Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Pupuk Buah

2 min read

pupuk buah

Berkebun bisa dibilang gampang-gampang sulit, terlebih jika tanaman yang ada di pekaranganmu memiliki jenis yang berbeda. Tanaman yang beragam itu pasti akan membutuhkan perawatan yang berbeda. Misalnya saja tanaman buah, tentu membutuhkan pupuk buah untuk penunjang buah agar cepat besar.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang beberapa jenis pupuk untuk tanaman buah. Pembahasan pupuk buah ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tunggu apa lagi, Yuk simak artikelnya sekarang juga!pupuk buah terbaik

Pupuk Buah

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa fungsi pemberian pupuk adalah menambah nutrisi tanaman atau penganti zat hara tanah yang hilang. Pada tanaman yang berbunga dan akan berbuah, kamu harus memberikan pupuk yang mengandung fosfat. Hal ini supaya buah hasil panen lebih banyak dan pertumbuhannya bagus.

1. Pupuk Gandasil B : Pupuk Buah dan Bunga Terbaik Populer

Pupuk Gandasil B ini bisa menjadi pupuk bunga yang tentu saja otomatis bisa untuk buah. Produk ini sudah bertahun tahun ada dan cukup populer.

Secara lengkap tentang Gandasil B sudah dibahas di halaman Pupuk Gandasil.

2. Pupuk Golstar

Pupuk berbentuk larutan dengan warna kuning kecoklatan ini diproduksi oleh PT. Deltagro Mulia Sejati. Tipe golstar adalah zat pengatur tumbuhan atau ZPT yang akan membantu merangsang dan mempercepat pertumbuhan bunga ataupun buah. Pupuk perangsang buah ini cocok sekali pada tanaman buah, jadi jika kamu punya tanaman buah gunakan saja pupuk ini supaya cepat berbuah.

Menggunakan pupuk perangsang buah ini ada caranya lho. Yang pertama tuang cairan golstar sebanyak 5-10 cc ke dalam wadah yang berisi air 1 liter. Aduk sampai rata kemudian siramlah campuran itu di sekeliling batang pohon sampai tanah menjadi basah.

Lakukan pemupukan dengan golstar ini sebelum 2-3 bulan mendekati masa pembungaan dan lakukan sekali dalam setahun. Untuk harga 30 ml larutan golstar di toko online sekitar Rp35.000.

Penting untuk kamu ketahui, jika sudah melakukan pemupukan dengan golstar jangan lakukan pemupukan dengan pupuk lain seperti NPK. Jangan lakukan juga penyiraman selama 4-5 hari berturut-turut.

3. Pupuk Phonska

Dalam menanam cabe pasti ada perawatan yang baik agar mendapatkan tanaman cabe yang subur, sehat, dan menghasilkan buah cabe yang lebat. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemupukan. Dalam tahap pemupukan ini gunakan pupuk untuk cabe rawit agar berbuah lebat.

Aku akan merekomendasikan pupuk phonska yang bisa kamu gunakan untuk tambahan penyubur cabemu sampai menghasilkan buah yang lebat. Phonska sudah beredar bebas dipasaran harga cukup terjangkau. Di toko online harganya bisa mencapai Rp5.000 an.

Kandungan pupuk untuk cabe rawit agar berbuah lebat ini adalah unsur Nitrogen (N), Phosfor (P), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Kalium (K), dan Zn. Phonska sudah terbukti nyata mampu membuat tanaman cabe lebih sehat, batang lebih kuat dan yang terpenting mampu menghasilkan lebih banyak bunga ataupun buah yang lebat.

4. Pupuk Phospat Kalium Subur

Phospat Kalium Subur adalah jenis NPK untuk buah yang bisa diaplikasikan untuk merangsang bunga dan buah sekaligus membuat tampilannya terlihat bagus. Selain itu akan mengantisipasi terjadinya rontok atau berguguran.

Phospat Kalium Subur menurut sumber saat ini sedang hits dikalangan petani untuk memupuk tanaman. NPK untuk buah ini juga bisa memperbesar buah karena mengandung Phospat, 25%, Kalium 45%, Mikro element 5%, GA3 20%.

5. HORMONIK : Pupuk Buah NASA

Pupuk buah harmonik merupakan salah satu pupuk nasa untuk buah organik yang diproduksi oleh PT Natural Nusantara. Pupuk Harmonik memiliki hormon seperti Auksin, Giberelin dan Sitokinin. Harmonik aman untuk kesehatan manusia, binatang maupun kesehatan lingkungan.

Secara lengkap tentang pupuk dari Nasa sudah dibahas di Pupuk Nasa.

Manfaat pupuk nasa merk hormonik ini untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman, memperbanyak bunga, mengurangi kerontokan pada bunga dan meningkatkan keawetan hasil panen. Sebelum menggunakan harmonik takar dosis sebanyak 1-2 cc per 1 liter air.

6. Pupuk ZA

Pupuk tanaman buah agar cepat berbuah selanjutnya adalah merk ZA. Pemupukan buah menggunakan ZA akan memberikan manfaat untuk menambah nitrogen dan juga belerang bagi tanaman sehingga cepat tumbuh. Kandungannya berupa amonium sulfat yang mempunyai beberapa kegunaan.

Pupuk buah merk ZA bisa kamu gunakan untuk pupuk dasar ketika mulai menanam tumbuh-tumbuhan. Pemberiannya secara rutin dan terukur akan membuat tanaman cepat berbuah.

7. Pupuk Hijau

Jenis pupuk buah yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah pupuk hijau. Seperti namannya, pupuk ini memang berasal dari sisa hasil panen ataupun daun tanaman.

Karena berasal dari tumbuhan maka mengandung zat hara tinggi dan mudah terurai. Caranya menggunakan pupuk hijau sangat mudah karena tinggal memasukkannya ke liang lahan ketika sedang menyiapkan tanah atau menambah tanah pada tanaman.

8. Green World MAGICgro G8

Selanjutnya ada pupuk untuk tanaman buah agar cepat berbuah merk green world. Tau ngga bahwa green world adalah pupuk multifungsi. Aku kasih tau bahwa bisa kamu gunakan untuk sayur, buah, maupun tanaman pangan lainnya.

Untuk mengguakannya aplikasikan dengan pestisida atau jenis pupuk lain. Jika berhasil tanaman akan cepat berbunga dan berbuah. Selain itu manfaatnya bisa meningkatkan daya tahan tanaman.

9. GDM

Yang ke delapan ada pupuk tanaman buah agar cepat berbuah bernama GDM. Bentuk pupuk organik satu ini cair sehingga mudah menggunakannya.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari GDM adalah mampu meningkatkan produktifitas tanaman, daya tahan, menghasilkan buah yang lebih besar, daging tebal, dan rasanya lebih manis. Lakukan pemupukan setiap 1-2 minggu sekali pada tanaman apel, jeruk, mangga, nangka dll.

 

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Vitamin B1 Untuk Tanaman

Hendrasap
2 min read

Pupuk Dolomit

Hendrasap
2 min read

Pupuk Bunga

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *