Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Benggala

2 min read

rumput benggala

Rumput benggala atau Panicum maximum adalah jenis hijauan pakan ternak yang kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk pakan ternak mereka. Benggala juga merupakan tumbuhan rumput-rumputan yang hidup menahun. Cocok untuk ternak gembala jika daerahmu memiliki luas yang memadahi.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang tanaman pakan ternak yang bagus untuk ternakmu. Pembahasan rumput benggala ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Yuk segera simak artikel ini!

rumput benggala

Rumput Benggala

Adanya tanaman rumput sebagai pakan ternak sangatlah penting, karena sekitar 60% lebih merupakan faktor penunjang keberhasilan para peternak. Untuk memenuhi presentase tersebut benggala sangat cocok untuk ditanam alasannya ya karena umurnya panjang, mudah beradaptasi pada semua jenis tanah dan mempunyai nutrient yang banyak.

1. Asal, Sejarah, Gambaran Rumput Benggala

Rumput benggala berasal dari afrika yang memiliki iklim tropic dan sub tropic. Tentunya rumput ini sangat cocok jika ditanam di Indonesia. Dan benar saja pada tahun 1865 hijauan pakan ternak ini mulai masuk ke Indonesia dan para peternak mulai menanamnya karena mempunyai nutrient yang baik.

Klasifikasi rumput benggala terbagi menjadi beberapa bagian yaitu berasal dari kerajaan plantae, ordo poales, masuk juga ke spesies M .maximus. Selain itu benggala juga satu keluarga dengan rumput gajah yaitu poaceae. Klasifikasi rumput benggala yang selanjutnya adalah genus Megathyrsus.

Supaya kamu lebih paham tentang rumput satu ini, aku juga akan memberikan sedikit gambarannya. Benggala akan tumbuh membentuk rumpun dengan batang tegak dan tingginya bisa mencapai 1,25 meter. Untuk daunnya berbentuk lebar memanjang, berbulu dan bunganya akan tumbuh membentuk mayang berbiji.

2. Kandungan Nutrien Rumput Benggala

Benggala mampu menghasilkan berat segar hingga mencapai 100-150 ton/ha/th. Ini berarti bisa mencukupi kebutuhan pakan ternakmu dengan jumlah 10-13 ekor. Nah agar kamu lebih tertarik lagi dengan rumput ini, aku akan memberikan informasi mengenai kandungan nutrisi rumput benggala berikut ini.

Kandungan Kadar
Bahan Kering 23,6%
Abu 12,47%
Protein Kasar 10,9%
Lemak Kasar 2,43%
Serat Kasar 32,9%
BeraN 41,3%
TDN 53,6%
Kalsium 0,62%
Pospor 0,27%

3. Kelebihan

Benggala memang merupakan salah satu rumput yang cukup diunggulkan dan cukup lama dibudidayakan di negara Indonesia ini. Hijauan benggala seharusnya tidak asing lagi di telinga kita karena sudah lama ada di negara kita ini dan memang memiliki kepentingan untuk ketersediaan pakan ternak ruminan.

Menurut kandungan nutrisi rumput benggala yang cukup mendekati kandungan jenis rumput gajah ini memang lumayan baik untuk kamu jadikan sumber pakan ternakmu. Kelebihan yang ada pada hijauan benggala ini adalah tahan dengan kekeringan. Jadi cukup baik jika kamu menanamnya pada lahan di Indonesia ini.

4. Kekurangan

Produktivitas rumput panicum maximum akan sangat meningkat pada saat musim penghujan. Tapi akan berbanding terbalik pada musim kemarau yaitu kapasitas produksinya malah menurun. Hal ini akan berdampak pada pasokan pakan ternak ruminan saat musim kemarau bisa tidak merata, selain itu kelemahan benggala adalah tidak bisa bertahan pada genangan.

Berdasarkan data yang sudah ada itu, sebagai peternak harus memikirkan tindakan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Upaya yang bisa kamu lakukan adalah pengawetan rumput benggala.

Salah satu cara pengawertan yang bagus untuk hijauan tersebut yaitu dengan menggunakan aplikasi teknologi ensilage. Apakah kamu sudah tau aplikasi teknologi ensilage itu ? Ya pengawetan ini adalah upaya mengawetkan rumput basah menggunakan metode fermentasi anaerob.

5. Cara Menanam Rumput Benggala

Ada 3 proses untuk penanaman rumput ini. Yaitu proses penanaman, perawatan dan proses pemanenan, berikut pejelasanya.

– Penanaman

Untuk menanam hijauan rumput panicum maximum, kamu harus membuat lubang tanam. Pilih tanah yang mengandung humus banyak dan gembur. Bibit bisa kamu peroleh dari membelinya di toko online atau menggunakan teknik sobekan rumpun.

Menanam benggala dengen teknik tanam pols membutuhkan kedalaman lubang tanam berkisar 10-15 cm. sedangkan jarak yang ideal adalah 50 x 50 cm. Tanam bibit dengan menambahkan pupuk organik ke lubang tanam kemudian Padatkan tanah di sekitar bibit yang telah tertanam.

– Perawatan

Yang namanya perawatan rumput sih memang ngga begitu ribet sih. Tapi tak ada salahnya jika kamu melakukan perawatan ini dengan baik. Perawatan hijauan benggala yang bisa kamu lakukan adalah penyiangan dan penyulaman jika ada bibit yang tidak tumbuh.

Jika ada rumput yang tumbuh tidak teratur, merapikan rumput tersebut juga bisa dilakukan. Apabila musim kemarau sedang berlangsung, kamu bisa memberikan pengairan sebelum pemupukan susulan.

– Proses pemanenan

Benggala akan siap kamu panen pada usia 90 hari setelah penanaman dengan tingginya yang sudah mencapai 100 cm. Tapi alangkah baiknya jika kamu melakukan proses pemanenan ini sebelum rumpun mengeluarkan bunga.

Alasannya adalah hewan ternak kurang suka dengan hijauan benggala yang sudah berbunga lebat. Selain itu benggala bisa menurun produktivitasnya jika kamu memanennya dalam keadaan berbunga.

Pemotongannya pun sebaiknya kamu atur yaitu sekitar 5-10 cm dari permukaan tanah. Interval pemanenan saat musim penghujan juga amat berbeda dengan musim kemarau. Hal ini karena saat musim hujan kamu dapat memanennya dalam interval 30-40 hari, sementara interval 50-60 hari ketika musim kemarau terjadi.

6. Harga Bibit

Apakah kamu tertarik untuk menanam rumput benggala ? Jika tertarik aku akan memberikan referensi tentang harga bibitnya. Karena rumput ini di Indonesia dikenal dengan mombaca f1, aku juga akan memberikan contoh harganya.

Nama Harga Sumber
Bibit Rumput Benggala Rp1.000 https://www.tokopedia.com/porang-1/bibit-rumput-benggala?whid=0
Bibit rumput Mombaca F1 AGRIMAX Rp49.000 https://shopee.co.id/6.6-Flash-Sale-Bibit-RUMPUT-SUPER-Mombaca-F1-AGRIMAX-ECERAN-%E2%99%A6%E2%99%A5-i.199301458.5037139661
Bibit Mombaca 10gr Rp200.000 https://shopee.co.id/HOT-DEAL-BENIH-BIBIT-RUMPUT-SUPER-MOMBACA-F1-10GRAM-!!-i.321264917.7360815949
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Pakan Kambing

Hendrasap
3 min read

Rumput Gama Umami

Hendrasap
2 min read

Hijauan Pakan Ternak

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *