Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Macam Macam Bumbu Dapur dan Rempah

2 min read

macam macam jenis bumbu dan rempah

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki macam macam bumbu dapur dan rempah yang beraneka ragam. Apalagi masakan khas Indonesia sangat terkenal kerena menggunakan banyak rempah untuk membuat cita rasa yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Untuk kamu yang suka memasak, penting untuk tahu beragam rempah yang ada di Indonesia ini.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang berbagai bumbu dapur dan rempah yang ada di Indonesia. Pembahasan macam macam bumbu dapur dan rempah ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Yuk simak artikel ini!jenis jenis bumbu

Macam macam Bumbu Dapur dan Rempah

Mungkin kamu berfikir bahwa bumbu dapur atau rempah hanya untuk melezatkan makanan saja. Eitsss jangan salah, justru penggunaan berbagai macam rempah tersebut akan membuat kesehatanmu terjaga oleh kandungan rempah tersebut. Jadi hidup sehat di Indonesia cukup mudah kan hehe.

1. Kapulaga

Kapulaga merupakan rempah yang dihasilkan dari biji tanaman Amomum yang masih satu keluarga dengan jahe-jahean. Tanaman ini berasal dari Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan.

Biji kapulaga kecil berbentuk polong, penampang irisan berbentuk segitiga dan gelendong kumparan dengan kulit luar yang tipis. Kapulaga berwarna hitam beraroma harum dan sedikit pedas, nama-nama bumbu dapur dan fungsinya kapulaga biasanya digunakan sebagai pengganti seledri pada sup.

2. Adas

Adas atau adas pedas adalah tanaman asli dari daerah timur tengah. Macam macam bumbu dapur dan rempah adas sudah lama dikenal sebagai tanaman bumbu dan tanaman obat. Minyak adas juga merupakan salah satu komponen minyak telon lho.

Pohon adas berbentuk seperti layaknya tanaman pada umumnya. Biji adas memiliki bau yang harum dan biasanya petani menjualnya dalam betuk kering. Biji adas memiliki panjang dari 4-9 milimeter dan mempunyai alur.

3. Ladajenis jenis rempah rempah

Lada atau merica merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan kimia. Lebih dari 80% hasil panen lada di Indonesia merupakan komoditas ekspor yang menjanjikan. Ada 2 macam jenis lada yaitu lada hitam dan lada putih, keduannya memiliki rasa pahit, pedas, hangat, dan antipiretik.

Lada berkembang biak dengan biji, tetapi kamu juga bisa memperbanyaknya dengan penyetekkan. Macam macam rempah dan manfaatnya lada adalah sebagai stimulan pengeluaran keringat dan angin, peluruhan  air kencing, meningkatkan nafsu makan, obat rematik dll. Lada juga bisa untuk insektisida pembunuh serangga.

4. Kayu Manis

Macam macam bumbu dapur dan rempah berikutnya adalah kayu manis. Orang sudah mulai menggunakan rempah ini sejak zaman mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Bumbu dapur kayu manis beraroma manis dan pedas.

Banyak makanan yang bisa kamu bumbui kayu manis, seperti tongseng kambing atau sapi, gulai, campuran minuman dll. Untuk Kesehatan, kayu manis bermanfaat untuk mengobati penyakit radang sendi, jantung, perut kembung dll.

5. Ketumbar

Ketumbar akan dikeringkan oleh petani lalu dijual untuk bumbu dapur atau rempah yang memiliki aroma khas. Aroma ini timbul karena komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar.

Semua bagian tumbuhan ketumbar bisa kamu konsumsi. Misalnya daun ketumbar yang mirip seperti seledri, di Thailand sering diiris tipis lalu ditaburan dalam masakan seperti sup dan salad. Manfaat ketumbar yang lain adalah untuk mempelancar pencernaan, peluruh ASI dan penambah nafsu makan.

6. Cengkih

Cengkih adalah kuncup bunga dari keluarga pohon Myrtaceae. Di Indonesia, cengkih banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan utama pembuatan rokok khas Indonesia. Cengkih ini merupakan tananam asli Indonesia namun sekarang sudah menyebar sampai ke Sri Langka.

Selain itu, macam macam rempah dan manfaatnya cengkih dapat mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering bisa kamu gunakan untuk pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang.

7. Serai

Apa yang kamu ketahui tentang serai ? Serai itu tumbuhan yang masuk dalam suku rumput-rumputan dan bisa kamu gunakan untuk pengharum makanan. Cara meperbanyak serai cukup mudah yaitu melalui tunas kemudian tanam di tanah yang subur.

Serai mengandung sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk maka tanaman ini bisa kamu suling untuk mendapatkan minyaknya. Nama-nama bumbu dapur dan fungsinya minyak serai bisa berguna untuk pengusir nyamuk dan serangga lainnya secara alami.

8. Kemiri

Kemiri adalah tumbuhan yang biasa diambil bijinya untuk sumber penghasil minyak dan rempah-rempah. Kemiri menyebar luas mulai dari India sampai Selandia Baru. Kemiri juga bisa kamu olah menjadi saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi.

Kemiri bisa diolah menjadi minyak yang berguna untuk mengawetkan kayu, pernis atau cat, melapis kertas agar anti air, bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dll.  Minyak kemiri mengandung asam oleostearat.

9. Pekak/Bunga Lawang

Bunga lawang adalah rempah untuk penyedap rasa makanan yang memiliki rasa mirip dengan adas manis. Rempah ini banyak digunakan dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang sangat popular di China karena merupakan salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong.

Bunga Lawang atau pekak sebenarnya bukanlah bunga pada umumnya, melainkan buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil kemudian diproses sampai mejadi salah satu macam macam bumbu dapur dan rempah. Rempah ini juga berkhasiat untuk Kesehatan seperti mengatasi gangguan pencernaan, melancarkan saluran kencing, obat sakit sendi.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *