Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Dolomit

2 min read

pupuk dolomit

Berbicara tentang pupuk tanaman, apakah kamu pernah mendengar pupuk dolomit ? Ya menurut kabar jenis pupuk buatan dalam negeri ini mampu meningkatkan kesuburan tanah dan menentukan kualitas hasil panen nantinya. Eits tidak hanya itu, masih banyak lho keunggulan pupuk ini.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang salah satu pupuk buatan dalam negeri yang unggul. Pembahasan pupuk dolomit ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tidak usah banyak basa-basi, Yuk simak artikel ini!

pupuk kapur dolomit

Pupuk Dolomit

Memupuk merupakan salah satu cara perawatan tanaman yang memiliki tujuan agar komoditas yang ditanam tumbuh dengan baik dan menghasilkan panenan yang memuaskan. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, para ahli mulai membuat trobosan pupuk kimia yang unggul dan cocok untuk pertanian. Salah satunya adalah dolomit ini, bahkan mentri pertanian pernah menganjurkan para petani untuk menggunakannya.

1. Gambaran Umum

Pupuk dolomit dibuat oleh sebuah PT bernama Anugerah Dolomit Lestari yang letaknya di Sumatra Selatan tepatnya di daerah Palembang. Cara membuat kapur dolomit sendiri mungkin dapat kamu coba sendiri di rumah akan tetapi supaya tidak ribet mending beli hasil jadinya saja.

Jenis pupuk kapur dolomit ini sudah berkualitas tinggi karena ditunjang dengan mesin serta teknologi terbaru. Pupuk ini juga disebut dengan merk DFA (Dolomite for Agriculture). Terkait bahan bakunya, perusahaan mendatangkannya jauh-jauh dari Gresik, Jawa Timur untuk mendapatkan kapur dolomit yang berkualitas super.

Mengapa bahan baku harus dari Gresik ? Karena kandungan kapur dolomit yang berupa kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) sangat baik untuk pemupukan. Selain itu sifatnya keras, pejal, kompak dan kristalin.

Kemudian cara membuat kapur dolomit sendiri seharusnya sama dengan produsen yaitu harus melalui pemanasan dengan suhu tinggi. Suhu yang harus digunakan yaitu 800-1000°C, tujuannya adalah untuk menghilangkan impurities dan meningkatkan ketersediaan zat hara Mg bagi tanaman.

Seperti yang kamu ketahui bahwa Sumatera Selatan adalah provinsi yang hasil kebunnya berupa kelapa sawit. Lokasi yang setrategis dengan perkebunan sawit melatarbelakangi perusahaan untuk mendirikan produsen pupuk kelapa sawit yang cepat proses pendistribusiannya kepada para petani sawit.

Untuk pemasaran produknya, perusahaan telah mendistribusikan pupuk DFA ke beberapa daerah seperti Palembang, Jambi, Lampung, Bangka Belitung bahkan sudah sampai Jakarta. Perkembangannya juga sudah bagus terbukti dengan total produksi mencapai 100.000 ton/th. Merk yang tersedia berupa DFA Mesh 60, DFA Mesh 80 dan DFA Mesh 100 High Quality.

2. Kandungan Pupuk Dolomit

Berbicara tentang kandungan kapur dolomit, bagamiana ya kandungannya setelah menjadi pupuk ? Berikut ini aku akan memberikan kandungan yang terdapat pada sekarung pupuk DFA.

KANDUNGAN KADAR
Dolomit High Quality Dolomit
MgO 18-22% > 18%
Larutan Asam Citrat > 16% > 16%
CaO > 30% > 30%
Air < 1% 3-7%

3. Kelebihan Kapur Dolomit

Apakah kamu sudah pernah menggunakan pupuk DFA ini ? jika sudah pernah menggunakannya, pasti tahu dong kelebihannya. Bagi kamu yang belum tahu berikut kelebihan pupuk ini.

– Mudah diserap tanaman karena bentuknya halus dan mudah larut

– Reaktifitas Mg yang tinggi

– Harga Kompetitif

– Menurunkan atau menetralkan kemasaman tanah.

– Bisa menggantikan peran kieserite dalam perkebunan kelapa sawit

– Menurunkan resiko keracunan Al dan Fe pada tanah masam yang bisa saja terjadi.

– Menyeimbangkan zat hara.

– Menetralkan reaksi tanah karena pemberian pupuk Urea.

– Menurunkan resiko keracunan Pyrite di tanah gambut yang bisa terjadi.

4. Kekurangan Kapur Dolomit

Yang namanya pupuk kimia pasti ada dampak yang tidak baik bagi lingkungan terutama tanah. Namun untuk kekurangan pupuk dolomit aku belum menemukan sumber yang jelas. Jadi berikut ini aku berikan dampak negatif yang timbul bila kecanduan pupuk kimia bagi lingkungan.

– Menghambat akar untuk menyerap unsur hara.

– Menghambat pembusukan.

– Merusak tanah.

– Membunuh mikroorganisme dan organisme yang ada dalam tanah.

– Menggangu keseimbangan zat hara di dalam tanah.

– Tanah mengeras.

– Produktivitas menurun tetapi biaya menanam meningkat.

5. Cara Menggunakan Pupuk Dolomit

Cara Penggunaan kapur dolomit memang bermacam-macam. Namun para pemula bisanya belum paham, berikut ini beberapa cara menggunakan pupuk DFA yang bisa kamu coba.

– Sebar pada permukaan tanah yang akan diolah

– Masukkan pada lubang tanaman sebelum menanam

– Mencampur dengan Pupuk ZA

– Cara penggunaan kapur dolomit untuk menaikkan pH, taburkan saat mengolah tanah 7-10 hari sebelum pupuk lainnya.

Nah pasti kamu bertanya-tanya dong, berapa ya dosis pupuk dolomit yang cocok untuk tanaman. Berikut ini aku berikan dosis untuk beberapa tanaman.

Tanaman

Dosis (Ton/Ha) Ph Tanah
Padi 9,76 4,1
Cabai 8,34 4,4
Tembakau 7,39 4,6
Tebu 5,49

5,0

 6. Harga Pupuk Dolomit

Bagaimana dengan pembahasan pupuk DFA diatas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan pupuk kimia ini ? Jika kamu tertarik aku juga akan memberikan referensi harganya. Harga ini tentunya berasal dari toko online jadi memang bermacam-macam.

Nama Harga Sumber
Pupuk Kapur Dolomit 250gr Rp2.800 https://shopee.co.id/Pupuk-Kapur-DOLOMITE-untuk-penetral-pH-tanah-i.28629656.5376169488
Pupuk kapur Dolomit 1KG Rp5.000 https://shopee.co.id/Pupuk-kapur-Dolomit-1KG-mengatur-keasaman-tanah-menaikan-pH-tanah-i.4313736.3843327367
Pupuk Kapur Dolomit Super Mesh 80 2kg Rp9.000 https://shopee.co.id/Pupuk-Kapur-Dolomit-Super-Mesh-80-2kg-i.140921358.2732580920
Dolomit 400gr Rp2.700 https://shopee.co.id/Dolomit-400Gram-PG.SBY-i.112800777.8703169201

 

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Vitamin B1 Untuk Tanaman

Hendrasap
2 min read

Pupuk Bunga

Hendrasap
2 min read

Pupuk Buah

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *