Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Teh

2 min read

cara menanam teh

Tanaman teh atau Camellia sinensis berasal dari wilayah Asia Tenggara dan Selatan. Saat ini sudah mulai dibudidayakan di daerah tropis maupun subtropis. Lantas bagaimana sih cara menanam teh ? Simak tulisan ini selengkapnya.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman teh. Cara menanam teh ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik yaitu Bibit Tanaman Teh sampai Harga Bibit dan Harga Jual teh.cara merawat tanaman teh

Cara Menanam Teh

Tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis perdu (pohon kecil) yang cara budidaya teh untuk dipangkas daunnya. Beberapa jenis olahan teh yang dihasilkan adalah teh hijau, teh olong, teh putih dan teh merah tetapi terdapat perbedaan dalam proses oksidasinya. Tidak hanya itu daun teh juga dapat digunakan dalam pengobatan tradisional Tionghoa yaitu mengobati asma, penyakit vaskuler perifer, penyakit jantung koroner dan memiliki antibakteri.

1. Bibit Tanaman Teh

Pembibitan tanaman teh dapat dilakukan dengan cara generatif dan vegetatif. Cara perbanyakan generatif dimulai dari bijinya. Biji yang berkualitas ditandai dengan beberapa persyaratan.

Pilih biji teh dengan ciri apabila dimasukkan ke dalam air akan tenggelam, mempunyai bentuk dan ukuran yang ideal, sehat, kulit biji mengkilap berwarna hitam dan biji terisi penuh. Biji yang akan disemai diambil dari biji yang telah jatuh. Segera lakukan penyemaian karena daya kecambahnya cepat menurun dan mudah busuk.

Sedangkan perbanyakan secara vegetatif dilakukan dengan menggunakan bahan tanaman stek berupa klon. Pembibitan ini merupakan cara yang paling cepat untuk mendapatkan bibit dalam jumlah yang banyak dan memiliki sifat keunggulan sama dengan induknya.

Ambil ranting stek sekitar 4 bulan setelah pemangkasan. Tanda bahwa ranting siap distek apabila pangkalnya sudah berukur kurang lebih 10 cm dan berwarna coklat. Kemudian potong ranting dengan pisau tajam.

Pastikan 1 stek terdiri dari 1 lembar daun dengan panjang ruas 0,5 cm diatas dan 3 cm dibawah buku. Jangan merendam stek lebih dari 30 menit. Stek yang digunakan hanya bagian tengah saja dan diperoleh 3-4 stek.

Siapkan lokasi pembibitan dengan pencahayaan cukup, drainase baik dan strategis. Agar memudahkan dalam pengawasan dan pemindahan bibit ke lokasi yang akan ditanami.

Media tanah untuk stek yang baik adalah mengandung liat, bahan organik serta pH tanah 4,5 – 5,6. Sebelum media tanah dimasukkan ke dalam kantong polybag, campur dulu dengan pupuk, fungisida dan tawas.

2. Persiapan Lahan Tanam

Teh merupakan jenis tanaman perkebunan, jadi lebih baik kalau kamu melakukan cara menanam teh di lahan yang luas. Persiapan lahan tanam dimulai dengan Survey dan pemetaan tanah. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang akan dibangun.

Kemudian cara budidaya teh selanjutnya adalah pembersihan gulma. Dan dilanjutkan pembongkaran tunggul-tunggul pohon yang sudah ditebang supaya tidak menjadi sumber penyakit akar.

Sampah hasil pembersihan tadi jangan kamu bakar karena pembakaran akan merusak keadaan teh, membunuh mikroorganisme tanah dan akan membakar humus tanah. Kamu juga dapat melakukan pembersihan gulma secara kimia menggunakan herbisida dengan dosis terukur.

Lahan yang akan ditanami dicangkul untuk menggemburkan tanah, membersihkan sisa akar gulma dan meratakan tanah. Lalu lakukan pengukuran dan pematokkan untuk membuat petakan berukuran 20×20 meter. Terakhir buatlah jalan kebun supaya memudahkan akses keluar masuk.

3. Jarak Tanam Teh yang Ideal

Cara menanam teh harus memperhatikan jarak tanam teh. Dengan tingkat kemiringan tanah 15% lakukan penanaman dengan jarak 120×75 cm. Hal ini untuk membantu tanaman teh tumbuh dengan baik dan tertata.

4. Cara Menanam Teh

Terdapat 3 cara merawat tanaman teh yaitu pemeliharaan pada pohon teh ini sendiri, pemeliharaan terhadap pohon pelindung, Pemeliharaan tanah. Kamu dapat melakukannya secara bertahap agar mendapat hasil yang baik.

Lakukan pemeliharaan pada pohon teh seperti Pemangkasan pada pohon-pohon teh serta perawatan luka-luka sisa pangkasan. Lalu untuk pemeliharaan pohon pelindung lakukan pemangkasan pada tinggi 50 cm. Pemangkasan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali saat terjadi musim penghujan.

Pemeliharaan tanah dengan melakukan pemupukan, penyiraman dan menghilangkan gulma penggangu. Pengendalian gulma adalah salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan dalam pemeliharaan tanaman teh.

Gulma akan menggangu pertumbuhan teh dalam hal perolehan air, sinar matahari, zat hara dan ruang tumbuh jika tidak ada cara merawat tanaman teh. Ada juga gulma yang mengeluarkan racun allelopati . Jangan lupakan pengendalian hama dan penyakit juga.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam teh

Cara menanam teh memang bisa dibilang agak sulit. Karena terdapat penyakit yang paling merugikan bagi petani teh yaitu cacar pada tanaman teh yang disebabkan oleh jamur Exobasidium VexansMassae  yang untuk pertama kalinya ditemukan di Indonesia pada tahun 1949. Sejak saat ini penyakit cacar sudah meluas ke seluruh perkebunan teh di Indonesia. Penyakit cacar dapat mengakibatkan penurunan kualitas teh dan kehilangan hasil panen sampai dengan 40%.

6. Harga Bibit dan Harga Jual teh

Berikut ini beberapa harga bibit dan harga jual olahan teh di toko online.

Nama Harga Sumber
Bibit Teh Hijau Rp30.000 https://tokopedia.link/fo2NrSdzqab
Teh Jati Cina 1 kg Rp27.075 https://shopee.co.id/product/142389939/5918406248?smtt=0.308609126-1602197394.9
Bibit Teh Jati Cina Rp9.500 https://shopee.co.id/product/127582514/1932914096?smtt=0.308609126-1602197029.9
Teh Hijau 100 gr Rp17.500 https://shopee.co.id/product/43309140/768126363?smtt=0.308609126-1602197458.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Kayu Putih

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Mahoni

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Kayu Sengon

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *