Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Kopi Ateng

3 min read

kopi ateng

Kopi ateng adalah salah satu jenis kopi yang mulai banyak diminati oleh petani kopi pada umumnya. Selain itu kopi juga termasuk komoditas yang masih banyak peminatnya di pasar dunia. Sampai saat ini produksi kopi kita masih jauh dari kata cukup, maka dari itu para ahli mulai mengembangkan bibit-bibit kopi yang unggul.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang salah satu tanaman industri yang mulai populer di Indonesia. Pembahasan kopi ateng ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang akan aku bahas, tunggu apalagi yuk simak!

cara budidaya kopi ateng

Kopi Ateng

Seiring perkembangan zaman tanaman kopi masih saja menjadi primadona dalam suatu kebutuhan industri. Bagaimana tidak kopi dapat diolah menjadi minuman yang banyak diminati kalangan remaja hingga orang tua. Hal ini menjadi peluang usaha bagi petani kopi untuk terus mengembangkan usahanya.

1. Pengertian dan Sejarah Kopi Ateng

Kopi ateng merupakan nama salah satu jenis kopi yang berarti kopi dari Aceh Tengah. Memang masih terrgolong tanaman industri trobosan baru. Tapi jangan salah, jenis kopi ini sedang dikembangkan dan akan terus berjalan pengembangan tersebut karena penikmatnya tidak hanya di Indonesia tapi sudah go Internasional.

Jika mengulas dari segi sejarahnya, kopi aceh tengah ini memang berasal dari pembibitan yang dilakukan oleh seorang petani kopi yang berasal dari Desa Jaluk, Takengon, Aceh Tengah. Seiring berjalannya waktu sang penemu baru menyadari bahwa bibit yang ia tanam memiliki keunggulan.

Ia pun segera melakukan seleksi buah yang sudah matang untuk memperbanyak kopi ini. Tidak memerlukan waktu lama, masyarakat Kawasan Gayo, Aceh segera mendatangi hasil kopi tersebut.

Dengan keunggulan yang dimiliki kopi aceh tengah ini, para petani ada yang meminta bijinya untuk dilakukan perbanyakan. Hingga pada akhirnya jenis kopi ini mulai menyebar sampai ke wilayah Sumatra Utara.

2. Kelebihan dan Kekurangan

Dari tadi membahas keunggulan kopi aceh tengah, lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangannya jika dibanding dengan jenis kopi lain ? Berikut penjelasannya.

Kelebihan :

– Pada usianya 15 bulan setelah tanam, bibit sudah mulai berbunga lebat

– Memiliki ranum yang padat

– Pada awal panen sudah bisa menghasilkan buah kopi yang banyak

– Bibitnya murah dan gampang mendapatkannya

– Masa panen lebih cepat

– Buahnya lebat dalam waktu singkat

– Kebutuhan pasar yang lumayan menjanjikan

Kekurangan :

– Usianya pendek, yaitu hanya produktif pada usia 10-15 tahun saja

– Setelah berusia 15 tahun, produktivitasnya bisa terus menurun

– Rentan terhadap serangan penyakit seperti karat daun

3. Jenis Varietas Kopi Ateng

Petani kopi di Gayo, Aceh memang kerap sekali melakukan seleksi bibit. Hal ini dibuktikan dengan adanya kurang lebih 136 varietas yang ditanam di Aceh Tengah sampai Gayo Lues. Dengan demikian banyak petani yang melahirkan varietas kopi ateng super seperti berikut ini.

– Ateng Jaluk

Sebenarnya ateng jaluk merupakan nama lain yang diberikan masyarakat dari kopi ateng itu sendiri. Jadi yang kamu baca di atas adalah keunggulan yang ada pada varietas ateng jaluk ini.

– Ateng Janda

Untuk yang kali ini beda dari ateng jaluk. Ya namanya atang janda, kenapa di namakan ateng janda ? Alasan yang beredar adalah karena jenis ateng ini ditemukan seorang petani yang kebetulan bersetatus janda.

– Ateng Super

Masih satu lagi varietas kopi ateng super yang berhasil diseleksi oleh para petani kopi di tanah Gayo. Varietas ini lebih unggul jika dibandingkan dengan ateng jaluk dan ateng janda. Hal itu karena ateng super tahan pnyakit karat daun dan berbuah lebat.

4. Cara Pembibitan Kopi Ateng

Hampir sama dengan pembibitan tanaman kopi jenis lain, bibit kopi ateng super juga dapat kamu peroleh dari 2 cara yaitu generatif dan vegetatif. Sebelum melakukan pembibitan alangkah baiknya kamu melakukan seleksi indukan terlebih dahulu.

Pilih indukan yang unggul dan setelah mendapatkan bijinya maka simpan dalam peti yang terlapisi kain dan diberi minyak dengan perbandinag 1cc:100 cm2. Kemudian campur biji dengan arang 3:1.

– Menyemai Biji

Pertama, buatlah bedengan untuk menyemai biji kopi tersebut. Pastikan tanah untuk menyemai ini subur dan jika perlu tambahkan pupuk organik juga. Semai biji satu persatu lakukan juga perawatan sampai benih berkecambah sekitar 1 bulan semai.

Nah tidak hanya sampai di situ, ketika benih sudah tumbuh kamu harus memindahkannya ke dalam polybag. Jangan lupa melakukan perawatan lanjutan agar bibit tumbuh dengan baik dan siap kamu pindah ke lahan tanam.

Penanaman

Menanam bibit kopi ateng super sebaiknya dilakukan saat musim hujan terjadi. Hal ini supaya bibit bisa mendapatkan air secara langsung. Jadi tak perlu repot-repot menyiramnya setiap hari.

5. Cara Merawat Kopi Ateng yang Benar

Tentunya keinginan mendapatkan hasil panen yang melimpah harus melalui beberapa proses maupun membutuhkan waktu yang agak lama. Selain itu cara merawat kopi ateng sipirok juga akan mempengaruhi hasil panen nantinya.

– Penyulaman

Penyulaman bisa kamu lakukan jika ada bibit kopi yang rusak, mati atau pertumbuhannya kalah dengan bibit yang lain. Ganti dengan bibit yang baru dan sehat. Penyulaman juga bertujuan menjaga produktivitas tetap terjaga.

Penyiangan Gulma

Setelah beberapa bulan dari penanaman pasti sudah tumbuh gulma penggangu tanaman kopi. Gulma ini dapat menyerap nutrisi dari tanah yang seharusnya miliki bibit kopi. Maka dari itu lakukan penyiangan gulma setiap beberapa bulan sekali.

Pemupukan dan Penyiraman

Cara merawat kopi ateng sipirok selanjutnya adalah pemupukan dan penyiraman yang mana perawatan ini juga mempengaruhi produktivitas tanaman. Gunakan pupuk organik atau pupuk kimia yang pemberiannya sesuai dosis. Untuk penyiraman kamu bisa menyesuaikannya sendiri.

Pemangkasan

Cara lain untuk menjaga produktivitas kopi juga bisa dari pemangkasan rutin setiap habis panen. Banyak manfaat yang bisa tanaman kopi peroleh dari pemangkasan ini, diantaranya adalah memicu pertumbuhan bunga, mengurangi penguapan dll. Pemangkasan juga bisa kamu lakukan pada awal dan akhir musim hujan.

6. Harga Bibit dan Harga Kopi Ateng Super

Bagaimana dengan penjelasaku diatas, apakah kamu tertarik menanam sendiri kopi ateng ? Apabila tertarik berikut harganya yang ada di toko online.

Nama Harga Sumber
Bibit kopi ateng super isi 500gr Rp60.000 https://shopee.co.id/Bibit-kopi-ateng-super-isi-500gram-i.252566563.5954402368
Bibit kopi ateng super isi 250gr Rp35.000 https://shopee.co.id/Bibit-kopi-ateng-super-isi-250gram-i.252566563.3748788830
Bibit Kopi Ateng Super 1kg Rp118.300 https://shopee.co.id/Bibit-Kopi-Ateng-Super-Benih-kopi-Arabika-Isi-1KG-i.132554342.3242041281
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *