Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Pupuk Nitrophoska

2 min read

pupuk nitrophoska

Pupuk Nitrophoska adalah pupuk yang sering digunakan dalam bidang pertanian karena mampu menyuburkan tanaman. Meskipun sebenarnya tanaman dapat tetap tumbuh sekalipun tanpa diberi pupuk, namun pertumbuhannya akan kurang maksimal. Penggunaan pupuk Nitrophoska akan memperkaya kandungan nutrisi tanaman sehinggga pertumbuhannya lebih optimal.

Kali ini Nonatani akan membahas berbagai hal tentang pupuk Nitrophoska. Mulai dari gambaran umum, kandungan, kegunaan, cara penggunaan hingga harga pupuk Nitrophoska akan dibahas di sini.harga pupuk nitrophoska

Pupuk Nitrophoska

Pupuk Nitrophoska sudah terjual di berbagai wilayah di Indonesiaa. Untuk mendapatkan Nitrophoska caranya cukup mudah sekali karena bisa dibeli di toko online. Namun usahakan untuk melihat review dan kredibilitas toko agar terhindar dari penipuan dan hal buruk lainnya.

1. Gambaran Umum

Pupuk Nitrophoska adalah pupuk majemuk yang bisa digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan pada tanaman sayur dan buah-buahan. Nitrophoska memiliki kandungan semua unsur makro seperti Nitrogen, Phosphate dan Kalium. Semua unsur yang dimiliki oleh pupuk NPK tersebut sudah seimbang. Jika kandungan salah satu unsur berkurang akan berpengaruh terhadap hasil panen.

Pupuk NPK Basf 15-15-15 ini memiliki tekstur seperti butiran granul yang berwarna biru pudar. Umumnya pupuk tersebut dikemas menggunakan kantong plastik dalam berbagai ukuran. Pupuk ini berasal dari Jerman yang proses pembuatannya melalui proses Odda dilarutkan pada batuan fosfat menggunakan asam sitrat.

Dengan menggunakan pupuk ini maka masalah yang dialami oleh tanaman bisa diatasi. Tanaman kurang subur, kekurangan pasokan unsur hara di dalam tanah, tanaman menunjukkan tanda-tanda stress, serta pertumbuhan yang lambat bisa diatasi dengan mengaplikasikan pupuk ini.

Jika diaplikasikan pada sayuran cukup berikan sedikit saja. Sedangkan pada tanaman hias berikan pupuk dengan dosis ½ sendok teh tanaman, 2 minggu kemudian bunga akan mulai muncul.

2. Kandungan Pupuk Nitrophoska

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pupuk Nitrophoska mengandung semua unsur makro sehingga sangat baik untuk semua jenis tanaman, tentunya dengan pemberian dosis yang berbeda pada tiap jenis tanaman. Petunjuk penggunaan dan kandungan Nitrophoska adalah sebagai berikut:

Kandungan Kadar
Nitrogen 15%
NH4 (Ammonium) -9%
NO3 (Nitrat) -6%
P2O5 (Fosfat) 15%
K2O (Kalium oksida) 15%
S (Sulfur) 2%
MgO (Magnesium) 0,5%
CaO (Kalsium) 6%

3. Kegunaan Dan Manfaat Nitrophoska

Dengan menggunakan pupuk Nitrophoska maka rasakan manfaat yang didapat pada tanaman.

  • Mendapatkan jaminan kandungan unsur Nitrogen, Phospat, dan Kalium secara seimbang.
  • Jika dibandingkan dengan yang lain, Nitrophoska lebih mudah diserap tanaman.
  • Pada pupuk lain kandungan Nitrogen akan hilang sampai 30% karena proses penguapan dan pencucian. Pengaplikasian pupuk ini akan membantu mengurangi hilangnya kandungan Nitrogen sehingga tingkat kesuburan tanah akan cepat terlihat.
  • Mampu mencegah kurangnya nutrisi pada tanaman sehingga produktifitas akan meningkat.
  • Karena kebutuhan nutrisi terpenuhi maka masa panen berlangsung lebih cepat.
  • Pemupukan lebih efisien dan canggih sehingga lebih dikenal sebagai citra petani modern. Di Indonesia untuk hasil yang maksimal ikut petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan

4. Kekurangan Pupuk Nutriphoska

Selain kelebihan yang dimiliki, pupuk Nitrophoska juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Namun kekurangan ini lebih kepada kekurangan pupuk NPK secara umum. Nonatani tidak memberikan kekurangan atau kelemahan dari sisi mereknya.

  • Jika diaplikasikan secara berlebihan maka kandungan Nitrogen dan Fosfor bisa mencemari air sungai, laut dan juga danau. Oleh sebab itu jangan membuang limbah pupuk ke sungai, laut atau danau.
  • Kualitas air berkurang yang sehingga terjadi eutrofikasi di perairan.
  • Menyebabkan lingkungan menjadi tercemar.
  • Pemberian Nitrogen yang berlebih juga bisa merusak biji tanaman.
  • Penggunaan pupuk dalan kurun waktu yang lama bisa mengakibatkan struktur dan fisik tanah menjadi rusak, tingkat keasaman tanah memiliki potensi besar menjadi berkurang, dan tanah lebih cepat mengering hal tersebut diakibatkan karena daya tampun air menurun.

5. Cara Menggunakan Pupuk Nitrophoska

Tekstur pupuk NPK Nitrophoska ini berbentuk butiran granul berwarna biru pudar, cara penggunaannya cukup mudah yaitu  tinggal disebar di sekitar tanaman dan lahan.

Jenis Tanaman Dosis Kg/ha
Bawang merah dan bawang putih 250
Kubis, sawi, kol bunga 400
Tomat dan cabe 300
Kentang 400
Jagung 400
Kedelai 200
Lada 200
Nanas 300
Kacang Tanah 120

Untuk tanaman yang ditanam dalam wadah pot atau polybag, usahakan untuk tetap mengatur jarak antar tanaman. Komposisi penyebaran pupuk NPK BASF jangan sampai over dosis dan disarankan untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang dianjurkan.

6. Harga Pupuk Nitrophoska

Dikutip dari website platform ternama di Indonesia, daftar harga terbaru dari pupuk NPK Nitrophoska 15-15-15 adalah seperti di tabel berikut ini.

Kelompok Pupuk Harga Sumber
NPK Nitrophoska 15-15-15 Rp 17.500 https://www.tokopedia.com/nitrophoska
NPK Nitrophoska Rp 16.000 https://www.tokopedia.com/nitrophoska
BASF NPK Nitrophoska 15-15-15 Rp 185.000 https://www.tokopedia.com/nitrophoska
Pupuk NPK Nitrophoska kuda Rp 10.000 https://www.tokopedia.com/nitrophoska
NPK Nitrophoska lisensi Rp 19.000 https://www.tokopedia.com/nitrophoska
NPK Nitrophoska BASF special Rp 30.0000 https://www.tokopedia.com/nitrophoska
Repacking NPK Nitrophoska 250 Rp 9.000 https://www.tokopedia.com/nitrophoska

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Membuat Komposter

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Pupuk Growmore

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Pupuk Biotogrow

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *