Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Gandasil

2 min read

pupuk gandasil

Berbicara tentang pupuk, pernahkah kalian mendengar kata “Gandasil” ? Mungkin diantara kalian ada yang belum mengerti apa itu ganasil. Gandasil atau lebih tepatnya pupuk gandasil merupakan jenis pupuk daun yang lengkap dan sempurna.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang pupuk daun. Pembahasan pupuk gandasil ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Pokok pembahasan kali ini ada 6 subjudul artikel yaitu gambaran umum hingga harga pupuk tersebut.gandasil b dan gandasil d

Pupuk Gandasil

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan kini dikalangan pertanian sudah ada satu jenis pupuk yang mengkhususkan pemupukan pada daun. Pemupukan lewat daun memang lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Selain itu dapat membuat pertumbuhan pada tanaman lebih cepat berkembang.

1. Gambaran Umum

Ada 2 jenis pupuk gandasil yaitu Gandasil B dan Gandasil D. Kedua pupuk ini memiliki perbedaan utama dari segi kegunaan.

  • Gandasil B

Gandasil ini memiliki beberapa sebutan diantarannya adalah gandasil merah dan gandasil buah. Mengapa disebut gandasil buah ? Karena pupuk ini digunakan untuk merangsang pertumbuhan bunga yang kemudian akan menghasilkan buah.

Penggunaannya setelah tanaman memiliki ciri-ciri akan tumbuh bunga pada pucuk batang. Untuk takaran penggunaannya bisa 10-30 gram dicampur dengan air 10 liter.

Gandasil ini memiliki warna merah sesuai kemasan pupuk itu sendiri. Perlu diperhatikan juga jangan gunakan gandasil D ketika sudah tampak kuncup bunga. Karena akan menyebabkan bunga tersebut rontok.

  • Gandasil D

Pupuk ini cocok untuk segala jenis tanaman. Gandasil D digunakan untuk bagian batang dan daun. Penggunaannya pada saat terjadi fase vegetatif dimana kebutuhan nitrogen sangat diperlukan untuk pembelahan sel tanaman.

Gandasil D memiliki ciri-ciri warna hijau dengan warna kemasan hijau juga. Penggunaannya disemprotkan pada batang atau daun pada 8-10 hari sekali sesuai dengan kondisi tanaman. Terdapat juga anjuran pemupukan tambahan dengan takaran 10-30 gram dalam kurun waktu 8-10 hari sekali.

Jika kamu penghobi aquascape sangat cocok menggunakan pupuk ini untuk menambah nitrogen pada tanaman hias. Kamu juga bisa melakukan pemupukan dengan Gandasil D pada tanaman hidroponik supaya nutrisinya tercukupi.

2. Kandungan Pupuk Gandasil

Pupuk ini selain berbeda kegunaannya juga memiliki kandungan yang berbeda pula. Hal ini bertujuan agar tanaman mendapatkan nutrisi yang tepat dan tidak merusak tanaman itu sendiri.

  • Gandasil B
KandunganKadar
Nitrogen6%
Fosfor20%
Kalium30%
Magnesium3%

Terdapat juga kandungan senyawa tambahan seperti Boron, Mangan, Tembaga, Seng dan Koblat yang akan memenuhi kebutuhan tumbuhan pada fasenya.

  • Gandasil D
KandunganKadar
Nitrogen20%
Fosfor15%
Kalium15%
Magnesium1%

3. Kelebihan

Pupuk gandasil memiliki kandungan zat hara yang lengkap sehingga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Diantaranya dapat memenuhi kebutuhan zat hara tanaman pada fase vegetatif maupun generatif.

Pupuk ini juga memiliki kelarutan yang cukup tinggi terhadap air sehingga setiap zat hara akan larut secara sempurna oleh air. Lebih efektif dan mudahkan penggunaannya.

Secara lebih lengkapnya jenis gandasil D dapat membantu pembentukan tunas, daun dan membuat daun lebih hijau. Juga dapat mengurangi kebutuhan pupuk pada akar tanaman.

Jenis Gandasil B memiliki manfaat khusus pada fase generatif yaitu untuk pembentukan bunga dan buah. Selain itu dapat mempercepat besarnya buah.

4. Kekurangan

Pupuk daun ini juga memiliki kelemahan yang dapat menyebabkan kematian jika tidak diperhatikan penggunaannya. Pengaplikasian pupuk harus dengan dosis yang tepat. Seperti halnya penggunaan pupuk yang berlebihan pada akar yaitu akan membuat daun menguning dan perlahan akan mati.

Harga pupuk daun juga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pupuk seperti Npk mutiara, Urea, Npk Grower dll. Tetapi tenang saja, aku juga akan memberikan tips untuk penanganan tanaman yang kelebihan pupuk. Berikut ini pembahasannya.

Yang pertama kamu harus tahu ciri-ciri atau gejala yang ditimbulkan tanaman. Yaitu dilihat dari kondisi daun yang mengering mulai dari bagian pinggir dan ditandai dengan warna kuning. Perubahan warna ini muncul secara perlahan.

Kemudian hentikan terlebih dahulu penggunaan pupuk semprot supaya daun tidak semakin parah terkena keracunan pupuk. Setelah itu semprot daun menggunakan air bersih. Pastikan sisa pupuk benar-benar hilang dari bagian daun.

Lakukan penyemprotan air bersih ini secara teratur dalam sehari. Perhatikan juga jangan sampai layu. Jika tanaman sudah tumbuh tunas baru artinya tanaman tersebut sudah sembuh dari keracunan.

5. Cara Menggunakan Pupuk Gandasil

Ternyata kebanyakan orang masih belum tahu cara menggunakan pupuk gandasil. Hal ini terbukti karena masih ada tanaman yang keracunan akibat kelebihan dosis pupuk. Berikut ini merupakan dosis pemupukan gandasil untuk beberapa jenis tanaman dan tergantung dengan banyaknya tanaman.

Jenis TanamanDosis/10 liter air
Anggrek2 gram
Padi17 gram
Bawang Merah10 gram
Cabe1 gram
Mangga15 gram
Jagung10 gram
Tomat19 gram
Durian15 gram

6. Harga Pupuk Gandasil

Harga pupuk gandasil di beberapa toko online berfariasi. Tergantung dengan berat juga. Berikut ini merupakan harga pupuk tesebut.

Pupuk GandasilHargaSumber
Gandasil D (100 gram)10.450https://shopee.co.id/product/4313736/6917076252?smtt=0.0.9
Gandasil B (500 gram)47.000https://shopee.co.id/product/16443162/3508157730?smtt=0.0.9
Gandasil D (500 gram)44.000https://shopee.co.id/product/16443162/3708111189?smtt=0.0.9
Gandasil B (100 gram)11.000https://shopee.co.id/product/16443162/4308067723?smtt=0.0.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Mutiara

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Pupuk Daun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Pupuk Nasa

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *