Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Vanili

2 min read

cara menanam vanili

Cara menanam vanili agar cepat berbuah memang bisa dilakukan dimana saja. Jika tidak mempunyai lahan sebagai tempat penanaman vanili, maka penanaman dapat dilakukan di dalam pot sehingga lebih efisien dan praktis.

Kali ini Nonatani akan membahas cara budidaya vanili yang bisa dilakukan oleh pemula. Sehingga nantinya siapa saja bisa melakukan cara menanam vanili ini secara sederhana, baik di pot, polybag maupun di lahan. Bahkan memungkinkan untuk ditanam di halaman rumah.cara budidaya vanili modern lahan sempit di polybag dengan sabut kelapa

Cara Menanam Vanili

Tanaman vanili atau bisa disebut juga dengan nama vanilla, panili atau perneli ini berupa buah yang berbentuk menyerupai kacang polong. Cara menanam vanili akan berjalan dengan baik jika ditanam pada suhu udara 20-25 derajat celcius dan ditanam pada tanah dengan pH 5,7-7.

1. Pemilihan Bibit Vanili

Dalam pemilihan bibit cara menanam vanili bisa menggunakan 2 metode yaitu metode generatif (biji) dan metode vegetatif (stek). Jika perbanyakan dilakukan dari biji, pilihlah bibit yang sudah tua lalu jemur biji tersebut selama beberapa jam. Setelah itu lakukan penyemaian hingga bibit ditumbuhi akar. Akan tetapi banyak petani vanili yang lebih menyukai perbanyakan melalui metode stek karena terbukti lebih mudah dan membutuhkan waktu yang lebih singkat dibanding melalui metode biji.

Cara merawat tanaman vanili dari stek dalam pot agar cepat berbuah yang pertama, pilihlah batang tanaman yang batangnya sudah tua, sehat, dan tidak rusak serta panjang batang induknya sekitar 2-3 meter lebih. Kemudian potong batang induk tanaman sekitar 30-40 cm. Jika sudah mendapat bibit sesuai kriteria, bersihkan bibit menggunakan tisu atau lap bersih kemudian rendam di dalam air sekitar 10 menit.

Setelah itu angkat bibit stek dan lap lagi menggunakan kain kering. Lalu rendam bibit stek hanya di bagian ujung saja selama 5-7 hari. Setelah itu akan muncul daun tunas di bagian bawah stek yang direndam, itu tandanya proses stek berhasil.

2. Persiapan Lahan Budidaya Vanili

Persiapan lahan budidaya tanaman vanili bisa dilakukan pada tanah gembur yang agak lembab. Pastikan dalam pemilihan tempat budidaya vanili tidak terlalu panas namun tetap mendapat intensitas cahaya yang memadai. Untuk itu berikan naungan pohon yang lebih tinggi di atas tanaman agar tanaman vanili tidak terlalu kepanasan. Untuk pemupukannya sendiri lebih baik menggunakan pupuk organik agar kesehatan lingkungan tetap terjaga dan tidak mengubah tekstur tanah.

Kelebihan dari penanaman vanili ini bisa ditanam di tempat yang sempit, salah satunya adalah menggunakan sabut kelapa. Cara budidaya vanili modern lahan sempit di polybag dengan sabut kelapa sebagai tempat panjatan sering digunakan oleh petani vanili. Jika ditanam secara tabulampot, gunakan pipa paralon sepanjang 1,5 meter dan berdiameter 5 cm yang telah dicor ke dalam pot. Kemudian lapisi pipa tersebut menggunakan sabut kelapa agar dapat menyerap dan menahan air.

3. Jarak Tanam Vanili Yang Ideal

Cara menanam vanili yang baik dan benar ditentukan dengan jarak tanam vanili yang ideal. Oleh sebab itu jarak tanam vanili baiknya berkisar antara 1 x 1,5 meter hingga 1,5 x 1,5 meter. Dengan mengatur jarak tanam tersebut maka kamu sudah melakukan hal yang baik untuk menunjang pertumbuhan tanaman.

4. Cara Menanam Vanili

Cara merawat tanaman vanili dari stek dalam pot agar cepat berbuah memerlukan teknik penyiraman yang benar. Normalnya tanaman vanili perlu disiram 2 kali dalam sehari, namun jika kondisi tanahnya sudah cukup basah lebih baik proses penyiraman dikurangi menjadi sehari sekali. Selain itu kondisi cuaca juga berpengaruh untuk menentukan intensitas penyiraman, jika cuaca sedang terik maka intensitas penyiraman bisa ditambah agar tanaman tidak kering.

Untuk vanili tabulampot, pemupukan pada 6 bulan pertama berikan pupuk kompos setiap 3x dalam seminggu yang bisa dilakukan di sore hari. Dan pada 6 bulan berikutnya berikan pupuk tebar serbuk siap pakai kemudian tumpuk kembali dengan sabut kelapa. Agar komposisi yang berada di dalam pot tidak terbuang sia-sia, berikan pasir malang di atas permukaan tanah dalam pot. Jika sudah berumu 2-3 tahun maka buah vanili sudah bisa dipanen.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Vanili

Penyebab kegagalan dari cara budidaya vanili modern lahan sempit di polybag dengan sabut kelapa adalah hama dan penyakit tanaman. Penyakit busuk yang disebabkan oleh jamur  Fusarium oxysporumt. sp. vanillae bisa terjadi karena kondisi lingkungan yang terlalu lembab. Namun, pemilihan bibit unggul yang sesuai dengan kriteria di atas bisa meminimalisir penyebab kegagalan tersebut agar tidak terjadi.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Vanili

Jika cara menanam vanili dilakukan dengan baik dan menghasilkan hasil panen yang berkualitas dengan kondisi pasar yang terus membutuhkan produk vanili, maka bukan tidak mungkin jika harga vanili tetap stabil atau bahkan menjadi lebih tinggi.

Kelompok Harga Harga Vanili Sumber
Bibit vanili asal stek siap tanam Rp 2.900 https://www.tokopedia.com/bibit-vanili
Bibit vanili murah stek Rp 3.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-vanili
Benih vanili 50 cm siap tanam Rp 11.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-vanili
Vanili jenis planipolia Rp 2.500 https://www.tokopedia.com/find/bibit-vanili
Jenis bibit vanili plani Rp 22.500 https://www.tokopedia.com/find/bibit-vanili
Jenis bibit vanili tahiti Rp 3.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-vanili

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *