Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Tebu

2 min read

cara menanam tebu

Cara menanam tebu hijau agar mendapatkan hasil yang berlimpah patut dicoba dengan mengikuti tips dan trik di bawah ini. Tanaman tebu hijau yang memiliki nama latin Saccharum officinarum ini kebanyakan paling sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan gula pasir putih. Namun di Indonesia terdapat bermacam-macam jenis tebu seperti tebu telur, tebu hijau, tebu hitam dan tebu kuning.

Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tebu ini untuk skala kecil, bukan skala perusahaan. Jadi cara menanam tebu ini terlihat sederhana. Kamu bisa langsung coba praktekkan atau melihat potensinya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal tentang cara menanam tebu hijau.cara budidaya tebu yang baik

Cara Menanam Tebu

Cara penanaman tebu dari stek menjadi pilihan yang digemari oleh petani tebu. Akan tetapi pembibitan bisa juga dilakukan dengan menggunakan teknik pembibitan dari siwilan, pucuk, dan rayungan yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dipilih sesuai dengan pertimbangan masing-masing petani. Berikut ini cara menanam tebu yang perlu diperhatikan.

1. Pemilihan Bibit Tebu yang Baik dan Unggul

Meskipun teknik cara budidaya tebu dari batang atau cara penanaman tebu dari stek bisa dipilih sesuai kebutuhan namun ada beberapa tips memilih bibit tebu yang unggul yang bisa dipraktekkan. Bibit tebu yang bisa ditanam biasanya berasal dari bibit pucuk, siwilan, batang muda dan rayungan.

Jika memilih bibit pucuk pilihlah tanaman tebu yang sudah berusia 12 bulan, kemudian ambil tunas yang masih muda sebanyak 2-3 tunas sepanjang 20 cm. Namun jika memilih bibit siwilan dapat diperoleh dari bibit tebu yang berasal dari pucuk tanaman tebu yang sudah mati.

Nah, jika ingin menggunakan teknik cara budidaya tebu dari batang muda, ambil tanaman tebu yang sudah berusia 5-7 bulan. Kemudian ambil seluruh batang dan bagi menjadi 2 hingga 3 bagian untuk distek.

Dan yang terakhir adalah pembibitan dengan cara rayungan yang bisa diperoleh dari tanaman tebu yang memang dikhusukan untuk pembibitan.

2. Menyiapkan Lahan Media Tanam Tebu

Cara menanam tebu hijau selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam yang bisa dilakukan melalui 2 cara yaitu di Reynoso atau dibajak. Cara Reynoso merupakan teknik pengolahan lahan yang hanya dapat dilakukan pada lahan yang memiliki kandungan air berlimpah. Dengan begitu lahan yang akan dimanfaatkan untuk penanaman tebu harus dibuatkan cekungan sedalam 40 cm.

Sedangkan cara menanam tebu hijau menggunakan teknik pembajakan bertujuan agar tanah lebih gembur dan tidak kering. Setelah proses pembajakan selesai, buat alur dengan kedalaman 20 cm sebagai tempat menanam tebu nantinya.

3. Jarak Tanam Tebu Yang Ideal

Jika memilih cara penanaman tebu dari stek yang ditanam pada daerah kering  maka pilih bibit yang memiliki 8-9 tunas kemudian tanam pada jarak sekitar 1 meter dan dengan juringan sedalam 1,25-1,35 meter.

Jika ditanam di daerah basah pilih bibit stek dengan 3 mata tunas kemudian tanam menggunakan metode tumpang tindih.

4. Cara Menanam Tebu

Cara menanam tebu hijau memiliki teknik perawatan yang hampir sama dengan tanaman tebu lainnya. Lakukan penyiraman dengan melihat kondisi tanah dan juga kondisi cuaca. Lebih baik penyiraman dilakukan setelah dilakukannya pemupukan.

Untuk pemupukannya dapat dilakukan secara berkala dengan melihat kondisi lahan serta kebutuhan tanaman. Berikan pupuk SP36, KCL, dan pupuk ZA, biasanya ketiga pupuk tersebut paling sering digunakan.

Lakukan penyulaman pada tanaman tebu yang mati atau cacat kemudian ganti dengan tanaman yang baru. Biasanya penyulaman dapat dilakukan pada bibit yang terlalu kuat dengan usia tanaman 2-4 minggu dan ketika usia bibit berumur 2 minggu pada bibit rayugan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Tebu

Sebelum memutuskan untuk bercocok tanam tebu hijau lebih baik mengetahui apa saja syarat tumbuh yang perlu dierhatikan. Tanaman tebu ini dapat tumbuh dengan baik pada wilayah yang beriklim panas dan memiliki suhu 25-28 derajat celcius serta memiliki curah hujan 100 mm/th.

Sebagai rekomendasi, tanaman tebu lebih menyukai tanah berjenis alivial, regosol, podsolik atau mediteran ber pH 6,4 hingga 7,7 atau ber pH netral.

Selain memahami beberapa syarat tumbuh di atas, hama dan penyait juga menjadi faktor pemicu kegagalan terbesar yaitu ulat pengerek. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan memilih varietas tebu terbaik sehingga rentan terhadap hama dan juga penyakit.

6. Harga Jual Bibit Tebu

Ketika sudah sampai pada tahap akhir dari cara menanam tebu hijau maka tibalah di saat yang ditunggu-tunggu oleh semua petani yaitu proses pemanenan. Proses pemanenan dilakukan dengan mencangkul kedalaman tanah sekitar 20 cm.

No Kategori Harga
1 Bibit tebu merah, atau tebu hijau tebu gula stek Rp 15.000
2 Bibit tebu hitam, tebu hijau dan tebu kuning Rp 15.000
3 Tebu hijau manis 1 Kg segar herbal Rp 15.000
4 Bibit tebu hijau-diskon Rp 38.000
5 Paket 20 bibit tebu hijau 62 Rp 80.000
6 Bibit terbaru tanaman tebu hijau Rp 27.000
7 Diskon terbaru bibit tanaman tebu hijau Rp 27.000

Sumber: https://m.bukalapak.com/products/s/bibit-tebu-hijau

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kayu Putih

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Mahoni

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Teh

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *