaya kamu lebih paham.

Menurut laporan pertumbuhan gama umami tingginya bisa mencapai 3,4-3,7 m sedangkan panjang tanaman berukuran 3,7-3,8 m. Untuk panjang daun 1,1-1,3 meter dan panjang ruas 12-15,3 cm. Batang rumput ini berdiameter 2,2 cm lalu jumah tunasnya bisa tumbuh sebanyak 41-50.

2. Kandungan Nutrien Rumput Gama Umami

Hijauan pakan rumput yang unggul tentunya harus memiliki kandungan nutrient yang baik dari pada jenis pakan yang lain. Begitu pula dengan gama umami ini, memiliki kandungan nutrient yang cocok untuk hewan ternakmu. Berikut ini kandungan nutrient dan kadar dari gama umami itu sendiri.

Kandungan Kadar
Protein Kasar 11,21% – 14,7%
Lemak Kasar 3,40%
Serat Kasar 34,26%
ADF 45,84%
NDF 66,00%

3. Kelebihan

Dilihat dari kandungan nutrien tersebut gama umami memang sangat cocok untuk kamu kembangkan sebagai pakan ternak. Selain itu hasil produksinya yang lebih tinggi dari rumput gajah juga menjadi keunggulan tersendiri bagi rumput ini.

Penyinaran radiasi tersebut menjadikan rumput gama umami vs pakchong sedikit memiliki persamaan. Hal itu terlihat pada bulu pada gama umami yang sedikit sehingga akan berpengaruk pada kemampuan mengecap makanan hewan ternak.

Apabila kamu membandingkan dengan gajah tentu akan berbeda karena gama umami memiliki pertumbuhan vegetatif dan morfologinya lebih unggul. Ditambah dengan produksi biomassa yang dihasilkan bisa mencapai 50 kg/m2.

Supaya lebih detail aku juga akan memberikan informasi tentang kelebihan gama umami ini. Berikut kelebihan yang sudah dirasakan sebagian peternak.

– Pada penanaman musim kemarau gama umami akan tumbuh tunas yang besar dan bisa tumbuh sekitar 10 tunas.

– Presentase tumbuh lewat stek batang tinggi.

– 2 bulan penanaman pertama bisa tumbuh 20 tunas setiap minggunya.

– Tunas terus tumbuh hingga 5 kali lipat pada pemotongan selanjutnya.

– Daun lebih hijau.

– Tidak tumbuh bulu pada daun gama umami vs pakchong memiliki sedikit kemiripan.

– Batangnya empuk dan memiliki rasa agak manis.

4. Kekurangan

Terkait dengan kekurangan rumput gama umami belum diketahui. Tetapi untuk mendapatkan bibit gama umami yang asli memang masih sulit. Apalagi masih tergolong hijauan pakan ternak trobosan baru jadi memang belum banyak yang mengetahui kekurangannya.

5. Cara Menanam Rumput Gama Umami

Nah setelah kamu mengetahui beberapa ulasan tentang rumput gama umami, apakah kamu tertarik menanamnya ? Jika tertarik aku akan memberikan cara menanamnya agar bisa kamu contoh di kebunmu.

Langkah pertama menanam gama umami adalah persiapan lahan tanam. Hilangkan gulma yang tumbuh tidak teratur kemudian gemburkan tanah dengan cara di cangkul atau bajak.

Tambahkan pupuk organik supaya tanah lebih subur. Gunakan pupuk kandang saja biar mudah menemukannya.

Agar lebih cepat tumbuh dan tidak ribet maka gunakan perbanyakan dari stek batang saja. Setelah mendapat bibit, rendam stek batang dengan air selama satu malam.

Jika sudah, tanam bibit tersebut dengan posisi berdiri jika musim hujan dan posisi tidur saat terjadi musim panas. Bila suhu udara panas siram dengan air agar bibit tidak mati kekeringan. Terakhir tutup bibit dengan jerami atau dedaunan.

6. Harga Bibit Gama Umami

Walaupun masih sulit mendapatkan bibit gama umami, ternyata ada yang menjualnya di toko online. Akan tetapi masih sulit memastikan bibit ini asli atau bukan.

Nama Harga Sumber
Bibit stek Gama Umami Rp8.000 https://shopee.co.id/Bibit-stek-rumput-gama-Umami-hmt-pakan-ternak-i.285843005.7566633102
Stek rumput unggul gama umami Rp10.000 https://shopee.co.id/stek-rumput-unggul-gama-umami-i.8977316.7059523170

 

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Pakan Kambing

Hendrasap
3 min read

Rumput Benggala

Hendrasap
2 min read

Hijauan Pakan Ternak

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *