Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Mutiara

2 min read

pupuk mutiara

Pupuk merupakan bahan penyubur tanaman yang cara pemberianya bisa lewat tanah atau daun. Pupuk dibedakan menjadi dua jenis senyawa penyusun yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Salah satu anorganik adalah pupuk mutiara, lalu hal apa saja kah yang mebedakan pupuk ini dengan pupuk lain ? Simak artikel ini selengkapnya.

Apakah tanaman bisa tumbuh jika tidak diberi pupuk ? Jawabannya bisa. Akan tetapi untuk jenis tanaman budidaya tentu akan membuat tanaman kurang subur dan menurunnya kualitas hasil panen. Pertanian diera modern kini telah mengembangkan pengetahuan tentang berbagai macam cara mendapatkan hasil yang baik salah satunya dengan pemberian pupuk. Nah kali ini Nonatani akan membahas pupuk yang cukup populer di kalangan petani. Pupuk ini termasuk pupuk NPK, yaitu Pupuk Mutiara.kandungan dan cara menggunakan pupuk mutiara

Pupuk Mutiara

Pupuk buatan yang didistribusikan oleh PT Meroke Tetap Jaya kini telah diperjual belikan dan ber edar bebas di pasaran. Pupuk ini telah mendapat izin produksi sehingga anda tidak perlu kawatir untuk menggunakannya.

1. Gambaran Umum

Pupuk mutiara merupakan salah satu jenis pupuk yang berbentuk butiran seperti biji pada buah pepaya dan memiliki warna biru langit. Cara penggunaan pupuk ini bisa dicampur dengan air, diberikan langsung atau disemprotkan pada tanaman.

Fungsi dan manfaat pupuk mutiara secara umum tidak jauh berbeda dari pupuk lainnya. Yaitu untuk membantu tanaman tumbuh subur, sehat, meningkatkan produktivitas, dan memaksimalkan kualitas hasil panen tanaman.

Anda juga harus mengetahui juga ciri-ciri mutiara yang asli. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika anda mendapat pupuk yang palsu akan berdampak buruk pada tanaman yang anda tanam.

Ciri-ciri pupuk NPK ini yang asli dapat dilihat dari segi kemasan. Pastikan kemasan yang anda beli terdapat logo bergambar burung PT Meroke Tetap Jaya dan logo mutiara berwarna biru.

2. Kandungan Pupuk Mutiara

Hampir sama dengan NPK Grower, NPK Mutiara memiliki  kandungan yang terdiri atas senyawa Nitrogen, Pospat dan Kalium. Pupuk dalam kategori majemuk ini adalah salah satu produk yang sering digunakan untuk pemupukan pertanian dan perkebunan.

Contohnya digunakan untuk pemupukan tanaman penghasil buah, bunga dan palawija . Berikut ini kandungan pupuk NPK Mutiara dan kadar pada pupuk NPK mutiara.

KandunganKadar
Nitrogen16%
Phospate16%
Kalium16%
Kalsium6%
Nitrat-Nitrogen6,5%
Magnesium0,5%
Phospate Larut Air11,5%
Amonium-Nitrogen9,5%
Granulometry85%

3. Kelebihan Pupuk Mutiara

Berdasarkan kandungan yang dimilikinya Pupuk ini memiliki berbagai kelebihan dan kegunaan. Bisa dipastikan bahwa pertanian sering menggunakan pupuk buatan ini karena kandungannya. Berikut ini pemaparan tentang kelebihan pupuk NPK Mutiara.

– Memiliki kandungan zat hara NPK dan zat hara mikro kalsium dan magnesium yang sangat dibutuhkan tumbuhan.

– Proses pembuat menggunakan sistem odda jadi memiliki sifat mobile dan cepat bereaksi pada tumbuhan.

– Dapat menjaga keseimbangan zat hara didalam tanah

– Cara mengaplikasikannya cukup mudah dan membutuhkan biaya pemupukan yang lebih murah

– Mempermudah proses fotosintesis

– Mempercepat perkembangan akar tanaman dan menambah jumlah anakan.

– Struktur batang menjadi lebih kokoh sehingga dapat tahan terhadap serangan hama dan penyakit

– Meningkatkan akselerasi pembentukan bunga dan mempercepat pemasakan biji

– Memperbanyak jumlah biji dan buah

– Mempercepat pemanenan karena dapat meningkatkan protein

4. Kekurangan

Walaupun banyak kelebihannya dan semakin popoler dikalangan pertanian. Pupuk mutiara memiliki beberapa kekurangan juga. Kekurangan ini lebih tertuju pada penggunaan yang berlebihan terhadap lingkungan.

– Mencemari air sungai. Karena penggunaan Nitrogen dan Fosfor yang berlebihan dalam pemupukan tanaman.

– Kelebihan Nitrogen membuat biji rusak

– Mengakibatkan terjadinya peningkatan pertumbuhan ganggang yang dapat mencemari sungai atau danau.

– Air yang telah tercemari oleh kalium apabila dikonsumsi manusia akan mengakibatkan pencernaan terganggu karena tidak bisa dicerna dan mengendap dalam tulang

– Kelebihan fosfor akan mengakibatkan penyakit tulang dan gangguan ginjal.

– Dalam jangka waktu penggunaan yang lama akan berpotensi menurunkan keasaman tanah dan tanah cepat kering

5. Cara Menggunakan Pupuk Mutiara

Ada beberapa cara pemakaian NPK Mutiara. Salah satunya cara menggunakan pupuk mutiara disemprotkan. Langkahnya tak jauh beda dengan pengkocoran yaitu dengan melarutkannya dalam air dan menyemprotkan ke daun menggunakan spray.

Berikut ini merupakan dosis pemakaian NPK Mutiara pada tanaman.

Jenis Tanaman Dosis
 Sawit30 gram-1500 gram/tanaman
Pohon Durian135-185 gram/tanaman
Jagung180 gram/petak
Cabai600 – 1500 kg/ha
Alpukat1500 gram/tanaman
Timun400 kg/ Ha

 

Cara menggunakan pupuk mutiara disemprotkan biasanya dikhususkan hanya untuk penyemprotan bagian daun dan dicampur dengan obat penghilang hama dan penyakit. Penyemprotan juga harus mempertimbangkan musim, seperti saat musim hujan jangan melakukan pemupukan dengan metode ini.

6. Harga Pupuk Mutiara

Ada berbagai macam versi harga dari pupuk ini. Kamu bisa membelinya secara offline di toko toko pertanian, selain itu kamu juga bisa membelinya secara online. Berikut ini harga pupuk mutiara yang ada ditoko online.

Berat PupukHargaSumber
Kemasan 1 kgRp21.000https://shopee.co.id/product/141180627/6224267530?smtt=0.0.9
Kemasan 2 kgRp28.000https://shopee.co.id/product/8975298/6518988730?smtt=0.0.9
Kemasan 500 kgRp550.000https://shopee.co.id/product/16443162/6905245033?smtt=0.0.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Gandasil

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Pupuk Daun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Pupuk Nasa

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *