Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Mahkota Dewa

2 min read

cara menanam mahkota dewa

Mahkota Dewa atau Phaleria macrocarpa merupakan jenis tanaman obat yang biasanya ditanam untuk peneduh. Ciri umum tanaman ini memiliki buah yang berwarna merah dan beracun jika tidak pandai mengolahnya. Dalam bahasa melayu, masyarakat menyebutnya dengan nama buah simalakama.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang salah satu tanaman obat yang ada di Indonesia. Pembahasan tanaman mahkota dewa ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang akan aku bahas yaitu ciri-ciri tanaman hingga harganya, tunggu apalagi yuk simak!cara budidaya buah mahkota dewa agar cepat berbuah

Mahkota Dewa

Salah satu kandungan buah simalakama ini adalah Flavonoid. Zat aktif ini bisa bermanfaat bagi manusia jika benar cara mengolahnya. Flavonoid mampu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kolesterol, anti radang, anti oksidan, meredakan sakit jika terjadi pendarahan dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

1. Ciri-ciri Tanaman

Apakah kamu pernah melihat tanaman mahkota dewa ? Jika belum pernah melihat aku akan memberikan ciri-cirinya nih. Berikut penjelasannya.

– Akar

Akar yang ada pada tanaman obat ini berjenis akar tunggang. Warna akar kuning kecoklatan dan pertumbuhannya bisa mecapai panjang 100 cm.

– Batang

Tinggi batang tanaman simalakama berkisar antara 1-2,5 meter. Sama seperti tanaman pohon yang berumur panjang, batang simalakama juga berkayu dengan permukaan kasar dan memiliki warna coklat.

– Daun

Daun tanaman ini berjenis tunggal dengan bentuk lonjong dan ujungnya runcing. Tanaman ini memiliki tangkai daun yang pendek, letak daunnya berhadap-hadapan dan pada bagian tepi tidak bergerigi. Warna daun cenderung hijau tua, tidak berbulu, permukaan licin.

Untuk ukuran daun berkisar antara panjang 7-10 cm dan lebarnya 2-5 cm. Pertumbuhan daun sangat lebat dan memiliki berbagai khasiat untuk pengobatan. Jika daun sudah tua, akan berubah warna menjadi agak gelap.

– Bunga

Tanaman ini memiliki bunga yang tumbuh sepanjang tahun. Biasanya bunga terletak pada bagian batang atau ketiak daun. Bunga berbentuk tabung dengan warna putih yang lumayan indah.

– Buah

Bagian buah tanaman ini lah yang memiliki beberapa khasiat untuk Kesehatan. Tapi harus tau cara mengolahnya karena mengandung racun. Besar buahnya bisa mencapai diameter 5 cm. Saat buah masih muda akan berwarna hijau kemudian akan berubah menjadi merah ketika sudah masak.

– Biji

Selain mempunyai buah, simalakama juga memiliki biji. Tapi pada bagian biji inilah bagian yang paling beracun. Bijinya berbentuk bulat, tekstur keras, dan pada bagian luar berwarna coklat sedangkan bagian dalamnya putih.

2. Kandungan

Yang namanya tanaman obat pasti dong memiliki khasiat tertentu untuk mengobati penyakit. Dibalik khasiat tersebut pasti ada kandungan yang membuatnya bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan mahkota dewa yang harus kamu ketahui.

– Zat Saponin

Simalakama memiliki zat saponin yang berfungsi sebagai imunitas sehingga mampu membuat daya tahan tubuh meningkat. Selain itu zat saponin juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah’

– Zat Alkaloid

Selanjutnya ada zat alkaloid yang bisa mendetoksifikasi/membersihkan racun yang bersarang di tubuhmu. Racun jangan kamu anggap sepele karena bisa membahayakan kesehatanmu.

– Zat Polifenol

Jika kamu punya penyakit alergi, gunakan saja ramuan buah simalakama. Karena memiliki Zat polifenol yang berfungsi sebagai anti alergi dan anti histamin.

3. Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa

Jika kamu masih penasaran tentang khasiat dan manfaat mahkota dewa untuk kesehatan, pada subjudul ini aku akan memberikan informasinya. Tanaman simalakama ini mampu mengobati flu dan batuk, meredakan sakit kepala, menangkal radikal bebas, mengobati stroke, mengatasi gatal pada kulit, mengobati gejala asam urat, meningkatkan sistem imunitas, mengobati berbagai gangguan kulit seperti bisul, eksim dan jerawat.

Selain itu khasiat dan manfaat mahkota dewa adalah mencegah penyakit liver, mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sebenernya masih banyak lagi manfaat yang dapat kamu ambil dari tanaman obat ini, tapi itu dulu ya.

4. Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa

Sebenarnya ada banyak cara mengolah buah mahkota dewa agar tidak beracun. Salah satunya yaitu dengan membuatnya menjadi minuman herbal.

– Pertama petik buah simalakama atau kamu bisa membeli ke tempat yang jual mahkota dewa. Pilih buah yang berwarna ungu kemerahan karena mengandung antikosidan tinggi.

– Belah menjadi 2 bagian lalu buang bijinya supaya tidak beracun.

– setelah itu iris tipis-tipis daging buah dan jemur sampai kering.

– jika sudah kering masukkan ke wadah yang aman.

Cara mengolah buah mahkota dewa juga akan memberikan cara penyajiannya. Siapkan semua keperluan lalu masukkan 2-3 keping buah yang telah kering ke gelas yang sudah kamu isi dengan air hangat 300ml. Setelah kamu diamkan selama 5 menit, ramuan bisa kamu nikmati.

5. Cara Menanam Mahkota Dewa

Perbanyakan tanaman mahkota dewa dapat kamulakukan melalui 2 cara yaitu metode generatif dan vegetatif. Kamu juga dapat membelinya di toko penyedia bibit tanaman.

Setelah mendapatkan bibitnya lepaskan polybag secara hati-hati supaya akar tidak rusak. Lalu masukkan bibit ke lubang yang telah kamu siapkan, padatkan dan beri ajir untuk penanda. Jangan lupa melakukan perawatan secara teratur.

6. Harga

Di pasar, buah simalakama dijual dalam bentuk buah segar maupun sudah kering. Harga jual mahkota dewa di toko online pun juga beragam, berikut contoh harganya

Nama Harga Sumber
Bibit Simalakama Rp11.400 https://shopee.co.id/Bibit-mahkota-dewa-i.127582514.1932892290
Bibit Mahkota Dewa Rp19.000 https://shopee.co.id/Bibit-Mahkota-Dewa-Pohon-Mahkota-Dewa-Buah-Mahkota-Dewa-i.42717694.997452843
500gr Buah Kering Simalakama Rp50.000 https://shopee.co.id/500gr-Mahkota-Dewa-Original.-i.52907395.1041197461
1kg Buah Mahkota Dewa Rp31.000 https://shopee.co.id/1-kg-buah-mahkota-dewa-simalakama-segar-Phaleria-macrocarpa-Papua-Irian-jaya-i.3275143.7941307041
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Mengkudu

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Sambiloto

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *