Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Ubi Jalar

3 min read

cara menanam ubi jalar

Ubi jalar atau Ipomoea batatas merupakan tanaman budidaya yang diambil umbinya untuk diolah menjadi berbagai makanan kaya karbohidrat. Katanya ubi jalar berasal dari Amerika Selatan yang memiliki iklim tropis kemudian pada abad 16 ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia. Lalu gimana ya cara menanam ubi jalar ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara membudidayakan ubi jalar. Cara menanam ubi jalar ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca, Yuk simak sekarang juga!

cara budidaya umbi jalar

Cara Menanam Ubi Jalar

Masyarakat tidak hanya memanfaatkan umbinya saja melainkan daun mudanya juga bisa diolah menjadi sayur. Selain itu ada juga yang menjadikan tanaman ubi jalar sebagai tanaman hias. Jika dibandingkan tanaman sumber karbohidrat lain, ubi jalar jelas memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU.

1. Bibit Ubi Jalar

Masih bingung untuk mendapatkan bibit ? Tenang kamu dapat membuat bibitnya sendiri kok karena ubi jalar dapat diperbanyak menggunakan 2 yaitu generatif dan vegetatif.

Pertama aku akan menjelaskan perbanyakan generative dengan melalui umbi. Kamu tinggal memilih umbi yang dirasa berkualitas lalu letakkan pada tempat yang memiliki suhu lembab sampai tunasnya keluar.

Jika sudah tumbuh tunasnya, lalu potonglah tunas yang tumbuh itu dan barulah bibit umbi ini siap dibesarkan. Metode generatif ini bisa kamu lakukan jika cara menanam ubi jalar hanya dalam sekala terbatas. Kamu bisa menggunakan cara perbanyakan ini untuk mengembalikan sifat unggul indukan.

Yang kedua adalah perbanyakan vegetatif dengan melalui cara stek batang. Langkah awal pilihlah indukan dari tanaman yang masih berumur lebih dari 2 bulan dan masih pendek-pendek ruasnya.

Potong batang tanaman yang sudah kamu pilih dengan panjang kira-kira 15-25 cm. Setiap potongan harus ada dua ruas batang, itupun masih syarat minimal ya. Kemudian papas beberapa daun yang sudah tua agar penguapan dapat diminimalisir dan ikat batang tersebul lalu biarkan di tempat teduh selama 1 minggu saja.

Mudah dan ngga ribet menanam ubi jalar dengan metode stek ini. Tapi harus kamu ingat bahwa stek batang secara terus menerus akan berdampak pada penurunan kualitas tanaman ubi jalar. Idealnya sih hanya 3-5 perbanyakan saja.

2. Persiapan Lahan Tanam

Banyak cara untuk menanam ubi jalar ini salah satunya adalah dengan menggunakan media karung ataupun polybag. Pada sub judul ini aku akan membahas tentang cara tanam ubi jalar dalam karung agar berbuah banyak dan besar. Cara ini tidak jauh beda dengan di media polybag.

Pertama, kamu harus menyiapkan tanah untuk media tanam bibit. Jenis tanah yang paling bagus untuk menanam ubi jalar adalah tanah berdebu bercampur pasir. Tapi tidak harus menggunakan tanah ini juga sih, gunakan tanah yang mengandung humus banyak dan gembur.

Campur tanah yang kurang subur dengan pupuk kompos secukupnya saja. Hal ini karena pemupukan yang harus kamu lakukan terdapat pada fase pengisian umbi ketika sudah muncul.

Jika sudah siap, masukkan tanah ke karung atau polybag. Buat lubang pada bagian bawah dan samping karung supaya air tidak menggenangi media tanah.

Bibit yang sudah kamu siapkan tadi sebaiknya segera ditanam. Buat lubang pada bagian tengah kemudian tancapkan bibit. Setiap karung sebaiknya hanya 1 bibit saja supaya umbi dapat tumbuh maksimal.

Letakkan pada tempat terbuka lalu siram bibit yang baru kamu tanam agar tidak layu. Aturlah jarak antar karung agar terlihat lebih tertata dan memudahkan perawatan.

3. Jarak Tanam Ubi Jalar yang Ideal

Cara budidaya ketela rambat di polybag atau karung tidak membutuhkan lahan yang luas. Tapi tak ada salahnya jika kamu memaksimalkan lahan dengan menggunakan karung yang berukuran kecil. Dengan wadah yang kecil juga akan memudahkan kamu untuk memindah tanaman tesebut ke tempat yang aman jika terjadi hujan deras atau banjir yang bisa saja melanda.

4. Cara Menanam Ubi Jalar

Perawatan ubi jalar juga harus kamu lakukan karena umbi akan berisi jika kamu melakukannya. Hal ini berkaitan dengan pemupukan inti ya dan perawatan lainnya.

– Penyiraman

Kalau kamu mau menyiram tanaman ubi jalar dalam karung sebaiknya gunakan gembor dan lakukan saat pagi hari saja. Jangan teralu banyak menyiramnya agar tidak layu dan tanah tidak selalu lembab. Jika tanah lembab akan memicu tumbuhnya cendawan patogen yang bisa menimbulkan scab (kudis) pada bagian umbinya.

– Penyiangan Gulma

Karena kamu melakukan cara budidaya ketela rambat di polybag ataupun di karung maka akan minim melakuakan pembersihan gulma. Cukup beberapa bulan sekali saja ketika sudah banyak tumbuh gulma. Setelah mencabuti gulma lakukan juga penyiangan sambil memberikan pupuk pembesaran umbi.

– Pemupukan Pembesaran Umbi

Setelah tanaman ubi jalar berumur 1,5 bulan inilah saat yang tepat untuk melakukan pemupukan. Hal ini karena umbi sudah mulai muncul pada umur 1,5 bulan dan sudah siap kamu beri nutrisi agar ukuran umbinya besar-besar.

Pupuknya pun mudah kamu temui. Gunakan saja pupuk organik supaya rasa manis asli umbi tetap terjaga. Atau kalau tidak kamu bisa membut bokashi agar nutrisi dalam pupuk cepat diserap oleh umbi dan ini juga bisa dibilang metode rahasia cara tanam ubi jalar dalam karung agar berbuah banyak dan besar.

Untuk membuat bokashi memang membutuhkan waktu yang agak lama. Makanya siapkan di awal ketika mau melakukan cara menanam ubi jalar.

  • Yang pertama siapkan pupuk organik, terpat, gula, seember air dan EM4
  • Larutkan ½ kg gula kedalam air. Kemudian campurkan EM4 sebanyak 500ml dan simpan selama 1 hari atau lebih ditempat yang memiliki suhu sejuk.
  • Setelah itu kamu bisa mencampurnya ke pupuk organic tadi
  • Tutup dengan terpal sampai pupuk mau digunakan

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Ubi Jalar

Melakukan cara menanam ubi jalar memang agak mudah. Namun kegagalan dapat timbul karena serangan hama dan penyakit seperti cendawan pathogen, uret, orong-orong dll.

Hama dan penyakit itu dapat menyebabkan kudis, busuk buah dll. Kamu dapat mengendalikannya dengan pemberian insektisida dan fungisida secara terukur.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ubi Jalar

Subjudul ke-6 ini aku akan memberikan referensi harga ubi jalar yang ada di toko online. Berikut harganya.

Nama Harga Sumber
Bibit Ubi Ungu Ubi Jalar Rp250 https://shopee.co.id/Bibit-Ubi-Ungu-Ubi-Jalar-i.124873656.5123214371
Stek bibit ubi jalar kuning madu Rp5.200 https://shopee.co.id/Stek-bibit-ubi-jalar-kuning-madu-Cilembu(-6-batang-ada-tambahan-Bonus)-i.166052091.3742447460
Ubi Jalar Fresh 1000gr Rp20.000 https://shopee.co.id/Ubi-Jalar-Fresh-1000gram-i.366018752.5878942006
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Padi

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Wortel

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Kembang Kol

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *