Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Sengon

2 min read

cara menanam sengon

Cara menanam sengon akan mendapatkan hasil yang maksimal jika dibudidayakan dengan teknik yang baik dan benar. Pohon sengon ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena hasil jualnya yang cukup menggiurkan. Oleh sebab itulah banyak masyarakat Indonesia mencoba peruntungan budidaya pohon sengon sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Nonatani akan membahas cara budidaya sengon ini untuk skala kecil, yang bisa dilakukan untuk tanam sengon di kebun. Untuk cara menanam sengon skala besar, ini baru bisa digunakan sebagai dasarnya saja.cara menanam sengon

Cara Menanam Sengon

Cara menanam sengon terbilang cukup sederhana, modal utama yang dibutuhkan tidak hanya materi namun harus disertai dengan tekad yang bulat. Salah satu manfaat budidaya sengon ini adalah harga jual yang relatif tinggi dan juga stabil. Kayu dari pohon sengon ini bisa dijadikan bahan pembuatan perkakas rumah tangga seperti meja, kursi dan perkakas mebel lainnya.

1. Pemilihan Bibit Sengon

Cara budidaya sengon dan perawatannya bisa dimulai dengan memilih bibit sengon yang berkualitas. Teknik pembibitannya pun dibedakan menjadi 2 macam yaitu dari benih sengon yang kecil-kecil atau bisa juga dari bibit sengon siap tanam yang sudah ditaruh dalam polybag/pot. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jika memilih pembibitan dari benih sengon yang kecil-kecil maka dapat membelinya pada kios pertanian, disana belilah bibit unggul sengon yang bejenis sengon Solomon agar dapat tumbuh lebih cepat. Namun jika memilih bibit sengon yang siap tanam kelebihan yang dimiliki adalah memperkecil resiko kematian tanaman yang bisa terjadi pada tahap penyemaian.

2. Persiapan Lahan Media Tanam Budidaya Sengon

Langkah pertama dari cara budidaya sengon dan perawatannya adalah membersihkan seluruh lingkungan tanam dari sisa tanaman sebelumnya dan tanaman pengganggu lainnya yang hidup di sekitar lahan. Jika pembersihan lahan sudah selesai lakukan pembajakan lahan agar tanah menjadi lebih gembur sehingga unsur hara yang terkandung di dalam tanah dapat tercampur merata. Kemudian buatlah lubang tanam pada ajir yang telah terpasang dengan ukuran lubang tanam sebesar 30 x 30 x 30 cm.

Pada tahap pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk Urea dan pupuk Za karena pupuk tersebut lebih cocok digunakan pada pohon sengon. Selain itu harga kedua pupuk tersebut lebih ramah dikantong. Takaran pupuk yang digunakan bisa dilihat pada masing-masing kemasan atau jika ragu bisa dikonsultasikan kepada petani sengon yang telah berpengalaman. Namun ada juga petani yang menggunakan campuran pupuk kompos + pupuk NPK sebanyak 2,5 gram kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam sedalam 30 cm.

3. Jarak Tanam Sengon Yang Ideal

Jarak tanam yang ideal bagi pohon sengon ini dapat disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki. Misalkan lahan yang digunakan untuk menanam 1.700 bibit sengon maka dibutuhkan lahan seluas 1 hektar sehingga  jarak tanam yang dianjurkan adalah 3 x 2 meter. Dengan memperhatikan cara menanam sengon tersebut dan memperkirakan jarak tanam yang ideal maka bibit sengon dapat tumbuh secara maksimal.

4. Cara Menanam Sengon

Cara merawat pohon sengon agar cepat besar identik dengan menentukan waktu tanam yang pas yaitu saat memasuki musim penghujan. Dengan begitu proses penyiraman dapat diminamilisir agar lebih memperhatikan proses pemupukan saja karena saat musim penghujan tanaman sengon membutuhkan setidaknya 5x pemupukan agar akar sengon lebih cepat besar dan semakin kuat. Jangan lupa untuk melakukan penyulaman bagi bibit sengon yang tidak tumbuh dengan baik pada 2-4 minggu pertama.

Cara menanam sengon yang baik juga diimbangi dengan melakukan penyiangan agar nutrisi yang diperuntukkan bagi tanaman sengon tidak terbagi dengan tanaman lainnya. Sekiranya struktur tanah butuh diperbaiki maka lakukan pendangiran tanah di sekitar tanaman sengon yang tumbuh. Ketika usia tanaman mencapai 2-4 tahun bisa dilakukan penjarangan agar tersedia ruang tumbuh bagi pohon sengon yang mulai membesar.

Dan yang terakhir adalah proses yang paling dinantikan oleh semua petani, yaitu proses panen yang dapat dilakukan saat sengon berusia 5-7 tahun. Di usia tersebut kayu sengon sudah bisa diolah menjadi bahan pembuatan perkakas atau dapat juga diolah menjadi kertas.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Sengon

Penyakit karat merupakan penyakit yang paling berbaya bagi tanaman sengon dan menjadi penyebab kegagalan utama dari cara merawat pohon sengon agar cepat besar. Penyakit ini dapat menyerang seluruh bagian tanaman mulai dari pucuk tanaman, cabang, batang, ranting, bunga, daun, dan biji.

Gejala pohon sengon yang terserang penyakir karat ini adalah terjadinya pembengkakan di seluruh bagian pohon tersebut. Sehingga jika gejala muncul di tahap penyemaian dapat segera dicegah dengan memangkas bagian tanaman yang terserang jamur penyebab penyakit karat tersebut.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Sengon

Menentukan harga jual bibit dan tanaman sengon adalah cara menanam sengon yang terakhir. Jika permintaan di sektor industri dan saluran pemasaran berjalan dengan baik maka pendapatan petani sengon akan meningkat. Namun, kualitas produk tentu akan berdampak pada saluran pemasaran.

Kelompok Harga Harga Sengon Sumber
Bibit pohon kayu sengon solomon 10.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-pohon-sengon
Benih tanaman sengon gunung buto 349.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-pohon-sengon
Bibit albasia tanaman kayu sengon 5.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-pohon-sengon
Jual 5 0ns benih biji pohon kayu sengon 282.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-pohon-sengon

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Kopi Ateng

Hendrasap
3 min read

Mekanisasi Pertanian

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *