Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Kumis Kucing

2 min read

kumis kucing

Kumis Kucing atau orthosiphon aristatus merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia. Tanaman obat ini dikenal karena mempunyai manfaat yang cukup banyak untuk menyembuhkan penyakit. Lalu bagaimana penjelasan secara lebih rincinya ? Simak artikel ini selengkapnya.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang tanaman obat. Pembahasan tanaman kumis kucing ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdiri dari 6 subjudul mulai dari jenis-jenis kumis kucing sampai cara menanamnya.Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing untuk Obat

Kumis Kucing

Tanaman obat ini dikenal dengan nama kumis kucing karena memiliki ukuran benangsari yang lebih panjang dari pada mahkota bunga sehingga membuatnya berbentuk seperti kumis kucing. Meski terkenal lewat bunganya tetapi bagian daunnyalah yang selama ini sering dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal.

1. Jenis jenis Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki ciri-ciri berbatang basah yang tegak. Memiliki helai daun berbentuk bundar, bundar telur bahkan belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya. Ciri khas tanaman ini terdapat pada bagian kelopak bunga yang berkelenjar, berurat dan pangkal berbulu pendek dengan warna ungu kemudian berubah menjadi warna putih.

Tanaman ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan warna bunga. Yaitu bunga biru, bunga putih, bunga putih tapi tulang daun dan tangkai bunga berwarna cokelat kemerahan.

2. Kandungan Kimia

Dari hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini banyak mengandung senyawa kimia. Berikut ini merupakan kandungan ekstrak daun kumis kucing dengan pelarut metanol dan n-Heksana.

Sumber: Researchgate

Pelarut Kandungan % Kadar
Metanol Z,Z-6,24-Tritriacontadien-2-one  5,640
Phytol 16,198
alpha.trans

sesquicyclogeraniol

5,230
D,.alpha.-Tocopherol 14,785
(E)-5,10-secocholest-1(10)-en-3,5-dione 10,355
Stigmasta-5,22-dien-3.ol 18,612
1,5-Dimethyl-6-(1,5-dimethylhexyl)-15,16-epoxy-

18 oxatetracyclo[9.6.1.0(2,10).0(5,9)]octdecane-13-one

21,710
Silicon grease, siliconfett 7,470
n-Heksana 1,1-Dicyclopentylethane 11,009
Bicyclo[3.2.0]hept-2,6-diene-1,2,3,4,4,5,6-d(7) 7,020
n-Butyl palmitate 22,516
1-oxo03.alpa.-(4-methyl-3-pentenyl)-6.alpa.-

methyl-6a.alpa.-carbomethoxy-1,3,3a.alpa.,6a￾tetrahydrocyclopenta[c]furan

21,805
1,1,3,3,5,5,7,7,9,9,11,11,13,13-

tetradecamethylheptasiloxane

15,117
1,4-bis(trimethylsilyl)-benzene 6,502
Silicone grease, Siliconfett 16,031

3. Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Kumis kucing memiliki manfaat yang populer untuk mengobati penyakit ginjal. Kabarnya dapat menghilangkan batu ginjal berukuran kurang dari 5 cm. Namun masih banyak lagi manfaat yang harus kamu ketahui.

– Mengobati penyakit pernapasan

Tanaman ini juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit pernapasan seperti batuk dan asma. Biasanya supaya lebih efektif dalam pengobatan herbal sering dicampur dengan ramuan lain. Perhatikan dosis juga supaya kamu tidak keracunan obat.

– Hipertensi

Kandungan kimia yang ada di daunnya dapat membantu mengurangi darah tinggi. Menurut sumber orang percaya bahwa tanaman ini memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang ampuh untuk mengurangi darah tinggi.

Zat kimia methylripariochromene dapat mengurangi tekanan darah sistolik pada tikus. Hal ini kemungkinan juga akan mempengaruhi tekanan darah manusia.

– Mengobati kandung kemih

Tanaman ini bisa membersihkan traktat dan memudahkan sistem kerja pada kandung kemih. Jadi sangat efektif untuk mengobati infeksi kandung kemih dan mencegah masalah kemih kambuh dikemudian hari.

– Mengatur kadar gula darah

Kabarnya daun dari tanaman ini bisa untuk mengobati gula darah karena efektif untuk mengontrol glukosa dengan lebih efisien. Perlu berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsinya.

– Obat batu empedu

Kombinasikan ekstrak daun kumis ini dengan tumbuhan Barleria spp. Hal ini diklaim bisa meringankan penyakit nefritis dan batu empedu.

– Obat rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang otot dan persendian hingga menimbulkan peradangan atau pembengkakan. Tanaman herbal ini juga di percaya dapat menyembuhkannya.

– Membersihkan racun

Manfaat lainnya dapat membantu proses detoksifikasi tubuh atau pembersihan racun. Dapat dipadukan dengan campuran lain supaya lebih nikmat mengkonsumsinya.

– Sakit Pinggang

Yang terakhir adalah dapat menyembuhkan sakit pinggang seperti encok. Campurkan dengan dengan bagian lain supaya cepat sembuh.

4. Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing untuk Obat

Daunnya biasanya diolah dengan cara merebus daun kumis kucing untuk diambil ekstraknya. Jika kamu ingin mengobati penyakit batu ginjal maka rebuslah daunnya dengan segelas air berbanding seper empat.

Ambil setengah air rebusannya. Lalu dapat dikonsumsi dengan dosis 2 kali sehari. Kamu bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter

Resep cara merebus daun kumis kucing untuk obat sakit pinggang dari tanaman ini adalah dengan menyiapkan 7 helai daun, 2 potong akarnya dan segelas air. Rebus bahan tersebut hingga mendidih.

Kemudian angkat dan biarkan semalaman. Paginya baru bisa dikonsumsi. Lakukan secara rutin agar cepat sembuh.

5. Efek Samping

Dari banyaknya manfaat kumis kucing ternyata menyimpan efek samping. Walaupun berasal dari alam kamu tidak boleh mengonsumsinya dengan dosis yang berlebihan. Patut disayangkan karena saat ini belum ada batas penggunaan herbal ini secara pasti.

Tidak disarankan mengonsumsi ekstrak tanaman dengan nama ilmiah Orthosiphon aristatus ini bagi ibu hamil atau menyusui, penderita retensi cairan edema karena sakit jantung atau ginjal dan memiliki riwayat sakit darah rendah.

6. Cara Menanam Kumis Kucing

Cara menanamnya tak jauh beda dengan menanam tanaman seperti biasanya. Yang perlu diketahui adalah syarat tumbuh tanaman ini.

Secara lengkap, sudah Nonatani bahas di halaman cara menanam kumis kucing.

Tanaman ini tumbuh dengan curah hujan lebih dari 3.000 mm/tahun. Dengan memerlukan pancaran sinar matahari penuh tanpa ternaungi. Ditambah dengan suhu udara yang baik yaitu panas sampai sedang.

Untuk media tanamnya membutuhkan lahan pertanian, untuk budidaya sebaiknya menggunakan tanah yang gembur, subur, tata air dan udara yang baik. Jenis tanah yang baik untuk budidaya adalah tanahAndosol dan Latosol. Ketinggian yang diperlukan sekitar 500-1.200 mdpl.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bunga Telang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Binahong

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *