Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Rumput Odot

2 min read

cara menanam rumput odot

Cara menanam rumput odot atau cara budidaya rumput odot ini bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang mudah dilakukan oleh pemula maupun yang sudah berpengalaman. Rumput odot ini merupakan salah satu jenis rumput terbaik untuk hewan ternak karena memiliki beberapa keunggulan seperti batangnya yang relative lebih pendek, lebih disukai oleh ruminansia, tingkat pertumbuhannya pun relative lebih cepat, dan masi banyak lagi keunggulan lainnya.

Nonatani akan membahas tentang cara budidaya rumput odot ini dari sisi sebagai pakan ternak untuk skala kecil di lahan kering. Misalnya rumput odot sebagai pakan kambing beberapa ekor, metode ini lebih cocok. Namun ini juga bisa dipraktekkan sebagai dasar cara menanam rumput odot yang benar untuk skala besar. cara budidaya rumput odot di lahan kering pakan kambing yang benar

Cara Menanam Rumput Odot

Karena beberapa keunggulan yang dimiliki oleh rumput odot inilah maka banyak sekali pengguna internet yang mencari tahu bagaimana cara menanam rumput odot. Yang lebih baiknya lagi rumput odot ini dapat beradaptasi pada lahan sehingga cara budidaya rumput odot di lahan kering pun bisa dilakukan.

1. Cara Pemilihan Bibit Rumpur Odot yang Tepat

Untuk mendapatkan bibit rumput odot yang baik maka carilah bibit yang sehat dan tidak memiliki bekas cacat luka pada fisiknya. Karena bibit rumput odot ini dihasilkan dari proses stek maka hal pertanam yang perlu dilakukan adalah memotok bibit tersebut sepanjang 15 cm hingga 25 cm. Biasanya bibit yang sehat memiliki batang yang besar dan padat serta memiliki jumlah ruas yang pendek. Pilih bibit yang usianya sudah tua dan warnanya hijau kekuningan.

2. Pembuatan Media Tanam Rumput Odot di Lahan Kering

Setelah menemukan bibit rumput odot terbaik untu ditanam maka cara menanam rumput odot yang kedua adalah membuat media tanam. Keunggulan dari memilih budidaya rumput odot ini adalah kamu tidak perlu memilih jenis tanah yang sesuai karena rumput odot bisa beradaptasi sendiri dengan menyesuaikan lahan sebagai tempat yang akan ditanami.

Untuk mempersingkat waktu dan energy lebih baik gunakan traktor agar lahan dalam skala besar dapat terolah dengan baik dalam kurun waktu yang singkat. Dengan begitu rumput odot dapat ditanam pada lahan yang sudah tersedia dengan baik dan dapat digunakan secara maksimal.

3. Jarak Tanam Rumput Odot Yang Ideal

Cara menanam rumput odot pun harus memperhatikan jarak tanam rumput odot yang bagus dan ideal. Lebih baik pada setiap gundukan harus ditanam bibit minimal 2 ruas hingga 3 ruas saja.  Jarak tanam rumput odot antara baris dari setiap gundukan sekitar 50 cm hingga 75 cm. Sedangkan  jarak tanam pada setiap barisnya yaitu sekitar 75 cm hingga 150 cm.

Penanaman rumput odot ini menggunakan pola mono kultur dimana dalam satu lahan hanya boleh ditanami rumput odot saja. Namun bisa juga disela dengan tanaman hijau lainnya karena ukurannya yang relative lebih pendek.

4. Cara Menanam Rumput Odot

Cara budidaya rumput odot di lahan kering juga bisa dilakukan dengan memberi perawatan extra agar mempercepat pertumbuhan rumput odot tersebut. Perhatikan hal-hal berikut:

  • Lakukan perabukan menggunakan pupuk organik dengan memilih bahan terbaik. Untuk mendapat pupuk organik terbaik bisa membuatnya sendiri dari hasil limbah peternakan.
  • Lakukan pemupukan ketika tanaman sudah berusia lebih dari 15 hari menggunakan pupuk urea NPK sebanyak 60 Kg per hektar.
  • Pemupukan lanjutan dengan menggunakan pupuk organik cair dari hasil olah hewani yang sudah dilakukan fermentasi . Gunakan sebanyak 500 ml lalu campurkan pada larutan air bersih sebanyak 14 liter pada satu hektar lahan. Biasanya pemupukan lanjutan ini dilakukan pasca dilakukan pemotongan rumput atau masa panen sekitar 7 hari atau 21 hari setelahnya.
  • Bersihkan tanaman dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya menggunakan cara alami dan tidak menggunakan bahan kimia agar rumput odot terjaga kealamiannya. Karena fungsi dari rumput odot ini adalah sebagai pakan hewan ternak sehingga penggunaan bahan kimia akan berpengaruh pada kesehatan hewan ternak yang memakan tanaman rumput odot tersebut.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Rumput Odot

Salah satu faktor yang menyebabkan rumput odot tidak mendapat hasil yang maksimal adalah posisi tanaman yang tidak begitu terpapar sinar matahari. Dengan kurangnya intensitas dari sinar matahari tersebut akan berakibat buruk pada perkembangan rumput odot itu sendiri.

Selain itu, faktor lain yang mengambat pertumbuhan rumput odot juga bisa disesbabkan oleh adanya tanaman pengganggu atau gulma. Oleh sebab itu perlu diperhatikan juga kondisi kesehatan lingkungan apakah ada tanaman lain yang mengganggu rumput odot tersebut atau tidak sehingga kondisi rumput odot pun bisa terjaga dengan baik. Pastikan juga kondisi lingkungan tidak terlalu banya kotoran dan bekas akar-akar rumput dari tanaman sebelumnya.

6. Harga Bibit Rumput Odot

Cara menanam rumput odot memang terbilang gampang-gampang susah. Namun jika berbekal niat dan usaha maka akan mendapat hasil panen yang lebih baik. Dengan hasil panen yang baik itulah akan berpengaruh pada harga bibit rumput odot itu sendiri. Untuk panjang tanaman 20-30 cm harga yang dibandrol pada tanaman rumput odot ini sekitar Rp 2.000 per batang.

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Rumput Pakan Kambing

Hendrasap
3 min read

Rumput Gama Umami

Hendrasap
2 min read

Rumput Benggala

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *