Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Tomat

2 min read

cara menanam tomat

Cara menanam tomat bisa dilakukan dari langkah yang sederhana, yaitu memilih bibit tomat yang bagus. Pasalnya masyarakat Indonesia doyan sekali mengkonsumsi salah satu jenis sayuran ini karena bisa dimanfaatkan sebagai lalapan, atau bahkan bisa di jus dan juga dijadikan salad. Selain itu tanaman tomat ini bisa tumbuh dimana saja, baik di tegal, pekarangan, sawah, pot maupun polybag.

Kali ini Nonatani akan membahas cara budidaya tomat untuk pemula di lahan yang sempit. Sehingga metode cara menanam tomat ini bisa dilakukan oleh siapa saja, apalagi kamu hehe.Cara budidaya tomat yang baik agar berbuah banyak

Cara Menanam Tomat

Dalam setiap budidaya cara menanam tomat tentu membutuhkan tips dan trik jitu agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Sebagai pemula tentu tips dan trik berikut ini akan membantu kamu untuk mendapatkan hasil panen yang baik.

1. Pemilihan Bibit Tomat

Pemilihan bibit tomat yang berkualitas merupakan cara budidaya tomat yang baik agar berbuah banyak yang wajib dilakukan pertama kali. Tanaman tomat ini memiliki 400 varietas lebih, jadi ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing varietas yang akan dibudidaya. Tomat menjadi salah satu tanaman yang rentan terhadap penyakit, oleh sebab itu pilihlah varietas tomat yang rentan terhadap penyakit. Varietas tomat yang rentan terhadap penyakit biasanya berinisial V atau F setelah nama varietasnya tersebut.

Namun jika membeli bibit di toko pertanian usahakan untuk melihat keterangan pada kemasan mengenai sifat-sifat varietas tanaman tomat tersebut. Cara tumbuh tomat dibagi menjadi 2 yang pertama varietas determinan, yang cocok dibudidaya oleh pemula karena budidayanya dalam skala kecil. Varietas determinan diantaranya adalah tomat chery dan beefsteak. Dan yang kedua adalah varietas indeterminan, biasanya digunakan dalam skala besar. Varietas jenis indeterminan memiliki masa tumbuh dari pertengahan bulan hingga memasuki musim dingin.

2. Persiapan Lahan Budidaya Tomat

Persiapan lahan budidaya tomat sudah sepatutnya dilakukan karena hal ini menjadi cara budidaya tomat yang baik agar berbuah banyak. Untuk itu yang pertama kali perlu dilakukan adalah menyingkirkan gulma dan sisa tanaman sebelumnya, kemudian buatlah saluran irigasi agar sistem pengairan dapat berjalan baik. Lakukan pembajakan tanah dengan mencangkul sedalam 20 cm agar tekstur tanah menjadi lebih gembur serta bakteri patogen dapat tersingkirkan.

Jika penggemburan tanah selesai dilakukan tebarkan pupuk kandang : pupuk NPK dengan perbandingan  20 ton : 100 gram  perhektar. Namun jika ditanam pada pot maka cara merawat tanaman tomat di pot dan polybag agar berbuah lebat bisa dimulai dengan menyediakan pot yang sudah dilubang bagian bawahnya. Masukkan campuran tanah dengan bahan organik ke dalam pot.

Kemudian tanam bibit dengan varietas kerdil atau semak, biasanya tomat ceri yang sering dibudidayakan di dalam pot. Pilihlah tempat yang terkena sinar matahari minimal 6-8 jam sehari. Karena menanam di pot membuat tanah lebih cepat kering maka sering-seringlah memperhatikan kondisi tanaman dan berikan penyiraman sesuai kebutuhan.

3. Jarak Tanam Tomat Yang Ideal

Cara menanam tomat bisa dilanjutkan dengan menerapkan jarak tanam yang ideal, jika ukuran bedengan setinggi 30 cm dan lebarnya 1 m atur jarak bedengan selebar 30 x 40 cm. Sedangkan untuk jarak tanam yang pas adalah 40 x 50 cm, namun ada juga yang menganjurkan jarak tanam yang ideal sebesar 70 x 50 cm.

4. Cara Menanam Tomat

Cara merawat tanaman tomat di pot dan polybag agar berbuah lebat dianjurkan untuk melakukan penyiraman di pagi hari. Waktu penyiraman tersebut sangat dianjurkan agar tanaman mampu melewati waktu siang yang cukup terik. Hindari penyiraman di sore dan malam hari karena membuat tanaman menjadi cepat layu. Lima minggu pasca tanam berikan mulsa untuk mengindari hama pengganggu.

Agar tanaman tidak mengalami kekeringan letakkan batuan yang diletakkan di samping tanaman, hal tersebut bertujuan mencegah air yang menguap di dalam tanah. Jika tomat sudah berumur 90-100 HST dan telah mengalami ciri-ciri buah berwarna kekuningan, tepi daun menjadi tua dan juga mengering, warna batang menjadi kekuningan maka tanaman tomat sudah siap untuk dipanen.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Tomat

Kegagalan dari cara menanam tomat kerap kali terjadi, salah satu hama yang sering menyerang tanaman ini adalah ulat buah tomat yang menyerang bagian daun, bunga dan bagian tanaman lainnya. Jika hama tersebut sudah menyerang tanaman ini maka akan terjadi infeksi bahkan bisa mengalami pembusukan. Oleh sebab itu saat tanaman mulai tumbuh segerakan untuk memangkas daun bagian bawah agar penyakit tidak semakin menyebar. Selain itu jika di sekitar tanaman terlihat ada telur beserta ulat tersebut segera singkirkan.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Tomat

Harga bibit cara menanam tomat akan bergantung pada kualitas dari tomat yang dihasilkan. Semakin terlihat segar dan sehat maka harganya akan lebih tinggi.

Kelompok Harga Harga Tomat Sumber
Bibit tanaman tomat-ukuran besar Rp 7.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-tomat
Tanaman tomat krismil Rp 23.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-tomat
Tanaman tomat buah Rp 10.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-tomat
Tanaman tomat sayur Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-tomat
Tanaman tomat sayuur merah + pot Rp 27.500 https://www.tokopedia.com/tanaman-tomat

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Porang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Daun Bawang

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Selada

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *