Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Hijauan Pakan Ternak

2 min read

hijauan pakan ternak

Potensi tanah Indoesia yang sangat subur bisa menjadi peluang untuk meningkatkan produksi hijauan pakan ternak. Tapi sayang karena kurangnya pengetahuan para peternak,  malah di temukan sapi keracunan karena kesalahan dalam pemberian makanan. Hal ini akan mengakibatkan sapi sakit lalu jika tidak ditangani dengan benar lama kelamaan akan mati.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang hijauan makanan hewan ternak. Pembahasan hijauan pakan ternak ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat beberapa subjudul yang menarik untuk kamu pahami, Yuk simak sekarang juga!jenis jenis hijauan pakan ternak terbaru terbaik

Rumput Hijauan Pakan Ternak

Rumput adalah bagian terpenting dari hewan ternak herbivora. Para peternak pun merasakan hal ini karena rumput mudah didapat dan mengandung banyak nutrisi yang akan dibutuhkan ternak nantinya. Berikut ini jenis jenis rumput yang bagus untuk pakan ternakmu.

1. Rumput Kolonjono

Brachiaria mutica atau kolonjono berasal dari Afrika Tropik. Masyarakat menggunakan rumput jenis ini untuk pakan sapi. Banyak kelebihan jika kamu menanam kolonjono untuk pakan ternak, yaitu mudah tumbuh di dataran tinggi sampai rendah dan perbanyakannya cukup mudah.

2. Rumput gajah

Macam macam hijauan makanan ternak lengkap lainnya adalah rumput gajah. Rumput ini berasal dari Afrika Tropis juga dan banyak sebutannya, misalnya rumput Uganda dan rumput Napier. Keunggulan rumput gajah cukup banyak yaitu tahan terhadap kekeringan, umur panjang, tumbuh disegala tempat dll.

3. Rumput Guatemala

Rumput Guatemala berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Strukturnya kuat, berumbai dan bentuk daun tandan besar. Banyak sekali kelebihan rumput ini salah satunya yaitu berguna untuk pembuatan silase jika kemarau tiba dan rumput ini bisa kamu jual belikan.

4. Rumput Zanzibar : Hijauan Pakan Ternak Baru Populer

Zanzibar masih satu keluarga dengan pakchong, maka dari itu jika kamu melihat sekilas rumput ini pasti akan bingung dengan perbedaannya. Agak beda dengan beberapa jenis rumput lain, Zanzibar bisa kamu gunakan untuk pakan kambing karena merupakan hijauan pakan ternak yang memiliki kandungan nutrient tinggi.

5. Rumput Benggala

Rumput benggala atau Panicum maximum beasal dari Zimbabwe, Afrika yang banyak digunakan peternak untuk memenuhi pakan hijauan pada ternak ruminansia. Kamu bisa menemukan rumput benggala dalam keadaan tumbuh berumpun, perakarannya kuat dan tingginya bisa mencapai 1,2 m. kandungan protein kasar pada rumput ini sekitar 8% dan serat kasarnya mencapai 27%.

6.  Rumput Setaria

Jenis jenis rumput yang terakhir ada Setaria, hijauan setaria adalah jenis rumput untuk pakan ternak yang berasal dari kawasan tropika dan subtropika Afrika. Pasti kamu bertanya-tanya seperti apa sih rumput setaria itu ? Nah rumput setaria memiliki tumbuh tegak dan berumpun lebat, batangnya tidak memiliki bulu dan berwarna merah, daunnya lunak dll.

Kandungan protein kasar rumput setaria sekitar 8% dan kandungan serat kasarnya 32%. Hasil panen rumput setaria bisa mencapai 80-100ton/ha/tahun dengan waktu panen selama 35-40 hari setelah tanam.

Hijauan Pakan Ternak Jenis Legume

Dari semua hijauan pakan ternak yang ada, kelompok legume atau kacang-kacangan mempunyai kadar protein tertinggi, mineral dan susunan kebutuhan zat makanan yang cukup lengkap daripada jenis pakan ternak lainnya. Berikut ini macam macam hijauan makanan ternak lengkap jenis legume.

1. Indigofera : Hijauan Pakan Ternak Populer

Yang pertama ada Indigofera atau tarum. Tanaman ini dulunya bangsa eropa yang membawanya pada tahun 1900-an lalu masyarakat mulai memanfaatkannya sebagai pakan sapi atau kambing sejak tahun 2000. Kacang-kacangan Indigofera sangat potensial sebagai pakan ternak, karena memiliki protein kasar 29,16% dan serat kasar 21,60%.

2. Alfalfa : Hijauan Pakan Ternak Nutrien Tinggi

Pakan ternak alfalfa atau Medicago sativa juga memiliki kualitas yang sangat bagus untuk pakan ternakmu, karena terdapat berbagai dampak positif untuk lingkungan dan kandungan yang sangat penting untuk hewan. Jika kamu akan bercocok tanam gunakan saja tumbuhan alfalfa untuk mengikat nitrogen, memperbaiki struktur tanah, dan mengontrol gulma  kelebihan.

Ciri yang menonjol dari tanaman ini adalah berakar tunggang, batang menyelusur tegak, tingginya berkisar 30-120 cm, daun tersusun tiga, tangkai daun berbulu dan berukuran 5-30 mm. Selain itu menurut Lab BPMSP Bekasi, alfalfa mengandung kadar air 90,69%, abu 14,75%, protein kasar 32,63%, lemak kasar 3,08%, serat kasar 29,24%, Ca 1,14% dan P 0,92%.

3. Lamtoro Gung

Lamtoro gung memiliki nama ilmiah Leucaena leucocephala L dan masyarakat memanfaatkannya untuk pakan ternak. Selain banyak yang menggunakannya untuk pakan, ternyata lamtoro gung bisa untuk mencegah erosi. Kandungan nutrient lamtoro gun sangat baik untuk kebutuhan ternakmu yaitu memiliki kadar air 76,63%, abu 8,31%, protein kasar 36,37%, serat kasar 21%.

4. Tanaman Turi

Tanaman turi memiliki ciri-ciri pertumbuhnya yang cepat, mempunyai akar dangkal dan bercabang menggantung. Para ahli telah menguji kandungan tumbuhan turi dan menghasilkan keunggulan untuk pakan ternak, salah satunya karena memiliki protrin kasar 27,59% dan serat kasar 23,17%. Tapi kamu harus hati-hati dalam pemberiannya ke ternak karena mengandung saponin yaitu zat anti nutrisi yang cukup berbahaya bagi ternak.

5. Gamal

Asal hijauan gamal dari Amerika tengah sampai Amerika Selatan dan di Indosesia kamu akan mudah menemukannya pada bagian barat wilayah negara kita ini. Gamal merupakan tumbuhan semak yang berbatang pendek dan bercabang tegak lurus. Kamu bisa memanfatkaan daun gamal untuk hijauan pakan ternak karena memiliki kandungan bahan kering 23% dan protein kasar 25,2%

6. Kaliandra

Kaliandra sangat umum ditemukan pada daerah pinggir hutan. Tumbuhan kaliandra cocok untuk pakan kambing. Hal ini masih berhubungan dengan kandungan protein yng tinggi yaitu sekitar 20% dan TDN sekitar 66%.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Pakan Kambing

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Rumput Gama Umami

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Rumput Benggala

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *