Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Habibi Garden

2 min read

habibi garden

Pernah ngga membayangkan bagaimana sih caranya supaya bisa berbicara dengan tumbuhan untuk mengetahui dia butuh apa. Heyyy sekarang sudah bisa lho, namanya habibi garden. Alat ini menggunakan Sensor Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan berbagai data.

Kali ini Nonatani akan membahas sebuah startup alat untuk pertanian. Pembahasan startup habibi garden ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca yaitu gambaran umum sampai lowongan kerja, Yuk simak artikelnya!dian prayogi susanto habibi garden

Habibi Garden

Sistem komunikasi yang dibawa startup ini berwujud sensor untuk mengetahui suhu, kelembaban, nutrisi media tanaman, intensitas cahaya dan lain-lain. Dengan adanya system komunikasi seperti ini para pemilik tanaman atau petani bisa mengetahui kebutuhan tanaman berdasarkan data yang sudah didapatkan melalui alat tersebut.

1. Gambaran Umum

Startup agrikultur ini mengombinasikan model implementasi Sensor Agrikultur Presisi dengan teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) Telkomsel. Dengan adanya penggabungan 2 teknologi tersebut akan memudahkan petani dalam memantau tanaman dengan cara memberikan data terkini tentang kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman lewat ponsel pintar.

Informasi tersebut akan berdampak positif bagi petani karena produktivitas bisa meningkat, mengurangi biaya, dan mengurangi resiko gagal panen. Dengan demikian startup habibi ini bisa meningkatkan nilai jual sampai 8 Miliar dalam waktu kurang dari 10 bulan. Mengejutkan bukan ?

Teknik-teknik yang ada dalam teknologi ini bisa membantu petani memahami tanaman secara lebih baik dan terpercaya. Petani akan mudah memutuskan suatu masalah berdasarkan fakta lapangan tersebut. Selain itu akan menghindari pemecahan masalah yang berdasarkan pada kebiasaan belaka.

2. Sejarah dan Pendiri

Sang pendiri bernama Dian Prayogi Susanto yang lahir di Lampung sukses menciptakan perangkat pertanian untuk irigasi berbasis digital yang diterapkan pada lahan pertanian. Berawal dari keprihatinannya terhadap system pertanian di Indonesia yang masih tradisional dan hanya sebatas menanam, memberikan pupuk, dan menunggu panen. Tanpa adanya cara untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tanaman dan tanah yang sesuai dengan keadaan cuaca dan temperatur.

Sebelumnya membuat startup pertanian ini Dian Prayogi Susanto sudah bekerja di salah satu perusahaan minyak dunia dengan gaji yang lumayan banyak. Namun lama-lama dian ingin memberikan manfaat pada lingkungan dan masyarakat. Dia pun keluar dari pekerjaannya.

Berbekal ilmu yang dia dapat dari universitasnya, mulailah membentuk project yang saat ini Bernama Habibi Garden. Karena dian seorang lulusan ITB yang berlatar belakang Pendidikan Teknik, Nama depan projeknya ‘Habibi’ sengaja dia ambil dari nama presiden ke-3 RI yaitu BJ. Habibie, yang juga merupakan Bapak Teknologi Indonesia.

3. Produk Habibi Garden

– HabibiGrow

HabibiGrow sudah hadir untuk soliusi pemupukan tanamanmu lewat smartphone. Jadi ngga perlu ribet-ribet lagi memupuk secara manual. Manfaaat yang bisa kamu dapat dari habibigrow adalah ramah lingkungan, sistem irigasi otomatis, mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, bisa melakukan pengairan sesuai jadwal.

– Habibi Cooling

Habibi cooling adaah pompa air bertekanan tinggi untuk mendinginkan Greenhouse. Alat ini telah dilengkapi nozle pengkabutan air yang aktif melalui tombol menu pada Habibi Grow atau bisa langsung dari Smartphone juga. Kelebihan yang bisa kamu dapat adalah menjaga kesetabilan suhu, memprediksi cuaca, menjaga kelembaban greenhouse, memantau hama dan penyakit.

– Habibi Climate

Produk ini berupa sensor untuk termohygrometer pada lahan Greenhouse. Sensor tersebut memiliki 3 indikator sebagai pengtur kelembaban, suhu dan tekanan udara. Beroprasi pada jangkauan 100-300m2.

– HabibiDripTape

Habibi Drip Tape merupakan salah satu produk yang berupa selang pipih. Karena memiliki membrane Filter dan Pengatur Tekanan maka akan mendistribusikan air ke lahan secara seragam. Selain itu bisa memberikan pupuk dengan air dan anti mampet.

– HabibiCam

Habibicam adalah produk untuk memantau pertumbuhan tanaman, keamanan dan kebun dengan menggunakan konektivitas internet. Jadi dapat kamu lihat secara live dari Smartphone.

4. Mitra dan Petani Mitra

Untuk petani mitra yang sudah menerapkan alat pertanian yang canggih ini memang belum banyak. Tapi dari pengakuan mereka rata-rata sangat terbantu dengan adanya startup alat pertanian ini.

Petani mitra yang sudah ada berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. Yaitu mulai dari provinsi jawa barat, jawa timur hingga lampung. Jenis tanaman yang mereka budidayakan cukup banyak.

Salah satunya cabe merah. Seorang petani mitra mengatakan kendala menanam cabe merah yang sangat merugikan adalah penyakit. Hal itu karena penyakit cabe tidak terlihat dan mencari pekerja kebun juga lumayan susah untuk mengontrolnya.

Habibi garden hadir untuk mengatasi permasalahan pertanian yang masih berbasis manual ini. Petani pun merasa terbantu dengan adanya alat bertani ini.

5. Aplikasi Habibi Garden

Aplikasi bernama Habibi ini sudah dikembangkan untuk membantu petani seperti mengolah lahan sampai perawatan juga. Bagi kamu pengguna startup ini akan dimudahkan karena dapat mengontrol kebun kapanpun dan di manapun.

Dengan aplikasi tersebut kamu akan mudah mengetahui kondisi terkini tanaman berdasarkan data yang ada pada alat pengukur seperti intensity, pressure, soil moisture, soil nutrient dll. Dapat bekerja secara otomatis sesuai kondisi iklim dan dapat mengendalikan penyiraman, cahaya lampu dll.

6. Lowongan Kerja Habibi Garden

Jika kamu suka dengan teknologi dan pertanian mungkin habibi garden cocok untuk kamu. Selain itu kamu bisa membangun negeri dan menyelesaikan masalah tentang pertanian.

Kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan fasilitas jika bekerja disana. Lebih lengkapnya kunjungi website https://www.habibigarden.com/.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

iPlant

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Agromaret

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Efishery

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *