Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Wortel

2 min read

cara menanam wortel

Warnanya merah kekuningan, sangat baik untuk kesehatan mata, yaa tentu saja wortel hehe. Wortel merupakan tumbuhan umbi dengan siklus hidup 12-24 bulan dan warna bunganya putih. Yang namanya umbi-umbian sudah pasti dong menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar dalam akarnya, ngomong-ngomong tau ngga cara menanam wortel itu seperti apa ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara membudidaya tanaman wortel. Cara menanam wortel ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca, yuk simak sekarang juga!cara budidaya wortel agar cepat berbuah

Cara Menanam Wortel

Umbi wortel dapat kamu makan dengan berbagai cara, yang banyak disarakan sih kamu buat jus karena kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja. Kandungan wortel dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kangker dan mengobati sembelit.

1. Bibit Wortel

Cara budidaya wortel di pot akan aku awali dengan menyemai biji wortel. Biji wortel yang telah disiapkan tidak usah kamu rendam. Langsung semai saja ke wadah penyemaian.

Lubangi bagian bawah wadah semai, tidak perlu banyak-banyak yang penting bisa untuk sirkulasi air. Isi wadah dengan campuran tanah, pasir atau sekam padi dan kompos. Jangan terlalu banyak ya mengisinya cukup ¾ saja.

Taburkan cara membuat bibit wortel dari biji ke media tanam secara merata dan jangan terlalu banyak, lalu tutup dengan media tanam lagi, jangan terlalu banyak juga ya. Supaya media tetap lembab semprotkan air menggunakan spray. Kemudian tutup bagian atas wadah semai dengan plastik bening, beri lubang sebanyak 3-5 supaya udara bisa masuk.

Taruh wadah di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Perhatikan apakah media tanam kering atau tidak, jika kering semprotkan air menggunakan spray. Buka tutup plastik jika benih mulai berkecambah.

Perawatan yang kamu lakukan hanya berupa menjaga kelembaban media semai jadi jika kering berikan air dengan cara menyemprotnya sebanyak 1-2 kali. Cara membuat bibit wortel dari biji ini akan berakhir jika kecambah sudah memiliki 3-4 helai daun.

2. Persiapan Lahan Tanam

Langkah ke-2 cara budidaya wortel di pot adalah mempersiapkan lahan tanam bibit wortel. Siapkan wadah pembesaran berupa pot, polybag atau kaleng bekas. Pastikan pot untuk menanam bibit di bagian bawah ada lubangnya untuk keluar air jika tergenang.

Pada dasar pot masukkan batu-batu berukuran kecil supaya lubang tidak tersumbat tanah. Isi pot dengan campuran tanah, kompos dan sekam. Tanam bibit dengan membuat lubang terlebih dahulu.

Masukkan bibit ke lubang tanam, padatkan tanah pada sekeliling bibit dan pastikan posisinya tegak. Letakkan pot pada tempat yang terang dan aman. Jika sudah bertambah daunnya baru letakkan pada tepat terbuka dan rawatlah dengan baik.

3. Jarak Tanam Wortel yang Ideal

Karena cara menanam wortel mengguakan media tanam berupa pot, kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan luas lahan milikmu. Tentu akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan jarak cara tanam wortel hidroponik. Yang mana menanam sayuran hidroponik ada patokan untuk menentukan jarak tanam yang ideal, yaitu dengan mengandalkan lebar fisik sayuran ketika sudah dewasa.

4. Cara Menanam Wortel

Cara menanam wortel akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika kamu rajin merawat tanaman wortelmu. Perawatannya cukup simple yaitu penyiraman, pemupukan susulan, penjarangan, penyiangan, pembumbunan tanah.

Lakukan penyiraman secara hati-hati agar tidak menggerus tanah dan supaya tanaman tidak rusak. Siram tanaman sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Pemupukan dapat kamu lakukan sebelum penyiraman ini, pupuk dapat berupa kompos atau pupuk kimia.

Wortel dapat berkembang biak secara vegetatif jadi perlu melakukan perawatan berupa penjarangan tanaman wortelmu. Hal ini kamu lakukan supaya wortel mendapat unsur hara secara optimal. Sambil melakukan penjarangan ada baiknya kamu menghilangkan gulma (penyiangan) yang tumbuh di sekitar tanaman wortel.

Pembumbunan atau penambahan tanah ke dalam pot juga perlu kamu lakukan. Supaya akar yang mulai kelihatan karena tanah tergerus dapat teratasi. Pembumbunan tanah juga berfungsi untuk memperbaiki tanaman wortel yang posisinya miring.

Perawatan menanam wortel di pot ini sangat berbeda dengan merawat wortel yang cara tanam wortel hidroponik. Pada wortel hidroponik akan membutuhkan nutrisi yang banyak untuk meningkatkan tumbuh kembangnya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Wortel

Menanam wortel tidak semudah yang kamu bayangkan karena terdapat beberapa masalah yang bisa membuat wortelmu gagal panen. Masalah tersebut adalah serangan hama dan penyakit.

Hama tanaman wortel antara lain ulat tanah, kutu daun, lalat atau magot dll. Jika tanaman yang terserang hama kamu biarkan maka akan menggangu tanaman lain. Jadi cepat lakukan pembasmian dengan menggunakan insektisida.

Ada juga penyakit tanaman wortel yang harus kamu waspadai yaitu bercak daun cercospora, nematoda bintil akar, busuk alternaria dll. Untuk mengatasi penyakit tersebut semprotkan fungisida sesuai dosis.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Wortel

Ada banyak harga bibit maupun harga wortel di toko online. Berikut aku akan memberikan contoh harganya. Tunggu apa lagi yuk lakukan cara menanam wortel sekarang juga.

Nama Harga Sumber
Daily Farm Benih Wortel Kuroda Rp10.000 https://shopee.co.id/Daily-Farm-Benih-Bibit-Wortel-Kuroda-Benih-Hidroponik-Tanah-i.21673002.4500263076
200 Benih Wortel Kuroda F1 Rp3.500 https://shopee.co.id/200-Benih-Wortel-Kuroda-F1-bibit-tanaman-sayur-Sayuran-i.34640423.484506967
6 Benih WORTEL Ungu CARROT Purple Haze F1 Rp6.000 https://shopee.co.id/6-Benih-WORTEL-Ungu-CARROT-Purple-Haze-F1-Mr.-Fothergills-Bibit-tanaman-Sayuran-i.34640423.484616418
Wortel Berastagi Conventional 500 gram Rp15.000 https://shopee.co.id/Wortel-Berastagi-Conventional-500-gram-(Sayurbox)-*BISA-INSTANT-DELIVERY*-i.47882995.5933334239
Wortel Lokal – 500 gram Rp6.200 https://shopee.co.id/Wortel-Lokal-500-gram-i.188224035.4102419004
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Padi

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ubi Jalar

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Kembang Kol

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *